Ancaman Penyakit Pada Ikan Koi Dan Cara Penanganan Yang Tepat

Kumpay Koi

Ancaman Penyakit Pada Ikan Koi Dan Cara Penanganan Yang Tepat

Ancaman Penyakit Pada Ikan Koi Dan Cara Penanganan Yang Tepat – Ikan koi adalah jenis ikan yang paling digemari sebagai ikan hias yang memiliki nilai keberuntungan bagi siapa saja yang berminat memeliharanya. Hobi ini sudah berlangsung lama dan masih terus berlangsung sampai saat ini. Banyak yang masih percaya bahwa ikan koi bisa mendatangkan hoki atau rejeki. Tetapi ada juga yang memelihara ikan koi karena keindahan dari corak, warna yang cerah dan terlihat serasi. Ikan koi banyak ditempatkan baik dikolam ataupun aquarium sesuai dengan kebutuhan anda. Tetapi banyak yang kurang mengetahui bahwa ada beberapa masalah yang dapat mengancam kelangsungan hidup ikan koi. Bahkan ada pula yang tiba-tiba mati mendadak.

Seperti yang kita ketahui ikan koi juga bisa terserang penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri sehingga bisa terancam resiko kematian yang tinggi. Adapun beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ikan koi dan cara mengatasinya akan kami jelaskan sebagai berikut :

1. Jamur batang insang

Penyakit jamur merupakan jenis penyakit umum yang sering terjadi pada ikan, terutama ikan yang memiliki lingkungan yang kotor, dan suhu yang tidak stabil. Ciri – ciri yang terlihat saat ikan koi terinfeksi penyakit ini adalah akan muncul bintik atau bercak putih disekitar mulut ikan koi, bercak ini akan terus menyebar ke seluruh tubuh ikan koi. Jika anda tidak segera melakukan penanganan yang tepat, jamur tersebut dapat menyebar menyerang insan, sehingga akan menyebabkan insang membusuk dan kematian ikan koi tidak dapat dihindarkan.

1. Aeromonas

Aerominas adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri aerominas hydrophylia. Penyakit ini sering dialami oleh ikan lele, tetapi ikan koi pun juga rawan terserang bakteri ini. Gejala awal yang ditujukan oleh penyakit ini adalah ikan koi akan berubah warna menjadi memerah, perut akan terlebihat lebih buncit, dan yang terakhir adalah munculnya bercak merah pada bagian insang ikan koi.

Jika tidak segera diatasi, bagian yang terserang bercak merah ini akan mengalami pembusukkan dan sisik ikan aka. Mulai terlihat mengelupas.

1. Penyakit bintik putih.

Penyakit ini timbul karena adanya bakteri yang berkembang dalam tubuh ikan. Penyakit ini biasa menyerang jenis ikan konsumsi dan udang, serta bisa juga menyerang jenis ikan hias seperti ikan koi. Jenis bakteri yang menyebabkan penyakit ini adalah protozoa. Gejala yang di munculkan adalah munculnya bintik – bintik putih pada bagian tubuh ikan koi. Jika dilihat secara sekilas, hampir menyerupai jamur. Tetapi sebenarnya kedua penyakit ini sangatlah berbeda.

Perbedaan tersebut terletak dari penyebaran penyakit ya. Jika jamur akan menyebar keseluruhan tubuh ikan, dan menyebabkan pembusukkan, ta tapi penyakit bintik putih ahanha akan menimbulkan bintik putih yang menyebabkan penurunan nafsu makan pada ikan koi. Sehingga kebutuhan nutrisi ikan tidak terpenuhi dan dapat menyebabkan kematian.

1. cacing kulit

Cacing kulit adalah jenis parasit yang menjadi penyebab penyakit ini. Jenis parasit tersebut adalah gyridactyus sp, dan berwujud seperti cacing yang berukuran sangat kecil. Penyakit jenis ini akan menyebabkan rasa gatalĀ  – gatal ke seluruh bagian tubuh ikan koi. Dan membuat ikan memiliki kebiasaan baru untuk menggarukan badannya ke dasar kolam atau dinding kolam. Akibatnya akan sering terjadi gesekan yang menyebabkan tubuh ikan mengalami luka, atau bahkan terinfeksi penyakit lainnya.

1. Dropsy

Penyakit ini ditandai oleh mengelupasnya sisik pada ikan koi dan tubuh ikan koi menjadi membengkak. Sehingga akan membuat ikan koi sulit bergerak dan bernapas. Untuk itu jika menunjukan gejala ini segera lakukan penindasan yang tepat agar ikan bisa terselamatkan dari ancaman kematian.

Jika terjadi salah satu jenis penyakit diatas pada ikan koi Anda maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini :

• Segera isolasi bagian yang terkena penyakit. Pisahkan tempat dengan ikan koi yang sehat, supaya terhindar dari tertularnya penyakit yang sama.
  • Menjaga temperatur air yang menderita penyakit supaya tetap stabil.
  • Memberi oksigen pada koi yang cukup dengan memompa udara.
  • Jangan memberi makan ikan koi terlalu banyak, karena mengakibatkan penurunan nafsu makan dan dapat mengotori air.
  • Memberikan obat yang tepat untuk ikan koi, sesuai dengan penyakit yang diderita.

Demikian artikel kami kali ini, semoga informasi yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda.