close

Bintang Laut yang Tidak Pernah Tumbuh

Sabtu, 25 Februari 2012

Ilmuwan menemukan makhluk yang tak pernah tumbuh sepanjang hidupnya. Makhluk yang tergolong jenis bintang laut itu ditemukan di area dalam Samudra Pasifik. Diameter dewasanya hanya beberapa milimeter serta tak memiliki lengan yang panjang seperti bintang laut umumnya.

Bintang laut tersebut masuk dalam genus Xylopax. Pada awalnya ilmuwan bingung untuk menempatkan makhluk ini dalam pohon taksonomi. Namun, setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa makhluk ini memiliki kekerabatan dekat dengan famili bintang laut, disebut Pterasteridae. "Xylopax hanyalah bintang laut kecil yang memiliki tubuh dan habitat yang aneh. Begitu anehnya sehingga banyak yang tak menduga bahwa makhluk ini masuk dalam jenis bintang laut sebelum kami menguraikan gen dan pertumbuhannya," kata Janies.

Daniel Janies, peneliti biologi komputasional Ohio State University, mengatakan, makhluk ini memiliki ukuran kecil, memungkinkan untuk masuk ke sudut dan celah kayu di mana banyak terdapat hasil uraian mikroba. Mereka bisa hidup seperti kutu busuk, mengambil semua nutrisi yang ada.

Menurut tim peneliti yang diketuai Janies, tubuh kecil bintang laut itu diperoleh lewat proses yang disebut progenesis. Siklus hidup bintang laut itu seperti terpotong sehingga karakteristik dewasa sama dengan karakteristik juvenile.

Hal paling mencolok yang bisa diamati adalah lengannya. Umumnya bintang laut memiliki lengan aksial serupa jeruji roda. Akan tetapi, Xylopax hanya memiliki lengan pendek yang tumbuh di sekeliling, jadi seperti bagian inti roda yang tak punya jeruji.

Hasil penelitian ini dipublikasikan di jurnal Systematic Biology yang terbit 27 April 2011. Penelitian ini adalah bagian dari proyek "Tree of Life", sebuah proyek yang bertujuan mengetahui hubungan kekerabatan antarsemua makhluk hidup. (Yunanto Wiji Utomo)
Sumber: Kompas.com
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

4 komentar:

  1. Bintang laut ini cara berkembangbiaknya gmn gan? Kok ukuran kecil dan dewasanya sama?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena ini memiliki ukuran mikroba dan ukuran dewasa sama kecilnya sama, maka bisa di bilang perkembanganya melalui pembelahan. tapi itu masih opini saya .

      Hapus
  2. baru tau nh gan, info nya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kawan ., semoga bermanfaat kawan :) ..

      Hapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19