7 Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus

1
286
Kumpay Koi

7 Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus

7 Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus

7 Cara Memilih Ikan Koi yang Bagus – Pemilihin ikan koi yang bagus dan bermutu masih menjadi masalah bagi sebagian pembudidaya maupun pecinta ikan koi pemula. Ikan koi yang unggulan atau super memiliki chiri-ciri yang tidak dimiliki oleh ikan koi rata-rata.

Dari segi harga pun ikan koi unggulan dan biasa ini sangat berbeda jauh sekali, dengan ukuran sama ikan koi super atau unggulan bisa dijual mencapai jutaan rupiah sedangkan yang biasa hanya berkisar puluhan ribu saja per ekornya.

Nah, supaya kita dapat maksimal dalam memilih ikan koi unggulan untuk kita rawat kedepanya, maka dibawah ini kami akan memberikan 7 cara memilih ikan koi yang bagus.

  1. Bentuk Ikan Koi

Idealnya tubuh ikan koi memiliki panjang dan tinggi kira-kira 1:2 atau 1:3, pilihlah ikan koi yang punggungnya lurus alias tidak mlengkung apabila dilihat dari atas, serta badan yang bulat memanjang dan tidak terlalu gemuk.

  1. Tubuh Koi Proporsional

Bentuk dari kepala koi, termasuk mata, mulut dan insang harus serasi atau proporsional, jangan sampai memilih hidung koi yang terlalu kedepan atau terlalu masuk kedalam sehingga bagiabn depan ikan koi seperti tertimbun daging. Perhatikan juga apabila hidung si ikan terlalu lebar, bisa jadi si ikan pernah mengalami sakit atau inveksi pada insangnya.

  1. Gaya Renang Ikan Koi

Ikan koi yang bagus memiliki gaya renang yang seimbang, karena kedua siripnya yaitu sirip kanan dan sirip kiri serasi atau sama besar. Serta pilihlah ikan koi yang mempunyai jitai yang bagus yaitu garis tubuh yang seimbang.

Untuk semua sirip-sirip ikan koi ini pilihlah yang semuanya seimbang sama besar serta serasi, untuk sirip punggung usahakanlah memilih yang lurus keatan, tidak jatuh baik kekanan maupun kekiri.

  1. Pemilihan Warna Ikan Koi

Pemilihan warna ikan koi harus yang cerah dan kontras, yaitu batas antara warna satu dan yang lainya harus jelas. Sebagai contoh ialah apa bila corak warna koi merah, maka harus merah jelas tidak boleh merah kekuningan, begitu pula dengan putih salju harus tampak jelas toidak tercampur.

  1. Kesehatan dan Gerakan Ikan Koi

Memilih ikan koi yang sehat sangatlah penting, hal ini bisa kita lihat dari pergerakan si ikan yang terlihat aktif, jangan sampai memilih ikan koi yang lemas, lesu, yang berenangnya tidak seimbang, serta banyak diam diri di dasar air. Kemungkinan lain ikan koi tidak terlalu sehat ialah pergerakan insang yang terlalu cepat, ini menandakan si ikan kesulitan bernafas.

  1. Pilih Indukan atau Garis Keturunan Koi yang Jelas

Ada hal yang paling penting dalam memilih ikan koi, yang pertama yaitu memilih bibitan koi dari garis keturunan yang jelas. Yang kedua yaitu memilih ikan koi dari breeder yang terbukti bagus dan terpercya.

  1. Jika Membeli Ikan Koi Anakan pilihlah Bibit yang Bagus

Kejelian dalam pemilihan bibit sangat menentukan sekali. Pemilihan ikan koi berkualitas untuk peliharaan sangat berbeda sekali dengan koi yang dipelihara sebagai ikan hias asal punya saja. Bukan hanya memilih keindahan warna pada koi yang kita sukai saja, akan tetapi ini lebih kompleks lagi yaitu mengutamakan dasar penilaian peliharaan ikan hias koi.

Demikian 7 cara tentang bagaimana memilih ikan koi yang bagus, semoga artikel di atas bermanfaat. Terimakasih

 

 

 

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here