close

Cara Mengawinkan Ikan Cupang

Senin, 04 Februari 2013



Cara mengawinkan ikan cupang - Ikan cupang adalah salah satu ikan yang mampu bertahan hidup dalam waktu lama meskipun ikan tersebut ditempatkan di wadah yang airnya sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator). Ikan ini mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya.
Pada dasarnya  mengawinkan ikan cupang itu bisa dibilang gampang-gampang susah, dibalang gampang karena hampir setiap ikan cupang yg dikawinkan akan memijah, tapi susahnya yaitu merawat anakan ikan agar tetap hidup sampai menjadi ikan dewasa. Ikan cupang memiliki sifat monogamy, jadi dalam setiap pemijahan hanya ada 1 jantan dan 1 betina. Untuk urusan membedakan antara ikan cupang jantan dan betina,saya yakin anda sekalian sudah tahu perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina, karena jika dilihat  sepintaspun kita sudah bisa membedakan perbedaan antara ikan cupang jantan dan betina. Salah satu perbedaanya yaitu terletak pada warna dan sirip ikan, Ikan cupang jantan memiliki warna yang cerah dan sirip yang panjang/mengembang, sedangkan ikan cupang betina berwarna agak kusam dan siripnya pendek.
Untuk memijahkan ikan cupang kita tidak memerlukan tempat yg luas, karna pemijahan ikan cupang dapat dilakukan di wadah-wadah kecil seperti aquarium kecil,baskom,ember ,dll.                                        Berikut ini Cara Mengawinkan  Ikan Cupang :
  •  Siapkan wadah berupa aquarium,ember atau baskom, lalu isi dengan air bersih yang sudah diendapkan setinggi 15-20 cm, dan jangan lupa masukan tanaman air atau dedaunan yang nantinya akan dijadikan sarang berupa buih/busa oleh ikan cupang jantan untuk menyimpan telur. 
  • Untuk  poin yg kedua ini ada 2 cara yaitu : Cara yg pertama yaitu masukan ikan cupang jantan dan betina kedalam wadah pemijahan yg td sudah dipersiapkan secara bersamaan. dan untuk cara yang kedua yaitu dengan memasukan ikan cupang jantan terlebih dahulu ke wadah pemijahan, dan untuk ikan cupang betina dimasukan ke wadah lain seperti gelas bekas air mineral atau wadah lain, dekatkan kedua indukan tersebut, tujuannya yaitu agar si jantan membuat sarang berupa gelembung air.
  • Jika gelembung yang di hasilkan oleh ikan cupang  jantan sudah banyak, masukan indukan ikan cupang betina yg td dipisahkan kedalam wadah pemijahan.
  • Tutup wadah pemijahan dengan penutup apa saja, yang penting penutup tersebut memiliki lubang sebagai tempat keluar masuknya udara.hal yang paling mudah yaitu menggunakan dus bekas yang sudah dilubangi.
  • Simpan wadah pemijahan td di tempat yang agak gelap dan sunyi, karena menurut pengalaman ikan cupang akan sulit memijah jika disimpan di tempat yg terang dan ramai.
  • Jangan lupa melakukan pengecekan, karena biasanya dalam waktu 1-2 hari ikan cupang sudah memijah.Ciri dari ikan cupang yg sudah memijah yaitu akan terdapat butiran-butiran kecil (telur)  yang menempel pada busa,dan biasanya indukan betina akan berenang dipermukaan, karena jika sudah terjadi pemijahan indukan jantan akan mengusir indukan betina untuk jauh-jauh dari sarang.
  • Jika ikan cupang sudah terjadi pemijahan, segera angkat indukan betina, karena banyak kasus indukan betina akan memakan kembali telur-telur yang sudah mereka keluarkan.
  • Biasanya dalam waktu 1-2 hari telur-telur ikan akan menetas dan menjadi burayak.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

1 komentar:

  1. ilmu lagi nih gan.oh jadi begitu ya caranya,terima kasih sudah berbagi comment back.

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19