7 Jenis Ikan Lemon dan Cara Merawatnya

0
1120
Ikan Lemon Electric-Yellow-Cichild-Akuarium

Ikan lemon adalah ikan hias yang berasal dari perairan benua Afrika yang tepatnya berada di pantai baratnya. Jenis ikan lemon pun memiliki berbagai nama. Ikan hias ini memang masih asing terdengar di Indonesia. Namun untuk anda yang pecinta ikan hias tentu ingin memeliharanya kan agar koleksi ikan hias anda semakin lengkap.

Meskipun ikan ini namanya Ikan Lemon namun di badannya terdapat variasi corak yang berbeda beda. Jadi tidak full seperti lemon yang identik dengan warna kuning cerahnya. Selain itu anda juga akan menemukan nama nama lain di toko ikan hias jika menjumpai ikan ini.

Ikan lemon termasuk ikan hias yang lincah dan juga agresif serta memiliki corak warna yang cerah sehingga membuat tampilan aquarium anda akan semakin indah dan betah di pandang.

Di masyarakat umum nama ikan lemon ini biasanya di sebut dengan nama Ikan Leleupi, Orange Leleupi Cichild, Gold Leleupi Cichild, Gold Leleupi dan masih banyak yg lainnya. Ikan yang berasal dari perairan benua Afrika ini sudah menyebar di berbagai negara dan menjadi pilihan bagi pecinta ikan hias untuk koleksi aquariumnya.

Ternyata Ikan Lemon memiliki beberapa jenis yang akan kami bahas selengkapnya di bawah ini. Simak sampai habis ya ulasan ini.

Perlu kalian ketahui untuk harga ikan lemon ini mulai dari 2.500 sampai 30.000 per ekornya. Harganya tergantung dengan jenis dan ukuran.

7 Jenis Ikan Lemon

Di bawah ini adalah jenis jenis ikan lemon yang kami rangkum selengkapnya untuk menambah wawasan anda lengkap dengan foto fotonya.

Blue Morii

Ikan hias ini juga sering disebut dengan nama Ikan Lemon Biru. Untuk mengenalinya anda bisa melihat dari bentuk fisiknya. Tanda itu terletak pada wajahnya yang jenong seperti ikan Louhan.

Foto ikan Lemon Blue Morri bisa anda lihat di bawah ini :

Nama ilmiah: Cyrtocara moorii
Klasifikasi lebih tinggi: Cyrtocara
Ordo: Cichliformes
Tingkatan takson: Spesies

Cyrtocara moorii, ikan ini juga di kenal dengan istilah ikan punuk-kepala. Spesial haplochromine cichlid endemik yang berasal dari Danau Malawi di Afrika Timur ini suka dengan daerah yang substrat berpasir.

Ukuran ikan lemon Blue Morii ini mempunyai panjang hingga 20 cm. Suhu perairan 23,8 Celsius sampai 25,5 Celsius akan membuat ikan ini hidup dengan baik.

Livingstoni Cichild

Ikan jenis ini berasal dari Malawi yang merupakan wilayah di Afrika. Sebutan ikan ini oleh masyarakat lokal disana ialah Kalingono. Kemampuan yang spesial di miliki ikan Livingstoni Cichild ini ialah dapat menyerupai lingkungannya alias bisa mimikri layaknya Bunglon.

Spesies ikan ini termasuk dalam golongan klasifikasi :

Nama ilmiah: Nimbochromis livingstonii
Klasifikasi lebih tinggi: Nimbochromis
Ordo: Cichliformes
Tingkatan takson: Spesies

Warna dominan dari Ikan Lemon Livingstoni Cichild lebih di dominasi warna putih dengan corak biru atau hitam di bagian tubuhnya.

Sementara itu di bagian sirip terdapat warna Orange, warna serupa garis bintik putih dan juga ada warna biru. Keren kan.

Electric Yellow Cichild

Ikan ini memiliki tubuh dominan warna kuning. Sedangkan untuk bagian sirip nya ialah warna dominan hitam dengan model horizontal atau mendatar.

Spesies ikan ini termasuk dalam golongan klasifikasi :

Nama ilmiah: Labidochromis caeruleus
Klasifikasi lebih tinggi: Labidochromis
Ordo: Cichliformes

Nah jenis ikan Electric Yellow Cichild inilah yang paling banyak penggemar dan peminat nya di Indonesia.

Warna yang cerah di kulitnya membuat siapapun yang melihatnya akan gembira karena keindahannya.

Red Empress

Jenis ikan lemon selanjutnya yang banyak di temukan di Indonesia ialah jenis Red Empress ini. Tubuh Ikan ini memiliki warna yang cantik. Nama lain ikan ini ialah spindel hap.

Spesies ikan ini termasuk dalam golongan klasifikasi :

Nama ilmiah: Protomelas taeniolatus
Klasifikasi lebih tinggi: Protomelas
Ordo: Cichliformes
Tingkatan takson: Spesies

Ikan ini memiliki warna seperti pelangi karena pada tubuhnya bukan hanya ada 1-2 warna saja namun ada beberapa warna yang semakin cantik.

oleh karena itu ikan ini juga disebut dengan nama ikan rainbow atau pelangi oleh masyarakat pecinta ikan hias.

Venustus

Jenis Venustus ini mempunyai ciri ciri fisik berwarna kuning kehijauan pada tubuhnya. Selain itu di fisik tubuh ikan ini juga terdapat warna biru yang ada di bagian kepalanya untuk yang jenis jantan saja khususnya. Panjang ikan jenis ini bisa sampai 20-30 cm.

