close

Panduan Ringan Cupang Adu

Sabtu, 05 Januari 2013

 
Panduan Ringan Cupang Adu - Apabila anda ingin memiliki ikan cupang aduan yang baik lihatlah susunan atau bentuk tubuh ikan tersebut. ada beragam jenis wujud tubuh ikan aduan, ini yaitu wujud tubuh yang sangat kerap didapati di pasaran. serta bila pingin beli ikan cupang baiknya beli di peternak yang telah teruji kehandalannya. amat sukar mendapatkan cupang handal di pedagang pinggir jalan. harga juga pengaruh pada mutu dan kwalitas ikan. ikan aduan yang handal jelas mempunyai gigi tajam, pangkal ekor besar, style tarung yang mematikan, serta pastinya mental yang tahan sakit
Untuk membuat ikan siap tempur antara lain:
           1. Ikan yang baru kita beli, atau kita angkat dari kolam mesti di tempatkan didalam ember ( biasa untuk ngaduk semen ) warna hitam sepanjang kurang lebih tujuh hari , isi air dengan ketinggian 3/4 ember. upayakan janganlah diletak di dalam tempat tinggal terlebih di dalam kamar yang tertutup dari sinar matahari namun janganlah terkena cahaya matahari langsung. didalamnya kita tempatkan selembar daun ketapang kering ataupun bisa juga daun pisang kering. berilah makan ikan kutu air maupun cuk yang telah disaring. beri makan janganlah di batasi. beri saja banyak supaya ikan tidak tirus ( bodi panjang tidak tebal kepala besar ). Langkah ini di kalangan pecinta cupang aduan di namakan Ren ( Songkok )

2. Mengganti air tersebut tiap-tiap 3-4 hari sekali serta bila makanannya habis beri makan setiap hari. disaat ubah lihatlah situasi perutnya. bila ikan kotorannya hitam serta menggumpal bermakna ikan didalam situasi yang sehat. sesudah itu masukkan ikan kedalam ember ( tempat ren ) lagi.

3. Sesudah ikan kita diamkan didalam ember sudah cukup waktunya ( ada ikan yg minta ren lama, ada jg yang ikan tidak lama di ren ) ini kita kenali dengan lihat warna ikan. kepalanya hitam, warna lebih kontras serta ikan terlihat lebih ganas jika kita sandingkan. lebih kurang hari kamis ikan kita angkat dari ember, masukkan kedalam toples cherry atau bisa  juga aquarium. beri makan serta liat situasi kesehatan ikan. biarlah ikan sepanjang 1 hari didalam toples. gunanya supaya ikan punya kebiasaan serta tidak takut dengan situasi luar.

4. Kita chek didasar toples kotorannya. jika ikan sudah buang kotoran serta perut ikan telah kempis bermakna siap untuk masuk step training. ikan janganlah diberi makan dahulu. untuk pertama sandinglah ikan sepanjang 15 menit dengan jarak antar toples lebih kurang tiga jari tangan kita. biarlah ikan hingga ganas. upayakan janganlah mukul toples dengan kuat. sesudah itu ikan kita putar gunakan tangguk atau kayu yang ujungnya diberi busa ditutup plastik hitam serta diikat. putaran pertama bisa kekanan dahulu serta sesudah itu kita biarlah hingga airnya tenang. baru lantas kita balas kearah kiri. problem banyak putarannya kami tidak dapat memberikannya. karena ini bergantung ikan anda tiap-tiap serta kejelian anda saat melakukan training. namun dapat kita cek dengan kemampuan ikan. bila ikan terlihat letih serta tenaganya turun ( ini dapat dipandang ikan bila diputar dapat turut arus ditengah serta menggulung ), kita dapat hentikan sebentar baru dilanjutkan kembali. putaran dihari pertama kita bikin perlahan dahulu. ikuti tekad ikan. bila ikan telah mulai melawan arus, tingkatkan kecepatan putaran serta lama putaran hingga ikan betul-betul letih.  Minim 3 hari untuk melakukan step rawat putar ( aduk )ini.

