close

5 Ikan Paus Terbesar di Dunia

Senin, 28 Januari 2013


5 Ikan Paus Terbesar di Dunia - Di dunia ini pasti banyak sekali hewan raksasa. salah satunya ialah mamalia terbesar yang menguni di Bumi ini. ukuran mereka bisa mencapai 2 atau 3 rumah berukuran sedang. dan berikut ini Zona Ikan akan memberikan informasi tentang 5 Ikan Paus Terbesar di Dunia

1. Ikan Paus Terbesar di Dunia ke-1 "Bowhead Whale / Balaena mysticetus"


Diantara Ikan Paus terbesar di dunia urutan ke-1 Adalah paus baleen dari keluarga Balaenidae. Ikan Paus hitam tanpa sirip dorsal, yang dapat tumbuh hingga panjang 20 meter. Perkiraan beratnya dapat mencapai 136 ton, beda tipis dengan Ikan Paus biru, walaupun panjang maksimumnya tidak sepanjang Ikan paus lain. 

Habitatnya berada pada perairan Antartika dan sub-Antatika, tidak seperti Ikan Paus lain yang bermigrasi untuk makan atau berkembang biak. Bowhead mungkin termasuk mamalia terpanjang dan juga memiliki mulut terbesar. Bowhead juga merupakan salah satu target perburuan. 

Populasi awalnya berkurang sebelum adanya memorandum di tahun 1966. Estimasi populasinya ikan paus ini saat ini sekitar 24,900, turun hampir separuhnya dari perkiraan awal sekitar 50,000. Kasian banget gan.

2 . Ikan Paus Terbesar di Dunia ke-2 "North Atlantic Right Whale / Eubalaena glacialis"

 
The North Atlantic right whale (Eubalaena glacialis yang artinya “baik, atau benar, ikan  paus dari es”) termasuk juga ikan paus baleen, satu dari tiga spesies yang termasuk dalam keluarga Eubalaena, namun sebelumnya sempat diklasifikasikan dalam spesies tunggal.

Sekitar 400 paus ini hidup di lautan Atlantik. Mereka bermigrasi pada saat mencari makan di teluk Maine, Georgia dan Florida, sebuah area lautan yang cukup padat dengan lalu-lintas kapal kargo. Ikan Paus dewasa memiliki panjang rata-rata 11–17 m dan memiliki berat 17 ton; spesies terbesar yang pernah diukur memiliki berat 17 ton dan panjang 18 meter dan  Ikan Paus terbesar di dunia yang perempuannya bisa lebih besar lagi.

Tidak seperti ikan paus lain, ikan paus ini lebih seneng ngambang, datanya sedikit banget tentang ikan paus ini, tapi dipercaya bisa hidup sampai 50 tahun, dan beberapa bisa hidup lebih dari 1 abad.

3. Ikan Paus Terbesar di Dunia ke-3 "North Pacific Right Whale / Eubalaena japonica"
 
North Pacific Right Whale (Eubalaena japonica) adalah spesies Ikan Paus terbesar di dunia ke-3 balin kuat yang umum di Pasifik Utara hingga 1840, tetapi sekarang sangat langka karena penangkapan ikan paus abad ke-19 dan ke-20. Rupanya ada dua populasi dari spesies di Pasifik Utara. Populasi yang terjadi di Laut Bering bagian tenggara dan bagian timur Pasifik Utara mungkin 50 paus atau kurang. Sebuah populasi yang sangat buruk dikenal di Laut Okhotsk antara Kepulauan Kuril dan Sakhalin Pulau di Rusia mungkin sekitar 300 atau lebih hewan, tetapi hampir tidak ada data populasi ini. 

Meskipun ikan paus telah dilindungi dari penangkapan ikan paus sejak 1935, perburuan ikan paus Soviet yang ilegal di tahun 1950-an dan 60-an menghabiskan jumlah mereka lebih lanjut. Uni Internasional untuk Konservasi Alam telah menyatakan keprihatinan bahwa nomor yang sekarang terlalu rendah untuk pemulihan, dan kepunahan ikan paus ini yang mungkin tak terhindarkan. Menurut Pusat Keanekaragaman Hayati, E. japonica adalah ikan paus yang paling terancam di Bumi.

