close

Tips Merakit Alat Pancing

Kamis, 18 Oktober 2012


Tips Merakit Alat Pancing - Memancing ikan tak lepas dari piranti yang akan digunakan, mulai dari perlengkapan kail, joran, reel, dan lain-lain. Dalam rangkaian kail pancing sendiri terdiri dari beberapa perlengkapan di antaranya mata kail, swivel, kenur, pelampung, dan macam-macam lure yang akan digunakan, serta beragam teknik simpul yang akan dipakai.


Memancing tidak hanya dibutuhkan keahlian dalam menguasai teknik-teknik memancing, tapi juga kreatifitas dalam meramu umpan, memilih peralatan mancing, dan beragam kreatifitas lainnya. Ada beberapa ide kreatif untuk memanfaatkan peralatan rumah tangga dan benda-benda lain di sekitar kita yang bisa disulap menjadi peralatan mancing, antara lain:

Spoon dan Jig dari Sendok

Ide membuat umpan dari sendok stainless benar-benar kreatif. Satu sendok bisa menjadi dua umpan yaitu sebagai bagian centongnya untuk umpan spoon dan bagian gagang sendok untuk umpan jig. Anda tinggal melubangi ujung-ujungnya untuk kili-kili dan treble hook.

Simpul Snell Dengan Kunci

Ternyata kunci rumaha anda bisa digunakan untuk membuat simpul snell pada kail. Dimana kunci ditempelkan pada kail. Kemudian kenur kita lilitkan pada kail dan kunci tersebut. Pada akhir lilitan anda tinggal menarik kenur dengan kuncinya. Nah jadilah simpul snell dengan bantuan kunci.

Kondom Ganco

Keberadaan ganco secara telanjang bisa membahayakan kita. Untuk menghindari kecelakaan dari ganco saat dikapal, maka muncullah ide kreatif dari pancinger untuk melindungi ujung ganco dengan menggunakan selang. Agar kondom tidak lepas dan lupa menaruhnya, irislah selang sereparuh lalu masukan ke dalam kail ganco. Takala ganco tidak terpakai pasanglah selangnya.

Popper Sederhana

Ide ini muncul ketika seorang pancinger tidak memiliki popper lalu pancinger ini mengambil kayu bulat lalu memotongnya. Bagian depan dibuat muka popper dengan bentuk muka cuak, sedangkan bagian belakang (pantatnya) oval. Lalu diambil 3 skrup dimana 2 skrup belakang dan bawah langsung diberi kail treble dan siap digunakan.

Pelampung dari Sterofom dan Balon
 
Mancing dengan menggunakan pelampung banyak disukai terutama oleh para pemancing pemula karena lebih mudah mendeteksi saat ikan memakan umpan, untuk membuat pelampung sendiri kita bisa menggunakan sterofom/gabus dengan membentuknya sesuai keinginan, dan mewarnainya sesuai selera. Atau bisa juga dengan menggunakan balon tiup sebagai pelampung.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19