close

White Sturgeon

Kamis, 17 November 2011



Ikan sturgeon mendiami daerah subtropik yang bersuhu sedang maupun dingin. Ikan ini mampu tumbuh dengan baik pada perairan dengan suhu rendah dan dingin di daerah subtropis dan kutub. Ikan sturgeon dapat tumbuh mulai ukuran 2 – 3,5 m dengan pertumbuhan maksimal yakni mencapai 5,5 m. dengan bobot sebesar itu, ikan sturgeon merupakan pemangsa terbesar di perairan tawar.





Kalau anda mungkin termasuk orang yang cukup kaya untuk makan malam di sebuah restaurant tentunya anda mengenal makanan yang satu ini yaitu telur kaviar yang merupakan telur ikan sturgeon, sebuah makanan yang sangat mewah dengan harga yang bisa mencapai ratusan dollar per porsinya. Dengan harga yang sangat mahal, telur surgeon dicari oleh banyak orang untuk dijadikan makanan. Ikan sturgeon menjadi ikan favorit bagi banyak pemancing terutama di eropa untuk diambil dagingnya sekaligus diambil telurnya.



Meski ikan sturgeon berukuran besar, namun ikan ini bukanlah merupakan ikan predator. Makanan ikan sturgeon berupa kerang – kerang kecil, udang- udang didasar kali dan berbagai macam telur ikan yang berada di dasar perairan. Ikan sturgeon merupakan pemangsa dasar atau bottom feeder. Mulutnya bentuknya lunak dan tidak bergigi sehingga ia mencari makan dengan mengaduk – aduk dasar perairan dengan mulutnya dan memangsa makanan yang terdapat di perairan keruh itu dengan menghisapnya. Ikan sturgeon mungkin hampir sama dengan ikan pembersih kaca yang ada di Indonesia. Dengan cara makan yang cukup kuno tersebut ikan sturgeon hidup sangat bergantung dengan kondisi dan kualitas air. Jika dasar perairan mengandung banyak makanan, maka perkembangannya bisa menjadi maksimal.



Sebagai salah satu ikan raksasa yang pernah ada, ikan sturgeon dapat tumbuh hingga puluhan tahun, tercatat terdapat ikan ini yang mampu mencapai umur 100 th. Dengan masa hidup yang lama, pertumbuhan ikan sturgeon juga cukup lambat termasuk masa reproduksi dan perkembangbiakannya.  Sehingga sangat rentan terhadap kepunahan dan penangkapan ikan yang kurang bertangguna jawab.



Pemanfaatan telur caviar sebagai makanan khas dan bergengsi menjadi masalah tersendiri bagi ikan sturgeon karena pertumbuhannya yang lambat ikan ini sekarang termasuk ikan langka yang susah ditemukan. Di beberapa negara maju penangkapandan pemancingan ikan sturgeon sudah diatur dengan  undang – undang perikanan dengan aturan yang amat ketat, bahkan beberapa negara melarang penangkapan ikan sturgeon untuk keperluan konsumsi. Pemanfaatan telur kaviar sebagai bahan masakan sangat menggangu perkembangbiakan ikan ini . karena telur yang sebenarnya dipakai untuk berkembangbiak akhirnya malah dijadikan pemuas nafsu makan sebagian orang yang kaya. Semog a perlindungan ikan sturgeon semakin hari semakin ketat untuk mencegahnya dari kepunahan.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

1 komentar:

  1. nice info(y) gan, saya termasuk penyuka ikan...

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19