6 Cara Merawat Ikan Cupang

0
417

6 Cara Merawat Ikan Cupang

6 Cara Merawat Ikan Cupang

6 Cara Merawat Ikan Cupang – Ikan cupang merupakan ikan petarung yang sangat populer karena keagresivitasnya, selain itu ikan cupang juga mempunyai warna warni yang cantik dan exsotis. Ada 3 golongan ikan cupang, yaitu cupang aduan, cupang hias, dan cupang liar.

Perawatan ikan cupang tergolong cukup mudah, dan biaya pemeliharaanya pun juga relatif murah .

Supaya ikan cupang mempunyai umur yang lebih lama, ada bisa menyimak cara merawatnya di bawah ini.

 

  1. Memilih Ukuran Wadah yang Pas

 Umumnya Ikan cupang bisa hidup di dalam akuarium berukuran apa saja, namun akan lebih baik jika dipelihara dalam wadah kecil.Anda dapat menggunakan akuarium berdiameter 20 x 15 x 15 cm.Supaya tampak lebih berwarna anda dapat menambahkan batu-batu kecil dan tanaman palsu.

2.   Air untuk Ikan Cupang

 

Karena habitat asli ikan cupang ini adalah sawah dan rawa-rawa maka sangat lebih baik menggunakan air tawar dari sumur, namun apabila tidak ada air sumur anda dapat menggunakan air PAM saja, caranya yaitu sebelum ikan dimasukkan didalam akuarium, diamkanlah beberapa saat air PAM yang ada di akuarium tersebut.

Hindari juga pemakaian kloramin dan klorin karena berbahaya bagi ikan cupang.

3.   Cara Memasukkan Ikan Cupang pada Wadah Baru

Sebelum mengganti air tempat ikan cupang, pindahkanlah terlebih dahulu ikan cupang tersebut ke dalam wadah penyimpanan sementara. Dalam mengganti air pun jangan dilakukan langsung atau secara drastis, lebih baik campur air lama dengan yang baru, hal ini akan mempermudah ikan cupang dalam beradaptasi dengan air tersebut. Karena sirip ikan cupang ini halus hindarilah penggunaan jaring ikan supaya siripnya tidak rusak.

 

4. Membersihkan Akuarium Ikan Cupang

 

Merawat ikan cupang agar tidak gampang mati adalah dengan rajin membersihkan akuarium ikan dari lender-lendir dan kotoran yang menempel.

Hindari juga membersihkan akuarium ikan dengan menggunakan sabun atau detergen, karena dapat menyebabkan ikan keracunan dan mati. Cukup dilap saja menggunakan spons hingga bersih.

Apabila menggunakan batu atau aksesoris lainnya, bersihkan juga semuanya. Setelah semua bersih silahkan isi kembali dengan air lalu tunggu beberapa saat agar airnya sesuai dengan suhu ruangan. Setelah itu, ikan cupang bisa dimasukkan kembali ke dalam akuarium.

Usahakan minimal 3 hari sekali gantilah airnya, selain itu apabila anda menginginkan air ikan cupang selalu bersih dan jernih anda  bisa mengganti air nya dua hari sekali bahkan setiap hari. Konon ikan cupang akan semakin jauh lebih baik pertumbuhannya jika kita rajin mengganti airnya setiap hari.

5. Menjemur Ikan Cupang

Supaya warna ikan cupang semakin bagus anda harus rajin merawatnya, yaitu dengan cara rutin menjemurnya.

Menjemur ikan cupang ini bertujuan supaya ikan lebih fresh sekaligus membunuh bakteri dan jamur yang ada di kulit dan wadah atau akuariumnya.

Lakukanlah penjemuran sesekali saja, misal 1 minggu sekali atau bisa dilakukan sesuai keinginan, ada pengecualian yaitu untuk ikan cupang berwarna hitam dominan.

Waktu yang baik untuk penjemuran yaitu pada pukul 8 hingga 10 pagi, jemurlah selam 15 sampai 30 menit saja. Jika ikan cupang terlihat panik saat dijemur, maka segeralah memindahkanya ke tempat yang lebih teduh hingga ia merasa nyaman kembali.

 

  1. Makanan untuk Ikan Cupang

 

Selain beberapa hal yang sudah tersebut di atas, cara untuk merawat ikan cupang supaya cantik adalah memperhatikan jenis makanannya.

Makanan yang baik untuk ikan cupang adalah:

  • Kutu Air

Memberi makan ikan cupang menggunakan kutu air dapat membuat warna ikan menjadi cerah dan badannya tidak buncit.

  • Udang

 

Pemberian udang untuk pakan ikan cupang dapat dipercaya membuat warna ikan cupang jadi lebih cerah dan tajam.

Udang yang umum digunakan yaitu udang kering atau menggunakan udang hidup kecil.

  • Daun Katapang

Daun Ketapang merupakan vitamin agar ikan cupang menjadi lebih segar.

Demikianlah tips singkat cara merawat iakan cupang, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih.

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here