6 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara

0
60
Ikan Arwana

6 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara

6 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara

6 Jenis Ikan Hias Populer yang Mudah Dipelihara – Memelihara ikan hias dalam akuarium merupakan hobi tersendiri bagi sebagian orang, disamping untuk keindahan ruangan rumah juga untuk penghilang stress.

 

Sebelum memilih ikan hias yang akan dipelihara, alangkah baiknya anda mengetahui ikan apa saja yang popular di Indonesia.

 

Berikut ini adalah 6 jenis ikan hias populer yang mudah dipelihara.

 

  1. Ikan Arwana

 

Ikan arwana mempunyai banyak nama, seperti ikan naga, ikan payang, siluk, silok, kalikasa, kalasa dan khayangan. Ikan ini memiliki tubuh yang besar dengan sisik yang mengkilat.

Ikan arwana merupakan ikan yang sangat digemari oleh pecinta ikan hias akuarium, karena merupakan salah satu ikan hias tecantik.

Warna yang sangat populer dan sering diburu oleh penggemarnya yaitu ikan arwana super red, ikan arwana silver, dan ikan arwana golden red. Sedangkan untuk harga ikan arwana sangat bervariasi tergantung jenis, ukuran dan warnanya.

Untuk harga yang paling murah yaitu kisaran Rp 50.000, ada juga jenis arwana yang mempunyai harga mahal yang berharga jutaan rupiah per ekornya.

  1. Ikan Koi

Ikan koi mempunyai tubuh bulat memanjang seperti torpedo, ikan ini masih satu kerabaat dengan jenis ikan mas termasuk ikan maskoki.

Ikan koi tidak dapat menyimpan kelebihan makanan dalam tubuhnya dalam bentuk lemak, oleh sebab itu anda harus memberi makan ikan koi ini sedikit-sedikit tapi sering.

Pada umumnya ikan koi memiliki warna sangat beragam, baik hitam, merah, putih, kuning, keemas an dan perak. Untuk harganya sangat bervariatif mulai dari puluhan hingga jutaan rupiah.

  1. Ikan Louhan

 

Ciri khas dari ikan ini adalah memiliki kepala yang benjol dan juga warnanya yang cantik. Seringkali ikan louhan disebut juga sebagai ikan jenong.

 

Semakin ikan lohan ini mempunyai jenong yang besar maka semakin tinggi pula harga jualnya. Jenis ikan louhan yang umum dipelihara yaitu ikan louhan bonsai, ikan louhan srd, ikan louhan cencu, dan ikan louhan kamfa.

 

Untuk Ikan lohan dewasa dipatok harga cukup mahal, hingga jutaan rupiah, tapi kalao yang masih anakan harganya relative terjangkau.

 

 

  1. Ikan Diskus

 

Ikan diskus merupakan ikan yang mempunyai karakteristik damai dan tenang,

dengan tubuh pipih bulat dan warna yang sangat beragam.

Selain popular, alasan banyak orang memelihara ikan ini yaitu karena ikan ini sangat cantik dan bisa dicampur dengan ikan lainya dalam satu akuarium.

 

  1. Ikan Komet

 

Ikan ini mirip dengan ikan mas maupun ikan maskoki. Ikan ini biasa disebut ikan slayer karena bentuk sirip dan ekornya seperti slayer. Warna ikan komet juga sangat cantik dan berwarna- warni. Untuk harganyapun relative murah, yaitu dari ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

  1. Ikan Guppy

 

Ikan guppy banyak diminati oleh pecinta ikan hias dikarenakan keindahan pada warna dan bentuk siripnya.

Ikan yang satu ini sangat cocok sebagai penghuni aquascape maupun akuarium kecil, dan juga bisa hidup di akuarium dengan oksigen yang minim.

Untuk Ikan guppy jantan dapat tumbuh mencapai ukuran sekitar 2,3 cm sampai 5 cm, sedangkan untuk yang betina bisa tumbuh lebih besar lagi yaitu bisa mencapai 4 cm sampai 6 cm.

Jenis ikan guppy yang popular di Indonesia yaitu ikan guppy dragon, ikan guppy koi dan ikan guppy cobra. Untuk harga kisaran 35 ribu hingga 45 ribu rupiah.

Demikian sedikit refrensi mengenai ikan hias popular di Indonesia yang mudah dipelihara, semoga bermanfaat. Terimakasih

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here