9 Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Waktu yang Tepat Memberi Makan

0
5310

9 Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Waktu yang Tepat Memberi Makan

Ikan hias merupakan salah satu jenis ikan yang banyak dipelihara oleh para pecinta ikan. Para penggemar ikan hias menyukai ikan karena kecantikan yang dimiliki oleh ikan tersebut terutama jika dilihat pada bagian sisiknya. Inilah yang juga membuat harga ikan hias sangat mahal karena semakin cantik dan sangat indah corak yang ada pada bagian sisik ikan itu sendiri.

Ikan hias sendiri dibagi menjadi dua yaitu ikan hias air tawar dan ikan hias air laut. Kebanyakan para penggemar ikan hias lebih memelihara jenis ikan hias air tawar. Hal ini karena jenis ikan air tawar sangat mudah untuk dipelihara seperti mudahnya dalam mengganti  air ikan air tawar.

Saat ini sudah ada banyak sekali ikan hias air tawar yang dapat Anda pelihara sendiri di rumah. Salah satunya adalah ikan hias arwana. Arwana merupakan ikan hias yang memiliki harga sangat mahal jika dibandingkan ikan hias yang lainnya.

Berbagai macam jenis ikan arwana tidak satupun dapat kita beli dengan sedikit uang. Hal ni berarti bahwa memang hampir semua jenis ikan arwana memiliki harga yang sangat mahal dan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun harganya yang sangat fantastis ini tentu sangat sebanding dengan keindahan yang dimilikinya.

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata keindahan ikan arwa bisa pudar jika Anda salah dalam memberikan yang tepat. Maka dari itu, Anda harus benar-benar pintar dalam memilih serta memberikan makan pada ikan arwana Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam memberikan makanan yang tepat bagi ikan arwana peliharaan.

Makanan Ikan Arwana yang Masih Kecil

Makanan yang harus diberikan pada anakan ikan arwana dengan arwana yang dewasa sudah pasti berbeda. Hal ini karena tingkat kebutuhan nutrisi pada anakan ikan arwana dengan yang sudah dewasa memang berbeda. Bukan hanya nutrisi, ukuran makanan yang harus diberikan pun juga berbeda.

Untuk anakan ikan arwana yang masih kecil atau yang biasa disebut dengan burayak sudah pasti harus diberikan makanan secara khusus yang mempunyai ukuran kecil serta lunak seperti kutu air, cacing sutra, cacing darah, artemia, dan lainnya.

Sedangkan makanan yang harus diberikan pada ikan arwana remaja adalah ikan kecil, anakan katak, serangga, dan cacing beku. Untuk jadwal pemberian makanan pada ikan arwana remaja ini sebaiknya diberikan pada waktu:

  • Pagi hari pukul 07.00 sampai 08.00 dengan menu makanan serangga seperti belalang dan jangkrik yang sudah dibuang terlebih dahulu kakinya. Untuk takarannya adalah 2 sampai 3 ekor untuk setiap ikan arwana remaja.
  • Pada siang hari pukul 10.0 sampai 11.00 dengan menu makanan berbeda yaitu anakan katak. Untuk takarannya adalah satu ekor anakan katak untuk setiap ikan arwana remaja.
  • Pada sore hari pukul 16.00 sampai 17.00 dengan menu makanan sama yaitu satu ekor anakan katak untuk setiap ikan arwana remaja.

Hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memberikan pakan pada anakan ikan arwana remaja ini adalah adanya kandungan protein yang ada pada makanan tersebut. Hal ikan karena ikan arwana remaja sangat membutuhkan makanan yang mempunyai kandungan protein cukup tinggi untuk bisa semakin mempercepat pertumbuhan ikan arwana.

Selain itu, menu makanan yang diberikan pada ikan arwana remaja seperti anakan katak tersebut sebenarnya bukan suatu kewajiban. Anda dapat menggantinya dengan makanan yan lainnya seperti udang air tawar, ikan kecil, dan lainnnya.

