close

Cara memelihara ikan

Senin, 22 Oktober 2012


Cara memelihara ikan memang sudah diketahui sejak lama. Akan tetapi masyarakat belum mengetahui mana yang benar maupun yang salah karena tiap ikan berbeda cara pemeliharaannya. Misalnya lele dengan ikan hias seperti koi, jadi cara memeliharanya juga berbeda. Adapun kali ini ruame.com akan sedikit memberikan tips bagaimana cara memelihara ikan yang benar.


Beberapa alasan yang membuat orang tertarik untuk memelihara ikan salah satunya untuk penghias ruangan agar nampak hidup dengan menaruh ikan tersebut didalam akuarium. Salah duanya memelihara ikan untuk budidaya dengan prospek bisnis yang cerah.


Jadi, berikut cara memelihara ikan yang perlu untuk kita ketahui bersama sama :
  1. Hal yang pertama harus kita lakukan adalah mencari informasi tentang ikan tersebut. Adapun informasi yang patut kita peroleh adalah
    • Sampai sebesar apa ikan yang akan anda pelihara diakuarium, apakah akuarium Anda nanti dapat menampung tubuh ikan yang sebesar itu.
    • Masing – masing ikan memiliki kebutuhan air yang berbeda, mulai tingkat kadar oksigen hingga pH harus kita perhatikan
    • Mampukah kita memenuhi makanan ikan tersebut dan apa jenis makanannya
    • Tingkah laku ikan, pilih yang kayak piranha atau koi. misal ditinggal beberapa lama masih dapat bertahan hidup juga patut dipertimbangkan kalau kita sering keluar kota dan jarang pulang
    • Perkembangbiakan ikan
    • Daya tahan ikan terhadap penyakit
  2. Sesuaikan anggaran Anda untuk membeli akuarium dan ruangan yang akan dijadikan tempat menaruh akuarium, serta ukurannya. Semakin besar akuarium maka berbanding lurus dengan kestabilan air didalamnya.
  3. Sedikit belajar mengetahui siklus nitrogen didalam akuarium
  4. Belajar bagaimana cara merawat alat – alat akuarium
  5. Bila memungkinkan untuk belajar, bacalah buku pedoman tentang cara memelihara ikan. Buku tersebut banyak dijual di toko buku seperti gramedia.
  6. Bila akuarium yang Anda miliki cukup besar, maka perlu adanya tempat bersembunyi untuk ikan kesayangan Anda. Persembunyian tersebut akan digunakan ikan untuk bersembunyi fungsinya mengurangi tingkat stress ikan karena melihat manusia.
  7. Bila perlu, beli juga alat untuk melihat siklus nitrogen dalam akuarium. Alat ini juga berfungsi untuk melakukan uji kadar amonia, nitrit, nitrat dan pH.
  8. Sebisa mungkin akuarium jangan sampai terpapar langsung sinar matahari karena selain dapat meningkatkan suhu air, sinar matahari juga dapat menyebabkan tumbuhnya lumut didalam akuarium.
  9. 1 inci ikan per 2-3 galon air.
  10. Tanya kepada penjual ikan bagaimana cara deklorinasi air.
  11. Beli dua filter akuarium yang satu untuk dipakai yang satu untuk cadangan bila yang lama sudah rusak atau kotor.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19