close

Teknik Mancing Ikan Nila

Selasa, 14 Februari 2012


Umpan yang banyak digunakan para pemancing untuk memancing ikan nila adalah lumut. Lumut sawah atau lumut kolam yang halus sangat disukai oleh ikan nila. Untuk lebih mempermudah memancing ikan ini agar memakan umpan, biasanya para pemancing menaburkan umpan di tempat yang di perkiarakan terdapat ikan disitu. Taburan umpan ini bertujuan untuk menarik perhatian ikan nila agar berkumpul. Kita dapat menggunakan dedak/ bekatul, pelet, atau lumut itu sendiri untuk menarik perhatian ikan. Setelah ikan terlihat berkumpul, barulah kita mulai memancing.






Jenis pancing yang biasa digunakan adalah pancing berpelampung, dengan ukuran tali 2-15 lbs dan mata kail nomor 6-10. Umpan memancing ikan nila di danau atau waduk biasanya lumut hijau halus yang dililitkan pada mata pancing. Para pemancing juga sering menggunakan daging buah sawit tua yang dirajang kecil-kecil. Bisa juga menggunakan umpan cacing, udang, campuran minyak udang, juga serangga seperti kecoa dan laron. Untuk ikan nila yang dipelihara di kolam biasa dipancing dengan umpan pellet. Kadang-kadang ikan nila juga mau menyambar umpan pancing tiruan (lure) dengan cara casting.


Posisi mata kail untuk memancing ikan nila biasanya berada sedikit dibawah permukaan air atau di tengah-tengah kedalaman. Karena ikan nila seringnya berada di tengah-tengah perairan, ketika memakan umpan yang kita taburkan tadi otomatis ikan akan muncul ke permukaan, sehingga posisi mata kail tidak perlu dalam-dalam.



Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

17 komentar:

  1. seneng banget sih? bisa mancing

    BalasHapus
    Balasan
    1. seneng banget kawan :) ..
      bisa kog kawan :) ..

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. Kalau yg di sungai gimana cara tahunya kalau di situ habitat nila Gan

    BalasHapus
  3. makasih infonya gan,kebetulan di tempat saya ada tempat mancing ikan nilanya juga lumayan.

    BalasHapus
  4. thanks infonya saya juga sering mancing ikan nila,

    BalasHapus
  5. Wah boleh juga nih.... besok mau mancing... :D

    BalasHapus
  6. Lumutnya dicampur atau enggak ya,soalnya kemarin aq mancing nila pake lumut gak dimakan sama sekali

    BalasHapus
  7. MATOR SAKALANGKONG INFONAH TRETAN. ABIE 082337061889. TIRIS PROBOLINGGO

    BalasHapus
  8. MATOR SAKALANGKONG INFONAH TRETAN. ABIE 082337061889. TIRIS PROBOLINGGO

    BalasHapus
  9. Di Kecamatan Tiris Kab. Probolinggo ada 7 Danau alami yang bisa untuk mancing secara gratis. Jenis ikan yang paling mendominasi adalah ikan nila dengan umpan jitu yaitu lumut sawah. Danu Segaran di Desa Segaran, Danau Agung dan Danau Betok di Desa Ranuagung, Danau Nerah dan danau katak/ Paleran di Desa Andungsari, Danau Segaran duwas di Desa Tlogoargo. Dan danau Ranugedang di Desa Ranugedang. Kita bisa menyalurkan hobi kita didanau-danau ini, sambil refreshing dengan pemandangan danau yang masih alami. Bagi teman-teman pemancing dipersilahkan untuk segera mengunjunginya. Mancing di tempat alami ini. Salam Persahabatan

    BalasHapus
  10. jos,,,pake lumut bkn mulut

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19