7 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Bisa Menjadi Koleksi Anda

0
34
Ikan Sapu Sapu Violet Red Bruno

7 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias yang Bisa Menjadi Koleksi Anda – Ikan sapu-sapu adalah hewan omnivora oportunistik, yang dapat memakan alga, tanaman, invertebrate, dan ikan kecil.

Dalam Bahasa Inggris ikan ini sering disebut sebagai janitor fish karena kemampuan mereka dalam membersihkan akuarium dari ganggang dan kotoran yang menempel di dinding tangki.

Mulutnya berada di bagian bawah kepala, berbentuk seperti cangkir hisap, sehingga memudahkan ikan sapu-sapu untuk menghisap dan memakan alga atau ganggang yang menempel di permukaan halus dan kasar.

Pada beberapa jenis seperti spesies Hypostomus plecostomus, rancangan mulut dengan gigi yang runcing dapat mencubit dan membuat lubang pada kantong plastik.

Ikan sapu sapu ini merupakan ikan sejenis catfish atau ikan lele yang mempunyai kumis panjang di daerah mulutnya.

Ikan sapu sapu ini juga termasuk dalam jenis ikan air tawar, ikan sapu sapu ini sangat terkenal di kalangan para penghobi ikan hias sebagai ikan yang membersihkan aquarium.

Ikan ini mempunyai keunikan dalam mulutnya yang berada di bawah kepalanya yang membuat ikan sapu sapu ini seperti vakum cleaner yang menyedot kotoran di aquarium.

Kali ini hewan air info akan menjelaskan ikan sapu sapu ini secara lengkap jadi untuk kamu yang ingin tahu tentang ikan sapu sapu ini bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Ikan Sapu Sapu

Ikan sapu sapu ini mempunyai 150 jenis spesies. mulai dari yang kecil hingga besar dan ikan sapu sapu agresif dan tidak agresif.

Sementara banyak pemelihara ikan pemula berpikir bahwa Ikan sapu sapu umum merujuk pada keluarga Loricariidae sebenarnya mengacu pada anggota keluarga tertentu Hypostomus plecostomus. Ikan sapu sapu terkenal di dunia dengan nama plescostomus atau plesco.

Ikan sapu sapu yang umum adalah ikan jenis catfish air tawar paling populer di kalangan penggemar pemeliharaan ikan.

ikan sapu sapu ini ditemukan di aliran air tawar dan sungai di Amerika Selatan, dapat tumbuh hingga 24 inci panjangnya dan memiliki umur 10-15 tahun. Ikan sapu sapu nama latinnya adalah Pterygoplichthys.

Ciri ciri ikan sapu sapu pertama yang perlu diketahui tentang ikan ini adalah bahwa ikan sapu sapu ini adalah hewan nocturnal atau aktif di malam hari.

Ini berarti pada siang hari kamu tidak akan melihat banyak aktivitas. Pada siang hari, mereka dapat terlihat malu-malu dan kamu mungkin akan menemukan mereka bersembunyi di antara tanaman dan gua apa pun di dalam aksesoris di dalam aquarium.

Ketika mereka aktif, kamu akan melihat bahwa mereka adalah ikan yang tinggal di dasar dan akan bergerak perlahan di lantai akuarium.

Sementara bergerak perlahan melintasi lantai, mereka melakukan pekerjaan luar biasa membersihkan ganggang di dalam tangki.

Penting untuk dicatat di sini bahwa meskipun mereka akan makan ganggang, makanan mereka tidak harus tentang alga dan lumut saja.

Banyak toko hewan peliharaan mengiklankan mereka sebagai pemakan alga yang berbahaya karena mereka omnivora dan membutuhkan nutrisi lain.

Makanan ikan sapu sapu ini adalah alga, sayuran, dan sisa-sisa makanan yang jatuh ke dasar aquarium.

Untuk fungsi mulut dari ikan sapu sapu ini biasanya untuk mencari makan seperti alga atau lumut dan menempelkan diri pada gelas atau batu di dalam akuarium.

Adapun mitos ikan sapu sapu yang ada yaitu ikan ini mempunyai banyak sekali kotoran karena ikan sapu sapu ini hidup di area berlumpur dan mulutnya yang sering dibilang memakan kotoran karena dianggap sebagai pembersih aquarium.

Ikan Sapu Sapu Hias

Anda pasti menyangka ikan sapu sapu ini hanya menjadi pembersih aquarium, namun sebenarnya ikan sapu sapu ini mempunyai jenis ikan hias loh. Jadi simak artikel ini baik-baik.

Ikan Sapu Sapu Albino

Ikan Sapu Sapu Albino

Jenis ikan sapu sapu hias pertama adalah ikan sapu sapu albino. Ikan sapu sapu albino ini mempunyai ciri ciri warna yang putih kekuningan dan juga mempunyai warna mata yang merah. Ikan sapu sapu albino ini sangat sulit ditemukan jadi harga dari ikan albino ini lumayan mahal.

