close

Tips Memilih Ikan Segar

Senin, 14 Januari 2013


Tips Memilih Ikan Segar - Anda yang suka banget sama hidangan laut seperti ikan dan bingung bagaimana cara memilih ikan segar yang berkualitas, di karenakan setiap ikan yang di jual belum tentu ikan segar. berikut adalah tips cara memilih ikan yang masih segar.


* Ikan segar matanya akan terang, bening, menonjol dan cembung. Sementara itu, mata ikan yang lama redup terbenam, kelabu dan tenggelam karena tertutup lendir hingga mata berwarna keputihan.

* Ingsang ikan segar warnanya merah sampai merah tua, terang/cerah, tak berbau, Ikan yang lama ingsangnya kotor, berwarna pucat dan gelap, keabu-abuan dan berlendir, serta berbau busuk.

* Lendir ikan yang segar akan cemerlang, homogen, dan transparan. Lendir ikan yang lama berubah warna kekuningan dengan bau tidak sedap. Selain itu ikan lama lendirnya mengering dan berwarna putih susu.

* Warna kulit ikan yang segar cemerlang dan belum pudar. Sementara ikan yang lama kulitnya berwarna pudar.

* Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilat dengan tanda-tanda/warna khusus, tertutup lendir jernij; sisik masih utuh, belum banyak yang hilang. Sementara sisik ikan lama banyak yang lepas; tanda-tanda warna khususnya pudar dan lama-lama menghilang.

* Bau ikan segar tentu saja akan segar dan tidak mengandung bau-bau asing. Berbeda dengan bau ikan busuk yang tidak sedap, seperti misalnya bau lama yang menusuk hidung.

* Kondisi ikan segar terbebas dari parasit-parasit apapun, tanpa luka-luka ataupun kerusakan pada badan ikan. Sementar kondisi ikan lama banyak terdapat parasit; badannya banyak luka dan patah-patah.

Mudah-mudahan tips-tips diatas dapat membantu Anda untuk memilih ikan yang segar.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

1 komentar:

  1. Bermanfaat..

    Ayo gabung dan berpatisipasi di Kompetisi Cerdas Cermat Online se-Jawa Timur seri yang ke-2. Gratis!!
    Hadiah menarik dan jutaan rupiah ada juga Tablet PC, buruan ikut !

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19