close

Resep Umpan Mancing Ikan Air Tawar

Jumat, 10 Agustus 2012


Resep Umpan Mancing Ikan Air Tawar - Untuk memancing di perairan air tawar, kita bisa menggunakan umpan seperti cacing, pelet, kroto, jangkrik, udang dan lain – lain sesuai dengan ikan yang akan kita pancing. Namun tidak jarang para pemancing membuat ramuan umpan sendiri dengan campuran bahan – bahan tertentu sehingga menghasilkan umpan jitu yang dapat menghasilkan banyak ikan.


Berikut salah satu tips membuat umpan ramuan umpan untuk mancing ikan air tawar.
  1. Jagung Yang tidak terlalu tua di parut atau bisa juga di blender, kemudian ditambah mentega. Kukus kedua bahan tersebut sampai matang.
  2. Angkat kukusan tersebut, kemudian dinginkan . Setelah dingin dan dikira siap, tambahkan essen dan aduk sampai rata. Untuk aroma essen bisa rasa nangka atau duren yang biasa dipakai. Agar lebih bagus lagi, ramuan bisa dicampur dengan telur bebek atau belut kukus yang sudah di bersihkan tulang dan isis perutnya.
  3. Supaya tidak terlalu lembek tambahkan ubi (ubi madu cilembu lebih baik) yang sudah dikukus. Selanjutnya tambahkan mie instan kering yang sudah dihaluskan, untuk lebih meliatkan adonan tadi.
  4. Umpan Siap digunakan. Tambahkan kroto ( telur semut ) bila diperlukan.
Selamat mencoba.

(berbagai sumber).
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

37 komentar:

  1. Mantap Gan,Kebetulan saya suka mancing,thx ni tips ya bisa dpraktekin bsk2

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke kawan :D . kalau mendapatkan ikan bagi" :D

      Hapus
  2. waah, umpanya cukup sederhana yah,.
    :D

    kalo saya biasanya, cuman pake cacing doank, wkwkwk

    BalasHapus
  3. sorry Bro belum punya komentar karena baru mau mancing nih
    tapi tq banget dengan resep umpan mancingnya,
    aku jadi dak bingung cari umpan lagi siiiiip deh huaaaaa

    BalasHapus
  4. bagaimana dengan lokasi apakah berpengaruh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lokasi tidak terlalu berpengaruh . yang sangat berpengaruh adalah jenis ikan yang aka di tangkap .

      Hapus
  5. Infonya mantep gan, ,
    ijin praktek. . .
    » community mancing di alam bebas «

    BalasHapus
  6. Selamat pagi gan,sy mo tanya apakah yang sy lakukan sudah benar.Di akuarium sy ad ikan palmas,alligator gar,& oscar masing2 cm 1 ekor.Nah sy sering mencari ikan cere di sungai atau selokan air,& juga sy beli udang hidup.Tp seblm sy masukkan ke akuarium, ikan cere & udang hidup sy karantina dulu di air bersih kira2 setengah ember timba yg sy campur 1 tetes blizt ich.Sy karantina selama 1,5 - 2 jam baru sy masukkan ke akuarium.Mohon saran & jwbannya gan.Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kok ikan mas suka makan pelet
      mohon saran&jawabannya

      Hapus
  7. blizt ich merupakan salah satu obat keras . jadi dalam pengunaannya di mohon tidak berlebihan . karena sering kali ikan mati karena penggunaan blizt ich yang tidak memenuhi kadar .
    anda cukup karantina di air bersih saja dan di sarankan tidak menggunakan blizt ich karena blizt ich mimiliki unsur yang berbahaya . karena air murni cukup bisa menetralisir unsur yang berbahaya pada ikan cere di sungai atau selokan air,& udang hidup .
    sering menggunaan blizt ich dapat mengubah kualitas air .



    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak gan atas jawabannya.

    BalasHapus
  9. Oya gan sy ad pertanyaan lagi.Akuarium sy itu ukurannya 60x50x50.
    1.Berapa liter kapasitas air yg optimal?
    2.Berapa sendok makan garam ikan yg dimasukkan ke akuarium?
    3.Berapa tetes blizt ich yg dimasukkan?
    4.Tiap berapa minggu sekali pemberian garam ikan & blizt ich perlu diulang?
    5.Tiap berapa minggu sekali sebaiknya air akuarium dikurangi & diganti dengan yg baru?
    Maaf gan klo sy kebanyakan tanya,belum bisa kasih tips & saran, krn masih akuaris pemula.Harap maklum ya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. maximum volum air berada sekitar 10-15 cm sebelum volume maximum air .
      2. cukup 1 sendok teh yang di rata kan di aqurium .
      3. cukup satu atau dua tetes . jika dua tetes tolong di taruh di sisi yang berbeda supaya rata .
      4. seminggu sekali saja . supaya air tidak terkontaminasi .
      5. idealnya skitar 2 minggu atau sebulan sekali .
      tidak apa-apa gan . saya senang bisa membantu agan . sukses gan :)

      Hapus
  10. Terima kasih banyak gan atas jawabannya.Nanti mungkin sy sambung lg.

