close

Tips Merawat Senar Pancing

Kamis, 11 April 2013


Tips Merawat Senar Pancing - Untuk membuat piranti atau peralatan pancing kita lebih awet dan tahan lama, kita mesti melakukan perawatan secara berkala. Jika tidak maka piranti pancing kita yang berharga mahal sekalipun tidak akan mampu bertahan lama. Dengan kondisi peralatan pancing kita yang sering terkena air sekaligus sinar matahari dan kotoran, tentu bisa membuatnya cepat aus. Berikut tips merawat senar pancing.
 
Lepaskan terlebih dahulu spool tempat senar pancing dari Reel kemudian bilas senar pancing dengan air sabun. Setelah itu siram dan rendam. Kemudian gosok dengan perlahan menggunakan spons atau sikat gigi yang lembut agar senar pancing tidak rusak. lalu bilas dengan air yang bersih dan keringkan. Bisa diangin-anginkan atau dilap menggunakan lap kering.

Cara ini bisa membuat senar pancing menjadi awet karena bisa membersihkan senar dari kuman dan kotoran yang terbawa oleh senar pancing dari sungai atau laut, sehingga tidak merusak senar pancing dan Spool Reel.

Kotoran berupa pasir dan lumpur juga dapat mengganggu kinerja bearing ball dan kinerja mekanik reel pancing yang membuat rotasi putaran menjadi macet ketika menarik beban berat saat mendapatkan ikan besar waktu memancing.


Selain dengan cara mencuci, anda juga bisa menyemprotkan angin dengan menggunakan kompresor untuk melenyapkan kotoran dari pasir. Kemudian mencucinya atau mengelap dengan kain basah yang telah diberi sabun.

Untuk spool dan benang PE atau braid sebaiknya menggunakan air hangat. yaitu memindahkan dengan cara menggulung semua benang PE, atau Braid yang selesai anda pakai ke penggulung lainnya. Cara ini bisa membuat kita lebih mudah untuk membersihkan spool jika anda jarang membuka benang hingga habis.

Sebaiknya anda juga menggunakan pelumas khusus Reel Pancing untuk menjaga putaran bearing bail agar tidak karatan. Setelah diolesi dengan pelumas, cek kembali putarannya apakah masih stabil atau ada bagian yang aus karena gesekan sewaktu menggunakan Reel Pancing.

Setelah itu. Kembalikan Spool Pancing pada Reelnya. Kemudian masukan kedalam kantong yang terbuat dari kain, lebih bagus menggunakan kain parasit namun sebelumnya masukkan terlebih dahulu anti jamur pada kantong tersebut agar Reel pancing tidak jamuran karena lembab. (pp)
Share this article :

Baca Juga Yang Lainya...

1 komentar:

  1. mantep blognya gan,, cocok nih buat yg hobi mancing hehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah Mengunjungi Zona Ikan. Komentar, Kritik & Saran Anda adalah Inpirasi untuk Blog ini supaya lebih maju .

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Info Ikan

More on this category »

Ikan Hias

More on this category »

Teknik Mancing

More on this category »

Alat Pancing

More on this category »
 
Copyright © 2011. Zona Ikan - All Rights Reserved
Template Customized by Ardianto Yuli
Proudly powered by Tawon19