close

Cara Mancing Ikan Gabus

Senin, 21 Januari 2013


Cara Mancing Ikan Gabus - Baik ikan Gabus maupun ikan yang lain memiliki sifat yang hampir sama yaitu tidak tahan terhadap panas matahari dimana panas terik tersebut menyebabkan kondisi air di danau menjadi hangat sehingga ikan akan pergi ke pinggir-pinggir danau atau bersembunyi di bawah ranting-ranting pohon yang telah rebah untuk berteduh.


Kondisi seperti ini menyebabkan kita sulit  untuk memancing dengan teknik poping dan lagi teknik poping ini memerlukan kondisi fisik yang prima dan danau yang luas dan bebas hambatan untuk lemparan maupun tarikan.

Ikan toman kita ketahui adalah jenis ikan predator dimana dia akan memburu ikan–ikan yang kecil untuk dimangsa, dan pada saat kondisi panas biasanya ikan-ikan akan pergi ke pinggir danau termasuk ikan toman yang selalu bergerak untuk mencari mangsa.

Nah untuk kondisi seperti ini kita memerlukan memancing teknik dasaran yaitu umpan dilempar dan dibiarkan sambil menunggu ikan toman datang memakannya.

Cara mancing ikan gabus/toman dengan teknik casting/popping.

  • Pastikan anda memancing di pagi hari atau sore hari. Mengapa? Sebab ikan belum begitu mencari daerah pinggiran yang sulit untuk dicasting.
  • Bila anda memancing casting atau popping di siang hari, tidaklah mengapa asal bisa bersabar saja.
  • Bila menggunakan umpan froggy, anda harus pandai-pandai mengatur tarikan hingga seperti alami.
  • Bila menggunakan umpan popper untuk mencing ikan gabus atau ikan toman, pun sama, tetaplah perlahan-lahan menariknya agar mirip dengan ikan kecil sungguhan.
  • Bersabar lebih sangat diperlukan supaya langkah kaki anda tidak terdengar .
  • Gunakan senar atau kenur yang kuat untuk beban maksimal 20 kg agar kita tidak khawatir putus.
  • Gunakan Kail pancing ukuran 8 dan jangan ragu untuk merubah ukurannya di lokasi, bila ukuran tomang di tempat tersebut rata-rata pada hari itu kecil ikannya.
  • Joran haruslah fast tapper. Sebab liarnya gerakan ikan tomang, di khawatirkan akan merusak/mematahkan joran yang slow tapper, kecuali bila emang bahan dan merknya bagus tidak mengapa.
  • Reel untuk casting biasanya menggunakan 1500 – 3000 . Bisa untuk kekuatan drag 5 kg
(kailpancing)
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

11 komentar:

  1. mantab bang jadi pengen mancing ikan gabus juga sya..

    BalasHapus
  2. bang ane mau minta saran, diblakang rumah ane ada empang, ukuran 2 petak kontrakan, dstu ada gabus besar banget, sering nongol dipagi hari siang jam 12 dan sore jam 3, udah berbagai cara ane pancingin tapi gak dapet, ampe frustasi.... ane balokin tetep ajja itu ikan balik meneh, umpan semua udah dicoba tete ajja gak makan, ane teger dua hari dua malem juga gak makan, saranya dari abang apa nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebaiknya jangan di tangkap gan. di biarkan saja jika memang sudah menetap disitu.

      Hapus
  3. Intinya untuk.mancing ikan seperti ini harus sabar agan2. Dan coba umpan dg cilung atau jangkrik. Ane sdh bkali2 mlakukan itu dan hasilnya mantabbbbzzz. Walau cuma satu ekor perhari/ permalam
    Numpang share ya....
    Buat agan2 yang.mo beli batik atau sekedar liat liat model batik gaul trend 2013 silahkan ke butik batik online. Http://butikbatik786.blogspot.com
    Di jamin ga nyesel gan...

    BalasHapus
  4. wah besarnya hampir sama..saya juga pernah dapet yg gede gitu, pake ikan mas kecil.. hasilnya mantab banget.. cuma yg ribed nyari ulat daun pisang...biasanya ntu umpan mantep banget, ga pake 5 menit langsung sergap..

    BalasHapus
  5. wah mksih ya bos tipsnya
    mancing mania mantap ..

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19