Nimbochromis venustus, biasa disebut venustus hap atau jerapah hap, adalah endemid cichlid Haplochromine untuk Danau Malawi di Afrika. Ia lebih menyukai daerah danau yang lebih dalam untuk berburu cichlid remaja yang lebih kecil dengan teknik berburu khusus.

Nama ilmiah: Nimbochromis venustus
Klasifikasi lebih tinggi: Nimbochromis
Ordo: Cichliformes
Tingkatan takson: Spesies

Trewavas Red Finned Cichild

Untuk jenis ini termasuk ikan hias lemon biru namun di tubuh dan ekorya memiliki kombinasi warna garis garis hitam. Panjang ikan jenis Trewavas Red Finned Cichild ini bisa sampai 11,7 cm.

Spesies ikan ini termasuk dalam golongan klasifikasi :

Nama ilmiah: Labeotropheus trewavasae
Klasifikasi lebih tinggi: Labeotropheus
Ordo: Cichliformes
Tingkatan takson: Spesies

Malawi Eye Biter

Jenis Malawi Eye Biter ini merupakan ikan lemon predator alias agresif sehingga anda harus berhati-hati ketika ingin memeliharanya. Ciri ciri fisik ukuran ikan lemon Malawi Eye Biter ini bisa sampai 23 cm.

Mulut ikan ini memiliki ukuran yang lebar yaitu berukuran hampir sepertiga tubuhnya.

Spesies ikan ini termasuk dalam golongan klasifikasi :
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Cichliformes
Family: Cichlidae
Genus: Dimidiochromis
Species: D. compressiceps

Sumber dari : Wikipedia

Cara merawat ikan lemon

Ikan lemon asal Afrika ini memang cantik dan indah untuk melengkapi koleksi ikan hias anda di rumah. Nah untuk memelihara ikan hias ini dengan benar Anda bisa simak di bawah ini panduan bagaimana cara cara merawat ikan lemon selengkapnya dibawah ini.

Pastikan Ukuran Akuarium Yang Sesuai

Akuarium merupakan tempat yang sangat penting untuk keberlangsungan kehidupan Ikan hias lemon ini agar sehat dan tidak mati. Pastikan ukuran akuarium sesuai dengan ikan hias yang anda pelihara.

Anda harus memperhatikan ikan hias apa yang di pelihara dan tentunya memastikan panjang ukuran tubuh ikan agar nyaman bermain main di akuarium.

Ikan hias lemon asal Afrika ini pada umumnya mempunyai panjang tubuh di angka 13 cm. Jadi pastikan memilih akuarium yang sesuai.

Perlu anda ketahui bahwa ikan lemon merupakan ikan hias yang rakus. Ikan lemon akan memakan semua makanan yang di masukkan ke dalam akuarium.

Periksa Suhu Akuarium

Kunci agar ikan lemon ini hidup dengan baik dan sehat hal yang perlu di perhatikan ialah rutin mengecek kondisi suhu di akuarium. Pastikan suhu di akuarium seperti di habitat asli mereka yaitu di angka 24-28 derajat Celcius.

Termometer sangat di perlukan untuk rutin mengecek kondisi suhu pada akuarium, jangan sampai lupa ya.

Sediakan Tempat Sembunyi

Karakteristik ikan yang ingin di pelihara penting untuk anda ketahui agar bisa membuatnya sehat dan hidup dengan baik. Nah untuk ikan hias air tawar ini memiliki karakteristik yang suka bersembunyi.

Anda bisa menggunakan bahan bahan yang sederhana dan mudah. Contohnya seperti paralon bekas yang sudah tidak terpakai. Hiasan akuarium yang dijual di toko toko akuarium dan bebatuan untuk tempat bersembunyi.

Jangan lupa cuci dengan bersih dulu benda benda yang di gunakan untuk tempat persembunyian itu ya.

Berikan Pakan Yang Bagus

Untuk makanan ikan lemon ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup sang ikan. Jika sampai salah memberikan pakan bisa membuat ikan mati.

Untuk pakan ikan lemon yang bagus rekomendasi kami ialah dengan cacing sutera, kutu air dan udang air asin.

Jika mencari pakan alami di atas susah anda bisa memberikan pakan jadi atau biasanya disebut pelet. Namun anda harus memilih pakan pelet dengan kualitas yang bagus agar kesehatan dan kualitas warna di tubuh ikan tetap optimal dan menyehatkan.

Cek Kondisi Kadar Asam di Akuarium

Alat yang tepat juga harus di sediakan untuk memastikan kondisi kadar asam di akuarium.

Kertas lakmus bisa anda gunakan untuk mengecek kondisi kadar asam di akuarium. Kertas lakmus ini bisa anda dapatkan di apotek. Kadar asam yang ideal untuk ikan ini ialah pH 6,9 sampai 7.

Tips untuk memperoleh air dengan kadar asam yang sesuai ialah dengan mendiamkannya dulu hingga 24 jam sebelum anda masukkan ke Akuarium.

Kandungan mineral dalam jumlah yang banyak di butuhkan oleh ikan hias lincah ini.

Baca Juga : 9 Cara Merawat Ikan Lemon Cichlid Agar Tetap Sehat

Demikian ulasan kami tentang jenis ikan lemon dan cara merawatnya. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara ikan hias ini ya. Jika artikel ini bermanfaat jangan ragu untuk di bagikan ke teman teman sesama pecinta ikan hias juga ya. Terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here