4 Cara Budidaya Ikan Black Molly Bagi Pemula

0
324

4 Cara Budidaya Ikan Black Molly Bagi Pemula

Bagi Anda para pecinta ikan hias tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis ikan hias air tawar ini, yaitu ikan hias molly. Ada banyak sekali jenis ikan hias molly, salah satunya yang paling banyak diminati adalah ikan hias black molly.

Jenis ikan hias yang satu ini sedang populer dan menjadi primadona ikan hias. Bahkan ikan hias black molly ini juga sangat laris di pasaran.
4 Cara Budidaya Ikan Black Molly Bagi Pemula

Ikan hias molly mempuyai nama ilmiah Mollinesia sphenops yang merupakan salah satu jenis ikan hias tawar yang memiliki tubuh lumayan kecil dengan panjang paling maksimal 12 cm. Jenis ikan hias ini memiliki sifat omnivora atau pemakan segala.

Ikan hias ini juga mempunyai daya tahan tubuh yang bisa dibilang sangat kuat dan dapat beradpatasi dengan cepat. Sedangkan untuk tempat hidupnya pun bisa dimana saja entah itu di kolam ataupun akuarium.

Ciri fisik yang terlihat paling mencolok dari ikan hias black molly ini adalah warna hitam pada bagian tubuhnya. Dengan sifatnya itulah maka ikan hias black molly ini tidak hanya terlihat indah dan imut saja, tetapi juga sangat mudah untuk dipelihara. Karena banyak sekali penggemar ikan hias black molly, kini ikan hias ini sudah mulai banyak dibudidayakan.

Cara Budidaya Ikan Black Molly

Memelihara ikan hias bukan hanya sekedar hobi semata, tetapi banyak juga yang menjadikan ikan hias black molly ini sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini karena keuntungan yang besar bisa didapatkan dengan sangat mudah.

Bagi Anda yang kini sedang ingin membudidayakan ikan black molly ini sebenarnya caranya cukup mudah. Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini kami akan memberikan langkah-langkah dalam membudidayakan ikan black molly yang bisa Anda ikuti dengan mudah.

  1. Media untuk Budidaya Ikan Black Molly

Sebelum membudidaykan ikan molly, Anda harus menentukan terlebih dahulu media yang digunakan untuk budidaya dan lokasinya. Penting untuk memperhatian lokasinya terlebih dahulu.

Lokasi yang tepat dalam membudidayakan ikan black molly adalah di luar ruangan atau bisa juga di dalam ruangan yang menurut Anda bisa Anda pantau nantinya supaya memudahkan Anda dalam perawatannya.

Berikut ini adalah media yang dapat digunakan:

  • Anda bisa menggunakan sebuah kolam berukuran kecil atau sedang jika Anda ingin membudidayakan ikan black molly dalam jumlah banyak. Maka dari itu, Anda juga perlu menyiapkan kolam ikan dengan sanitasi air yang baik serta mudah dikontrol.
  • Media yang kedua adalah akurium. Akuarium sebagai tempat budidaya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan selera.
  • Ikan black molly merupakan ikan hias yang sangat indah sehingga bisa Anda letakkan sebagai penghias ruangan atau bisa juga dengan membudidayakannya di berbagai tempat seperti akuarium dengan berbagai bentuk, hingga gelas atau bahkan mug kaca yang memiliki ukuran besar.
  • Jika memang Anda tidak mempunyai wadah sebagai tempat budidaya, maka Anda bisa meletakkanya di dalam toples yang memiliki ukuran besar seperti toples biscuit atau toples kerupuk.
  1. Benih Ikan Black Molly

Untuk mendapatkan benih ikan black molly bisa dilakukan dengan proses pemijaha. Pertama, Anda harus memilih indukan dengan kualitas terbaik. Perlu diketahui bahwa ikan ini merupakan jenis ikan hias yang berkembangbiak dengan cara melahirkan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pemilihan induk dan pemijahan untuk bisa mendapatkan benih ikan black molly yang berkualitas:

  • Jangan memilih indukan yang memiliki warna hitam kusam, pilih indukan yang memiliki warna hitam arang dengan umur 6 bulan lebih.
  • Ukuran indukan yang baik adalah 3 cm untuk jantan, sedangkan betinanya 5 cm.
  • Ciri indukan jantan dengan betina. Ikan black molly jantan memiliki benjolan berupa gonopodium pada belakan sirip perut dengan tubuh ramping dan warnanya cerah. Sedangkan betina tidak mempunyai tonjolan dan mempunyai postur yang lebih gemuk dan bulat.
  • Jika Anda sudah memili indukan molly yang tepat, proses pemijahan sudah bisa dilakukan. Dalam proses ini Anda dapat menggunakan media khusus sebelum akhirnya dilakukan pemindahan.
  • Anda bisa menggunakan akuarium atau bisa juga ember besr, kadar pH air harus berukuran 7 sampai 12 dengan suhu sekitar 25 sampai 27 derajat celcius.
  • Masukkan indukan black molly dengan jumlah sekitar 100 sampai 200 ekor dan untuk perbandingan ikan hias jantan dengan betina dalah 1 : 3. Tunggu selama satu minggu sampai benih ikan mulai memenuhi media pemijahan.

  1. Pemindahan Benih Ikan Black Molly

Pemindahan benih ikan black molly ike dalam media pembudidayaan yang sudah disiapkan sebelumnya sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena sifatnya yang kanibal sehingga bisa memakan anaknya sendiri. Berikut ini adalah langkah selanjutnya:

  • Gunakan jaring ikan yang memiliki ukuran kecil untuk menangkap benih ikan dan kemudian dipindahkan ke dalam sebuah wadah.
  • Masukkan semua benih ikan black molly. Jika sudah terkumpul maka Anda bisa langsung masukkan benih tersebut ke dalam media budidaya.
  • Untuk induknnya bisa juga dipindahkan ke media pembudidayaan lainnya, Anda pun bisa melakukan pemijahan lagi ketika sudah beberapa bulan.
  1. Perawatan Ikan Black Molly

Langkah berikutnya supaya ikan black molly bisa tetap sehat dan mampu bertahan lama adalah dengan melakukan perawatan. Dalam perawatannya Anda tidak perlu bersusah payah ataupun mengeluarkan biaya yang mahal, cukup dengan memberikan ikan balck molly maka secara rutin serta menjaga kebersihan media budidaya.

Untuk lebih jelasnya, mari simak caranya berikut ini:

  • Ketika proses pemindahan sudah selesai, biarkan benih ikan black molly sampai berumur 5 hari. Setelah itu, Anda baru bisa memberikan benih tersebut makan, makananya bisa berupa kutu air yang sudah disaring terlebih dahulu.
  • Dalam waktu 5 hari ini benih ikan black molly akan memperoleh nutrisi cadangan makanan berupa sisa nutrisi yang telah melekat di bagian tubuhnya yang berupa kantung kuning telur.
  • Baru setelah 5 hari ini bisa disebut dengan bibit.
  • Setelah bibit memiliki ukuran 2 sampai 3 cm, maka Anda sudah bisa memberikannya pakan ikan yang memiliki nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, kalori, lemak, vitamin, dan mineral.
  • Perawatan berikutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan air di dalam kolam, disini Anda harus membersihkannya secara rutin.
  • Kebersihan memang sangat penting karena dapat menjaga ikan black molly Anda dari berbagai macam jenis penyakit.

Diatas adalah cara budidaya ikan black molly bagi pemula yang  bisa dibilang sangat praktis dan mudah untuk dilakukan. Semoga informasi yang telah kami sampaikan kali ini dapat menambah wawasan Anda semua khususnya bagi Anda yang sekarang ini sedang ingin membudidayakan ikan black molly sehingga informasi ini bisa dijadikan sebagai referensi. Terima kasih sudah berkunjung! 4 Cara Budidaya Ikan Black Molly Bagi Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here