close

Teknik Memancing Dasaran

Jumat, 01 Februari 2013


Teknik Memancing Dasaran - Berwisata ke Kepulauan Seribu memang tak melulu dengan berenang, snorkeling atau menyelam, Salah satu aktifitas yang bisa kita lakukan adalah memancing. Untuk memancing, tentunya ada teknik-teknik atau kiat-kiatnya. Mancing dasar, Koncer, Tonda, Casting, Popping dan Garong adalah teknik-teknik yang bisa digunakan ketika kita memancing.

Mancing dasar atau bottom fishing, adalah teknik yang paling umum dilakukan dalam memancing. Teknik ini biasa dilakukan untuk mendapatkan / memancing ikan yang berada / hidup didasar baik itu laut, sungai, danau dan empang atau tambak. Intinya, teknik memancing ini bisa kita terapkan mulai dari perairan dangkal seperti rawa atau empang sampai kedalaman laut ratusan meter. ada sensasi tersendiri untuk memancing di dasar air.

Mancing dasar juga bisa kita lakukan tanpa joran hand line atau dengan joran & reel. Cara mancing dasar dengan menggunakan hand line adalah cara yang paling umum dilakukan oleh nelayan pancing dinegeri kita ini. karena pada dasarnya cara ini cara yang di wariskan dari nenek moyang indonesia.

Prinsip dari teknik memancing ini adalah menenggelamkan umpan ke dasar dengan mengunakan pemberat/ timah. Ada bermacam macam rangkaian yang biasa digunakan untuk mancing dasar, mulai dari rangkaian timah di tengah dan kail dibawah (glosor), atau timah dibawah dan kail ditengah, pada rangkaian kumis. untuk pengunaan timah tergantung lokasi mancingnya. karena jika mengunakan timah yang ringan untuk memancing di laut, timah tersebut tidak akan sampai pada dasar laut.

Untuk rangkaian timah dibawah, bisa menggunakan satu atau lebih kumis. Peraturan IGFA mengijinkan penggunaan maksimal 2 buah kumis yang tidak boleh saling bersinggungan. Rangkaian mancing dasar juga seringkali ditambah alat bantu seperti pelampung atau ranggung (spreader). tapi jangan pernah mengunakan bahan tambahan yang mengandung bahan kimia.


Untuk menggoda ikan yang berada agak jauh dari umpan atau mengumpulkan ikan, kita bisa melakukan chumming / bom dengan rebon atau teri, atau cincangan ikan. Chumming untuk mancing dasar dilakukan dengan menggunakan alat bantu, yang paling umum adalah dengan menggunakan timah yang tengahnya berlubang. karena pada dasarnya timah yang tengahnya berlubang lebih efisien dari pada timah yang lainnya.

Ikan yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan teknik ini seperti Kakap Merah, Kuwe, Krapu dan ikan yang lainya. kemungkinan strike mengunakan teknik ini lebih besar dari pada memancing di permukaan air. karena.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19