    BalasHapus
  11. Mo tanya lg nih gan,ikan alligator sy kok lebih suka makan ikan cere drpd udang ya,krn sy blm pernah lihat si ikan makan udang,paling cuma dikejar doang.Saya sodorin udang yg sy colokin ke lidi jg gak mau,padahal udangnya msh menggeliat meski cuma sebentar lsng mati.Apa ikan alligator emang gak mau ya klo makan ikan/udang yg mati?Dan sy jg sering merhatiin ikan alligator jg lbh aktif berburu saat semua cahaya dimatikan di mlm hari,apakah ikan ini jg termasuk pemburu noktural?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin memang ikan alligator anda lebih terbiasa sejak masih kecil makan ikan cere dr pada udang. makanya ikan alligator anda lebih suka makan ikan cere.
      bisa saja begitu . beberapa spesies dari ikan alligator memang berjenis noktural .
      anda bisa membaca artikel tentang ikan alligator disini http://zonaikankita.blogspot.com/2011/11/ikan-buaya-alligator-gar.html

      Hapus
  12. informasi yang sangat menarik dan mengagumkan yah utnuk itu salam kenal dari saya dan jangan lupa kunjungan baliknya
    Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

    BalasHapus
  13. resep nya boleh juga nanti kami coba ,cuma mau tak resep upan ini untuk ikan di batam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja kawan .. coba gunakan resep ini untuk memancing ikan batam .. resep ini sangat jitu untuk memancing segala jenis ikan air tawar

      Hapus
  14. gimana boss kalo airnya keruh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. usahakan gunakan cacing atau serangga untuk memancingnya . karena umpan serangga lebih efisien dari pada umpan lainya ketika air sedang keruh

      Hapus
  15. oi jok... kau nak bwt umpan apo nak ngasih makan kucing!!!! #NUsukkkkkkk

    BalasHapus
  16. wah manteps nih tipsnya ijin praktek gan bsk",,kebetulan sy demen mancing
    ini jug mau berangkat memancing salam

    BalasHapus
  17. umpan ikan mas yang mantap apa broo

    BalasHapus
  18. bagus juga sarannya ,patut dicoba nih.
    terima kasih.

    BalasHapus
  19. Kiat-kiatnya mantap, seru web nya, lengkap banget

    BalasHapus
  20. numpang lwat gan,,ane mo tanya ane mancing d laut pake umpan udang yg dptnya cuma jnis ikan itu aja,,,pake teknik popping tetep aja susah.ane pngen dpt ikan gede tp bingung pake umpan apa....mohon infonya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba chek artikel ini kawan.
      http://www.zonaikan.com/2012/10/resep-umpan-jitu-mancing-laut.html

      Hapus
  21. gan jeniss rasa essen juga ngaruh g?

    kalo ngaruhh... rasa apa aja nihh nn ikan apa aja yg suka sama rasa itu,,,?

    mohon komennya ya gann..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk rasa essen sebenernya ngaruh gan. tapi tergantung pada jenis ikannya. coba di selidiki jenis ikannya kawan. beda ikan beda selera.

      Hapus
  22. Info bagus nih wajib dicoba ,soalnya ane hoby mancing di sungai,terimakasih sob untuk info yang satu ini

    BalasHapus
  23. kalau umpan mancing cewe apa gan :D

    BalasHapus
  24. klo di kasih sedikit udang gmana gan:D aku mau ke jatiluhur ni

    BalasHapus
  25. Produk yang Kami tawarkan semuanya aslyOriginal,
    Ada Garansi Resmi Distributor dan Semua Produk Kami Baru dan Msh Tersegel dLm BOX_nya.dan Buruan belanja dan dapatkan promo dari kami untuk semua produk kami.Dijual> BlackBerry> Nokia> Samsung> Apple> Acer> Dell> Nikon. beminat hub/sms 0857-3103-0120 atau klik website resmi kami http:/Citra-shopelektroniik.blogspot.com

    Ready Stock !
    BlackBerry 9380 Orlando - Black
    Rp.900.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Curve 8520 Gemini
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    BlackBerry Bold 9780 Onyx 2
    Rp.800.000,-

    Ready Stock !
    Blackberry Curve 9320
    Rp.700.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Tab 2 (7.0)
    Rp. 1.000.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Nexus I9250 - Titanium Si
    Rp.1.500.000,-

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Note N7000 - Pink
    Rp.1.700.000

    Ready Stock !
    Samsung Galaxy Y S5360 GSM - Pure White
    Rp.500.000,-

    Nokia Lumia 800 MORE PICTURES
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 800 - Matt Black
    Rp.1.700.000,-

    Ready Stock !
    Nokia Lumia-710-white
    Rp. 900.000,-

    Ready Stock ! Nokia C2-06 Touch & Type - Dual GSMRp.450.000,-

    Nokia Lumia 710 T-Mobile MORE PICTURES
    Ready Stock !
    Nokia Lumia 710 - Black
    Rp. 900.000,-
    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari XL) - Black
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel)
    Rp.1.200.000,-

    Ready Stock !
    Apple iPod Touch 4 Gen 8GB
    Rp.700.000

    Ready Stock !
    APPLE iPod Nano 8GB - Pink
    Rp.500.000,-

    Ready Stock !
    Acer Aspire 4755G Core i5 2430 Linux Blue
    Rp 1.700.000

    Acer Aspire One AOD270 10.1" Netbook
    Ready Stock !
    Acer Aspire One AOD270 10.1
    Rp. 1.000.000,-

    Acer TravelMate TM8481-2462G32 14" Notebook
    Ready Stock !
    Acer TravelMate TM8481-2462G32
    Rp. 1.400.000


    Ready Stock !
    Acer ICONIA Tab W500 10.1" Tablets Notebook
    Rp. 1.100.000,-

    Ready Stock !
    Nikon D7000 kit 18-105mmRp.1.700.000

    Ready Stock !
    Nikon D90 Kit 18-105mm Vr
    Rp 1.300.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix L 120 Red
    Rp. 900.000

    Ready Stock !
    Nikon Coolpix P 500 Black
    Rp 1.000.000 Ready Stock !

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19