5. Biarlah ikan istirahat 15 menit, lantas masukkan ikan betina yang belum masak telur setiap toples lebih kurang 3-4 ekor. posisi ikan biarlah disanding dengan sebelahnya didalam jarak tiga jari kita. janganlah ditutup. kerjakan ini sepanjang 1/2 jam.

6. Angkat ikan betina muda serta beri makan ikan. ingat, ikan janganlah di jatah makannya. beri saja banyak. namun berinya dengan sedikit-sedikit dahulu. bila akan semakin bagus beri makan cuk yang disaring supaya pencernaannya tidak mengalami problem atau dapat juga diberi bloodworm/jentik nyamuk hidup. supaya ikan memperoleh suplemen vitamin.  serta protein yang tinggi. didalam situasi ikan diberi makan, tutup sandingannya. biarlah sepanjang 1/2 jam.

7. Buka kembali tutup sandingannya atau sekatnya dengan jarak 3-4 jari tangan ( dapat juga sekatnya kita buka 1/2 ), kita pantau ikan hingga kotoran ikan keluar dari perutnya.

8. Masukkan kembali ikan betina muda setiap toples kurang lebih 30 menit. serta ikan kita ganggu gunakan ikan dari karet. langkahnya ikan karet kita dekatkan dari luar toples. apabila ikan mendekat serta akan mukul, kita jauhkan. inidilakukan sepanjang 15 menit. sesudah itu kita ubah air baru yang sudah diendapkan sepanjang satu malam. beri garam secukupnya. ketinggian air 1/2 toples saja.

9. Diair yang baru, ikan belum selesai kita latih. toples kita tutup sekatnya, dengan jarak 2 jari tangan. pertama kali kita buka sekat toples sebelah kanan. apabila ikan ngejar terus kita tutup sekatnya. buka lagi sebelah kiri, apabila ngejar kita tutup sekatnya. kerjakan ini sepanjang 30 menit. sesudah itu ikan kita tutup sekatnya. serta masukkan daun ketapang kering selembar. lantas ikan kita upayakan ada di tempat gelap atau dapat juga kita selimuti dengan kain supaya gelap.

10. Ada juga ikan yang perlu dirawat banting, airnya kita keringkan cuma hanya membasahi badannya didalam toples. namun ini dikerjakan dengan pengawasan yang ketat. salah banting, maka duit kita terkena banting lawan. kami sendiri jarang mengerjakannya. Kami dulu menjaga banting ikan, namun bukan hanya hasil yang bagus yang saya peroleh, walau demikian ikan mati kekeringan serta dikerubungi oleh semut hitam. serta ada juga ikan yang minta bekap. maksudnya ikan kita tahan napasnya didalam aqua gelas tanpa hawa di dalam toples cherry. masukkan ikan betina muda 4 ekor didalam toples cherry. ini dikerjakan bertahap. dari 30 menit dihari pertama hingga 2 jam di hari ke 4 latihan. ini mesti diawasi dengan ketat supaya ikan tidak mati atau perutnya rusak. ada juga orang yang memakai jantur atau ikan dimasukkan kedalam tabung tinggi 2 meter,  namun untuk saya ini tidak saya berlakukan.
11. Kerjakan terus dengan teratur hingga pada minimal 3 hari kedepan. ikuti panduan dari no. 4 hingga no 9. selanjutnya ikan kita beri makan banyak. pantau hingga kotorannya keluar, sesudah itu ikan kita istirahatkan ketempat gelap. 1 hari sebelum tempur janganlah diberi makan lagi ( untuk main besoknya ) serta janganlah kita latih, cukup kita galakkan buka saja sekatnya supaya panas sepanjang 15 menit pagi serta 15 menit sore hari. bila diadu hari lusa nya  ikan pada besok nya bisa diberi makan.

12. Apabila Besok nya ikan  bertarung, pagi ikan kita masukkan didalam toples cherry, sandingkan ikan kurang lebih  1/2 jam dengan jarak tiga jari tangan kita. jika ikan sudah galak, ikan kita masukkan kedalam botol selai atau botol Nescafe atau juga bisa botol aqua kecil. tutup dengan kertas. biarkan ikan istirahat total sampe bsk ikan siap dibawa kearena untuk bertarung.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19