close

Ikan Trigger ( Triggerfish )

Kamis, 09 Agustus 2012


Ikan Trigger adalah ikan buas yang lazim di pelihara dalam aquarium, ikan ini pun dapat dikatakan ikan dari golongan predator yang memiliki rating terfavorit untuk di pelihara aquaris, terutama trigger kembang. Umumnya ikan jenis trigger ini adalah ikan yang banyak terdapat pada laut perairan Indonesia, tidak jarang nelayan menemukan Trigger dalam jaring atau kail pancingnya, pada kalangan nelayan lebih dikenal dengan sebutan ikan belah ketupat.


Ikan ini termasuk musuh para nelayan, karena ikan ini memiliki gigi2 yg tajam, yang sering memutuskan tali pancing atau merobek jala nelayan.  Ikan ini pun terkenal musuh beratnya para penyelam, karena ikan ini akan mati-matian mempertahankan daerahnya dari siapapun mahkluk asing yang berenang mendekati sarangnya, sifat ikan ini yang cukup brutal dan beringas, tidak pernah takut menyerang lawannya meskipun berukuran jauh lebih besar.

Disebut ikan belah ketupat karena umumnya ikan jenis ini berbentuk menyerupai belah ketupat dan lainnya sedikit menyerupai segitiga. Meskipun tergolong ikan buas, namun umumnya species ini tidak sulit bertahan dalam akuarium, spesies ini tergolong ikan yang dapat memakan pakan apapun, selama pakan yang dihadirkan adalah pakan untuk golongan carnivora, ikan ini memiliki penciuman yang sangat tajam, meskipun dalam keadaan lampu aquarium mati dan ruangan gelap, ikan ini sanggup untuk mengetahui sebuah potongan udang segar yang kita cemplungkan ke dalam akuarium.

Apabila ikan tersebut sudah dipelihara cukup lama, bahkan ikan ini dapat makan potongan – potongan udang segar dari tangan kita sendiri, hanya saja harus extra hati – hati untuk melakukannya, karena gigi – gigi tajam dan besar siap merobek tangan kita sendiri apabila kita lengah. Ikan ini menjadi favorit para aquaris karena ikan tersebut ada dalam golongan ikan tidak beracun, seperti kita ketahui, beberapa ikan laut memiliki sifat racun neutroxic yang dapat langsung mengancam siapapun yang memegangnya.

Ikan ini sebenarnya tergolong ikan aktif pada siang dan malam hari, ikan golongan ini biasanya bermain – main pada siang hari, dan berburu pada malam hari. tips untuk anda yang tertarik memelihara ikan ini, buatlah celah dan goa – goa kecil untuk tempat berlindung ikan – ikan yang lebih kecil, karena ketika malam datang, ikan ini dapat mengancam kehidupan kawan – kawan lainnya yang berukuran lebih kecil.

Keindahan ikan ini biasanya selain dari bentuk yang unik, juga dari warna – warna yang indah, umumnya golongan trigger memiliki perpaduan warna yang cantik, contohnya trigger kembang, trigger matahari, triger liris dll. Untuk golongan ikan ini, penulis lebih menyukai jenis trigger matahari, karena menurut pengalaman saya memelihara spesies trigger, trigger matahari adalah jenis yang paling ramah dan tidak mengenal takut pada tuannya.

Ikan Trigger Kembang
 

Ikan cantik yang memiliki nama latin Balistoides Conspicillum ini di Indonesia dikenal sebagai dengan nama Trigger Kembang. Hal ini dikarenakan pola dan corak warnanya mirip dengan corak dan warna sekuntum bunga. Sedangkan orang barat lebih suka menyebutnya dengan nama Clown Triggerfish atau Big Spotted Trigger.

Hampir semua penamaan dari ikan tersebut mengacu pada pola tubuhnya yang cukup menarik. Beberapa penghobi Ikan hias bahkan tidak ragu-ragu menyebut ikan ini sebagai ikan yang spektakuler. Trigger Kembang memang memikili corak yang spektakuler. Pada tubuhnya mulai dari bagian perut hingga menyebar hampir keseluruh tubuh di penuhi oleh pola-pola bulatan putih besar dengan dasar hitam.
Sedangkan dipunggungnya dapat dijumpai bercak-bercak loreng hitam dengan dasar kuning yang tampak memiliki batas tegas dengan pola dasar umum ikan tersebut.

Mulut Ikan Trigger Kembang ini berwarna kuning menyala dan dibatasi dengan garis vertikal hitam dan putih sebelum akhirnya menyatu dengan warna latar belakang. Sebuah “coretan” kuning atau putih tampak “menggaris bawah” matanya yang tajam.

Selain itu itu pada ekornya terdapat garis hitam dan putih vertikal dengan lebar garis yang proporsional. Pada bagian akhir ekor masih dijumpai warna putih atau kuning tipis yang apabila sedang berkembang penuh, maka tampak menunjukkan pesona kecantikannya.

Sedangkan di pangkal ekornya terdapat bentuk lain dengan corak yang berbeda. Dan pada punggungnya tampak sebuah duri kokoh keras yang bertengger disiripnya. Ini merupakan senjata untuk menakuti musuhnya. Ikan Trigger Kembang tersebar mulai dari Afrika Barat hingga Durban, lalu dari Afrika Selatan ke Indonesia kemudian ke Samoa, Jepang, hingga ke ke Kaledonea Baru.

Ikan Trigger Kembang ini hidup di perairan yang berhubungan dengan terumbu karang pada kedalaman 1 hingga 75 meter. Makanan utamanya adalah landak laut, kepiting, udang-udangan dan moluska. Di alamnya Ikan Trigger Kembang ini bisa tumbuh hingga mencapai panjang 50 cm. Sedangkan dalam akuarium, jarang yang bisa mencapai panjang 50 cm. (Berbagai Sumber)
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19