4. Ikan Paus terbesar di Dunia ke-4 "Southern Right Whale / Eubalaena australis"
 
 
Ikan Paus terbesar di dunia ke-4 yakni Southern Right Whale (Eubalaena australis) adalah ikan paus balin, salah satu dari tiga spesies yang diklasifikasikan dalam genus paus Eubalaena. Seperti paus Southern Right lain.

Ikan Paus Southern Right mudah dibedakan dari yang lain oleh callosities di atas kepala, tanpa sirip punggung, dan mulut melengkung panjang yang dimulai di atas mata. Kulitnya berwarna abu-abu sangat gelap atau hitam, kadang-kadang dengan beberapa bercak putih pada perut. 

Callosities paus kanan yang tampak putih karena koloni besar cyamids (kutu ikan paus). Hal ini hampir tidak bisa dibedakan dari Ikan Paus Atlantik Utara terkait erat dan Ikan Paus Southern Right Pasifik Utara, hanya menampilkan perbedaan tengkorak kecil. Mungkin callosities lebih sedikit di kepala dan di bibir yang lebih rendah dari dua spesies utara. Sekitar 12.000 Paus Southern Right tersebar di seluruh bagian selatan belahan bumi selatan.

Ukuran maksimum dari betina dewasa adalah 18,5 m, dan sekitar 130 ton. Testis -nya (biji) mungkin terbesar dari setiap binatang, masing-masing dengan berat sekitar 500 kg. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan sperma adalah penting dalam proses perkawinan.

Lapisan tebal dari isolasi lemak tidak memungkinkan bagi mereka untuk mengusir panas tubuh internal mereka di perairan tropis.

5. Ikan Paus terbesar di Dunia ke-5 "Fin Whale / Balaenoptera physalus"

 
Ikan Paus terbesar di dunia ke-5 adalah Fin Whale (Balaenoptera physalus), juga disebut ikan paus finback, yang suka banyak bekerja, adalah mamalia laut yang termasuk dalam subordo ikan paus balin. 

Panjang dan langsing, tubuh Fin Whale kecoklatan-abu-abu dengan bagian bawah lebih pucat. Setidaknya ada dua subspesies berbeda: ikan paus sirip utara di Atlantik Utara, dan paus sirip Antartika lebih besar dari Samudra Selatan. Hal ini ditemukan di semua samudra besar dunia, dari kutub sampai perairan tropis. Ini tidak hadir hanya dari perairan dekat dengan kantong es pada kedua kutub utara dan selatan dan daerah yang relatif kecil dari air laut terbuka. 

Kepadatan penduduk tertinggi terjadi di perairan hangat dan dingin. Makanannya terdiri dari ikan kecil, cumi, dan krustasea termasuk mysids dan krill. Seperti semua ikan paus besar lainnya, paus sirip diburu pada abad kedua puluh dan merupakan spesies terancam. Hampir 750.000 ikan paus sirip diambil dari belahan bumi selatan saja antara 1904 dan 1979 dan kurang dari 3.000 saat ini tinggal di daerah itu. Komisi Penangkapan Ikan Paus Internasional (IWC) telah mengeluarkan moratorium perburuan komersial ikan paus ini, meskipun Islandia dan Jepang melanjutkan perburuan: tahun 2009, Islandia mengambil 125 sirip ikan paus selama musim penangkapan ikan paus, dan Jepang mengambil 1 paus sirip Antartika di musim 2008-2009 tersebut. 

Spesies ini juga diburu oleh Greenlanders bawah ketentuan Subsistence Aborigin Paus dari IWC. Tabrakan dengan kapal dan suara dari aktivitas manusia juga secara signifikan mengancam pemulihan. (kaskus)
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19