Untuk harga ikan sapu sapu albino ini untuk yang berukuran kecil harganya berkisar Rp. 5000, dan untuk yang besar atau berukuran 20 cm harganya berkisar Rp. 20.000.

Ikan Sapu Sapu Sterbai Corydoras

Ikan Sapu Sapu Sterbai Corydoras

Ikan sapu sapu hias jenis selanjutnya adalah ikan sapu sapu mempunyai harga yang sangat mahal namun ukuran dari ikan sapu sapu ini kecil yaitu 10 cm.

Ciri ciri ikan sapu sapu sterbai corydoras ini adalah mempunyai warna dasar yaitu hitam dengan corak bintik-bintik berwarna kuning.

Adapun harga dari ikan sapu sapu ini yaitu berkisar Rp. 20.000 untuk yang berukuran 4 cm dan Rp. 60.000 untuk ikan sapu sapu jenis ini yang berukuran 10 cm.

Ikan Sapu Sapu Synodontis

Ikan Sapu Sapu Synodontis

Ikan sapu sapu ini mempunyai sirip yang panjang dan juga mempunyai corak warna hitam polkadot yang juga sangat khas lalu warna dasar silver hitam.

Menurut hewan air info ikan sapu sapu hias jenis ini mempunyai bentuk yang paling bagus karena dengan warna hitam dan sirip yang lebar ini membuat ikan sapu sapu ini sangat unik.

Untuk harga dari ikan sapu sapu synodontis ini sangat terjangkau yaitu sekitar Rp. 10.000 untuk yang berukuran kecil dan untuk ikan sapu sapu jenis ini yang berukuran besar yaitu Rp. 30.000.

Ikan Sapu Sapu Violet Red Bruno

Ikan Sapu Sapu Violet Red Bruno

Ikan sapu sapu violet red bruno ini mudah ditemui di sungai amazon. Ciri ciri yang unik dari ikan sapu sapu ini adalah pupilnya yang berwarna kebiruan, dan warna pada tubuh ikan sapu sapu violet red bruno ini adalah violet dan ungu. Pada bagian siripnya warna dari ikan sapu sapu ini akan makin terang dengan adanya corak berwarna hitam.

Ikan Sapu Sapu Xingu Baryancistrus

Ikan Sapu Sapu Xingu Baryancistrus

Ikan sapu sapu hias jenis ini pertama kali ditemukan di brazil tepat di daerah rio xingu. Keunikan ikan sapu sapu hias ini adalah ikan ini mempunyai corak berwarna kuning dengan warna dominan yaitu hitam pekat, panjang tubuh ikan sapu sapu hias ini mencapai 22 cm sampai 24 cm.

Ikan Sapu-Sapu Big Spot Hypostomus

Ikan Sapu Sapu Big Spot Hypostomus

Jenis ikan sapu sapu hias ini mempunyai keunikan yaitu corak tubuh polkadot dengan warna dominan putih yang kekuningan.

Ikan Sapu-Sapu Titanicus Pleco

Ikan Sapu Sapu Titanicus Pleco

Ikan sapu sapu ini mempunyai ukuran yang bisa mencapai 30 cm. Ikan sapu sapu ini juga berasal dari brazil. Ikan ini mempunyai corak yang sangat unik dan warnanya yang seperti bebatuan membuat ikan sapu sapu ini semakin menarik untuk dipelihara.

Ikan Sapu Sapu Terbesar

Ikan sapu sapu terbesar yang pernah ditemui di shaun brown yang letaknya di grand union canal leicester untuk kamu yang belum tahu sebesar apa ikan sapu sapu terbesar tersebut.

Cara Merawat Ikan Sapu Sapu

Walaupun ikan sapu sapu ini terkenal dengan ikan yang membersihkan aquarium dan suka memakan apapun yang ada di aquarium bukan berarti kita harus mengabaikan kesehatan dari ikan sapu sapu ini. Karena kita juga harus merawat ikan sapu sapu juga.

Untuk anda yang memelihara ikan sapu sapu ini sebaiknya kamu harus menyediakan makanan khusus untuk ikan sapu sapu ini yaitu alga.

Anda juga harus sering menjaga kebersihan air aquarium walaupun aquarium anda menggunakan filter dan aerator namun anda juga harus sering menguras aquarium dari ikan sapu sapu anda.

Dengan ikan sapu sapu yang sangat mudah untuk tumbuh menjadi sangat besar maka anda harus mempunyai aquarium yang lebih besar karena jika semakin besar tubuh ikan sapu sapu maka akan menyulitkan pergerakan ikan sapu sapu di dalam aquarium yang kecil.

Ikan sapu sapu ini pada tahun 2014 dianggap ikan invasif oleh pemerintah sehingga ikan sapu sapu dilarang beredar di indonesia, namun karena banyaknya permintaan dari ikan sapu sapu ini juga banyak penjual dan pembudidaya ikan sapu sapu ini di jaman sekarang.

Itulah penjelasan lengkap dari ikan sapu sapu semoga artikel ini bisa memberikan anda informasi tentang ikan sapu sapu ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here