close

Bintang Laut

Sabtu, 25 Februari 2012


Bintang laut, walaupun dalam bahasa Inggris ia dikenal dengan sebutan starfish, hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Bintang laut merupakan hewan invertebrata yang termasuk dalam filum Echinodermata, dan kelas Asteroidea. Bintang laut merupakan hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Bintang laut tidak memiliki rangka yang mampu membantu pergerakan. Rangka mereka berfungsi sebagai perlindungan. Mereka bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Mereka bergantung kepada kaki tabung yang terletak di bagian ventral lengan bintang ular, yang berfungsi untuk pergerakan dan membantu makan.


Hewan ini hidup di dasar laut dan bisa bergerak. Bintang laut berukuran 1 cm - 1 m. Ia memiliki 5 lengan yang menjulur. Bintang laut biasanya punya duri-duri pendek seperti benjolan-benjolan kecil pada kulit. hewan laut ini makan koral dan kerang-kerangan.


Saat akan bergerak, bintang laut menggunakan tabung dalam tubuhnya. Tabung itu memompa air keluar masuk dari ratusan "kaki tabung". Kaki-kaki tabung ini terjulur oleh tekanan air, hingga hewan ini pun dapat bergerak. Tiap kaki tabung punya penghisap di ujungnya. Dengan penghisap ini, bintang laut dapat membuka kerang-kerangan dan memakan daging di dalamnya.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19