close

Tips Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bawal

Selasa, 19 Maret 2013


Tips Rangkaian Pancing Untuk Ikan Bawal - Jika anda ingin memancing ikan bawal, maka anda harus mengetahui bagaimana cara menancingnya dengan baik. maka itu Zona Ikan akan memberikan tips bagaimana cara merakit rangkaian pancing untuk ikan bawal :

Peralatan :
1. Nilon / Seling / Senar / Nikelin
2. Pancing / Mata Kail Ukuran 4/5
3. Kili-kili ( Swivel)
4. Timah (pemberat) : sebesar biji jagung
5. Joran dan Kenur / Senar
6. Pelampung

RANGKAIAN BERPELAMPUNG

Rangkaian berpelampung merupakan rangkaian umum yang banyak dipakai pemancing, karena isyarat deteksi mudah dibaca. Pemasangan pelampung cukup mudah bila digunakan peniti khusus pelampung dan karet pembatas khusus (stopper) yang membuat rangkaian tadi menjadi praktis di joran anda. Rangkaian berpelampung ini sangat cocok diterapkan pada air yang tenang atau berangin sedang dengan kedalaman maksimal 2 meter. Ukuran kedalaman air harus tepat agar jarak pelampung dengan umpan tidak terlalu panjang yang dapat membuat ikan luput dikenai saat joran dihentak, jangan pula terlalu pendek sehingga pelampung tenggelam atau umpan mengambang.

RANGKAIAN GLOSOR

Keuntungan dari rangkaian ini antara lain yaitu dapat dilontarkan lebih jauh lagi ke tengah, mudah mendeteksi umpan yang disambar ikan sebelum umpan tersebut mencapai dasar, jarang membuat kenur anda dengan kenur pemancing lain saling mengikat (kusut) dan anda tak perlu memicingkan mata karena melihat pelampung yang jauh namun cukup melihat tempat masuknya kenur ke dalam air atau merasakan umpan yang termakan dengan sentuhan jari anda bahkan terkadang mata kail akan tertancap sendiri tanpa perlu anda menggentak lagi.

Karena gigi bawal yang tajam, maka perlu pemikiran khusus untuk rangkaian pancing. Para pemancing biasanya menggunakan kawat seling untuk mengatasi gigi bawal, tapi saya lebih memilih memakai benang nylon yang dipasangi kelem (pipa besi kecil). Karena benang nylon tidak kaku seperti seling, sehingga mudah dihisap oleh ikan. Untuk model rangkaian dan jumlah mata kail yang dipakai tergantung kesukaan dan kebutuhan. Yang terpenting adalah rangkaian di dekat mata kailnya.
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

3 komentar:

  1. sudah lama nggak datang nkesini gan,blogwalking sekalian menyimaknya,terima kasih tipsnya gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih telah datang kawan. semoga bermanfaat :)

      Hapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19