Makanan Ikan Arwana Dewasa

Makanan ikan arwana dewasa juga pasti berbeda dengan makanan yang diberikan pada anakan ikan arwana. Hal ini karena ikan arwana dewasa sudah tidak membutuhkan makanan yang bisa mempercepat pertumbuhannya.

Makanan yang sangat dibutuhkan olan ikan arwana dewasa yaitu makanan yang bisa membuat serta menjaga kualitas ikan arwana supaya mempunyai warna yang tetap bagus dan berstamina.

Lalu apa saja makanan yang cocok untuk diberikan pada ikan arwana dewasa? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat diberikan pada ikan arwana dewasa.

Cacing Darah Beku

Untuk anakan ikan arwana yang masih kecil, cacing darah beku ini merupakan makanan yan sangat baik. Cacing ini sangat baik untuk ikan arwana yang mempunyai ukuran sekitar 8cm.

Namun jika ikan arwana sudah lebih dewasa, maka Anda bisa mengganti makanan ikan arwana ini dengan makanan yang lainnya. Makanan ini sangat mudah untuk didapatkan. Cacing darah beku bisa Anda temukan dengan mudah di penjual-penjual ikan hias.

Kodok

Kodok juga merupakan makanan yang sangat bagus untuk pertumbuhan ikan arwana. Kandungan lemak serta daging yang dimiliki oleh kodok membuat makanan yang satu ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan arwana.

Tetapi jangan sampai Anda menjadikan kodok sebagai menu atau makanan utama. Sebab, ikan arwana akan berubah warna menjadi pucat jika sering memakan makanan yang satu ini.

Jika Anda ingin memberikan kodok sebagai makanan untuk ikan arwana Anda maka Anda harus selalu memperhatikan ikan Anda tersebut. Sebab, beberapa ikan arwa terkadang tidak suka dengan makanan ini.

Jangkrik

Jangkrik mempunyai kandungan penting yaitu betacarotene. Karena kandungan yang ada pada jangkrik inilah maka makanan ini akan sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan utama bagi ikan hias arwana. Disamping itu, jangkrik juga bisa meningkatkan warna pada ikan hias arwana. Terutama untuk ikan hias arwana jenis super red dan golden red.

Jika Anda ingin memberikan ikan arwana Anda makanan jangkrik ini maka usahakan untuk memilih jangkrik yang masih mudah. Jangan sampai lupa untuk memotong kaki-kaki jangkrik sebelum akhirnya diberikan pada ikan arwana kesayangan. Pemotongan harus dilakukan karena jangkrik memiliki kaki runcing yang sudah pasti bisa melukai mulut atau bahkan perut ikan arwana.

Udang

Seperti halnya dengan jangkrik, udang juga sangat bagus sebagai pakan ikan arwana Anda. Udang juga bisa meningkatkan perubahan waran baus pada ikan arwana. Pemberikan pakan udang untuk ikan arwana bisa diberikan dalam keadaan masih segar ataupun beku.

Udang beku biasanya lebih banyak dipilih karena kemasannnya yang sangat praktis. Apabila Anda ingin memberikan makanan udah untuk ikan arwana Anda, maka Anda harus membuan terlebih dahulu srungut yang ada pada udang. Karena dapat melukai ikan arwana Anda.

Kadal dan Cecak

Kadal dan cecak ternyata juga dapat dijadikan sebagai makanan yang baik pada ikan arwna . Namun biasanya makan ini hanya dibuat sebagai makanan selingan saja. Tidak semua ikan arwana suka atau doyan dengan kedua makanan ini. Anda harus mencoba beberapa kali terlebih dahulu jika ingin memberikan kedua makanan ini kepada ikan arwana yang Anda pelihara.

Kelabang

Makanan lainnya yang baik untuk ikan arwana adalah kelabang. Kelabang memiliki fungsi yang sama dengan jangkrik, yaitu mampu untuk mecerahkan warna ikan arwana karena juga memiliki kandungan betacarotene.

