close

Laut Banda Aceh

Rabu, 27 Februari 2013


Laut Banda Aceh - Aceh juga memiliki lautan yang menjadi daya tarik mancing mania. Merupakan kebahagiaan tersendiri ketika umpan pancing diterkam berbagai jenis ikan yang masih banyak terdapat di Aceh. Dengan karang yang masih sangat bagus, laut Aceh menyimpan berbagai jenis ikan yang menggoda pemancing untuk datang ke Aceh. Bagi pemancing luar Aceh, memancing di laut lepas di dekat pulau-pulau kecil yang tersebar mulai dari Aceh Besar hingga ke Pulau Banyak dan Simeulue adalah mimpi yang harus dicapai.


Laut Banda yang eksotis menyimpan ribuan monster predatorBeberapa lokasi memancing yang cukup menarik minat pemancing yang terdapat dekat Banda Aceh di antaranya Pulau Batu, Pulau Bunta, Pulau Aceh, Pulau Breuh, Pulau Weh, Sabang, dan Pulau Rondo. Pulau-pulau kecil tersebut masih bisa dijangkau dari Banda Aceh dengan waktu tempuh tidak sampai dua jam dengan menggunakan perahu. Perairan tersebut sering dikunjungi pemancing lokal dan nelayan.

Di sana, pemancing juga bebas memancing dengan berbagai cara selama tidak bertentangan dengan hukum di Indonesia dan hukum adat di Aceh. Beberapa jenis ikan yang menarik minat pemancing untuk melemparkan pancingnya ke laut Aceh di antaranya tenggiri, kakap, kurisi ijo, wahu, tuna, lemadang, kerapu, dan cumi-cumi.

Sejumlah pulau di Aceh Besar dan Sabang, menyimpan berbagai jenis ikan yang besar, hal ini menjadi daya tarik bagi pehobi memancing untuk merasakan bagaimana ikan-ikan karang tersebut menerkam umpan pancingnya. Ikan Giant Trevally, sang penguasa karang dangkal, terkenal dengan tarikannya yang tak kenal henti. Pertarungan melawan ikan berbadan pipih ini membuat stamina terkuras. Merasakan tarikan kuat Giant Grouper. Ikan yang terkenal dengan sebutan monster kerapu penghuni air dalam. Di Ambon, ikan ini dikenal dengan nama Garopa, Giginya  tajam dan rahangnya kuat. Ikan ini bersembunyi di antara karang, begitu mangsanya lewat langsung di sambar dan  dihancurkan.

“Turis” pun Memancing

Tidak hanya pemancing lokal, pemancing lainnya seperti turis juga ikut merasakan sensasi mancing di laut Banda Aceh ini yang memiliki daya tarik tersendiri karena ikannya, masih banyak dan sejumlah lokasi memancing tidak terlalu jauh ke tengah laut, juga terdapat banyak lokasi untuk memancing dengan terumbu karang yang masih bagus.

Aceh memiliki spot memancing yang favorit bagi kalangan pemancing. Aceh juga memiliki banyak jajaran karang dan spot-spot potensial untuk popping, dan beberapa spot potensial untuk memancing jigging atau dasaran. Wilayah perairan Banda Aceh cukup potensial untuk dijadikan salah satu tujuan mancing yang didukung banyak spot potensial untuk memancing dengan teknik popping, jigging, juga dasaran. Kapal-kapal yang dapat digunakan untuk memancing pun cukup tersedia.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

2 komentar:

  1. berkunjung kembali sob,dan menyimak artikelnya,bagus ya sob indah lautnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19