Namun harga kelabang sangat mahal jika dijadikan sebagai pakan utama untuk ikan arwana. Jika Anda sering memberikan pakan berupa kelabang maka bisa jadi ikan arwana Anda nantinya tidak mau makan yang lainnya selain kelabang. Maka dari itu kelabang cukup dijadikan sebagai selingan saja.

Kecoa

Jika mendengar kecoa tentu yang terlintas di benak pikiran kita adalah binatang yang sangat jorok, kotor, menjijikkan, namun bagi ikan arwan binatang ini merupakan makanan yang sangat menyehatkan. Kandungan protein yang dimilikinya sangat tinggi sehingga dapat mengembalikan stamina ikan arwana.

Selain itu juga mampu merangsang nafsu makan pada ikan hias arwana. Jadi, jika misalnya ikan arwana sedang tidak memiliki nafsu makan Anda bisa memberikan pakan kecoa.

Ikan Kecil

Ikan kecil juga merupakan salah satu makanan yang baik bagi ikan arwana. Namun ikan kecil ini hanya boleh dijadikan sebagai makanan selingan saja. Cukup satu minggu sekali untuk memberikan pakan kecil ini pada ikan arwana. Hal ini karena ikan kecil mempunyai kandungan berbagai macam bibit penyakit sehingga tidak baik jika dijadikan sebagai makanan utama.

Makanan Buatan

Pellet atau yang biasa disebut dengan makanan buatan bagi ikan adalah makanan yang paling mudah. Mudah disini sangat mudah sekali untuk mendapatkan makanan ini. Namun Anda harus tetap memperhatikan arwana jika ingin memberikan pakan pellet. Sebab ikan arwana terkadang tidak bisa mengonsumsi atau menyerap kandungan yang ada pada makanan ini.

Waktu Yang Tepat Memberikan Makan Arwana

Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya tidak ada waktu yang pasti dalam memberikan makanan untuk ikan arwana. Namun akan lebih baik jika Anda menentukan jam supaya Anda nantinya bisa rutin dalam memberikan makanan yang cukup bagi ikan hias arwana.

9 Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Waktu yang Tepat Memberi Makan

Untuk ikan arwana yang sedang dalam masa pertumbuhan kami sarankan bahwa sebaiknya diberikan makanan yang memiliki kandungan banyak lemak. Ini bertujuan supaya ikan arwana mengalami perkembangan dengan baik dan sehat.

Sedangkan untuk ikan arwana yang masih mudah sebaiknya berikan makanan anakan katak, jangkrik, belalang, dan ikan mas kecil. Hal ini karena makanan-makan tersebut mampu untuk memberikan nafsu makan pada ikan hias arwana.

Waktu pemberian pakan yang baik adalah pukul 07:00 sampai dengan 08:00 pagi. Berikan makanan yang berupa belalang atau jangkrik dengan jumlah 2 sampai 3 ekor. Kemudian dilanjutkan lagi pada jam 11:00 siang. Berikan makanan yang berupa katak kecil sebanyak satu ekor. Pada sore harinya sekitar jam 17:000 berikan makanan berupa katak kecil lagi.

Kalau untuk ikan hias arwana yang sudah dewasa memang berbeda dengan makanan ikan arwana muda. Bagi ikan arwana yang memiliki panjang sekitar 30 cm, berikanlah makanan anakan katak 2 sampai 3 ekor pada pagi hari. Kemudian pada jam 11:00 berikan makanan yang berupa jangkrik 1 sampai 2 ekor saja.

Selanjutnya pada jam 14:00 siang berikan makanan anakan katak lagi sebanyak satu ekor. Pada sore harinya berikan makanan yang berupa belalang maupun jangkrik sebanyak 2 sampai 3 ekor. Jika ikan arwana Anda masih lapar maka Anda bisa memberikannya makanan yang lebih pada ikan arwana tersebut. 9 Makanan Ikan Arwana Terbaik dan Waktu yang Tepat Memberi Makan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here