Arapaima, Si Ikan Hias Pemangsa

0
232

Arapaima, Si Ikan Hias Pemangsa

Ikan adalah salah satu komoditas yang menjanjikan jika Anda meliriknya untuk target bisnis. Apalagi jenis ikan yang Anda pilih adalah ikan ternak. Anda akan lebih mudah dalam meraup pundi – pundi rupiah. Pasalnya ikan yang dapat di konsumsi akan lebih mudah dicari untuk memenuhi kebutuhan pangan setiap hari. Sehingga permintaan pasar akan terus ada tanpa mengenal musim. Sudah menjadi pengetahuan umum beberapa jenis ikan yang bisa di konsumsi adalah ikan gurami, ikan bawal, ikan dori, ikan lele, ikan bandeng, ikan mujair, ikan tuna, ikan tengiri dan jenis ikan lainnya. Apalagi jika Anda memiliki Link atau konsumen dari restoran atau hotel berbintang, pasti Anda bisa menjualnya lebih mahal dibandingkan dengan harga pasar. Sehingga dapat dipastikan untung yang Anda peroleh akan semakin besar.

Arapaima, Si Ikan Hias Pemangsa

Tetapi bukan hanya ikan ternak aja yang membawa untung,ikan hias juga sangat menguntungkan untuk dipelihara. Bahkan ikan hias air tawar ada yang memiliki harga sangat tinggi hingga puluhan sampai ratusan juta. Walaupun ikan tersebut termasuk jenis ikan yang ganas dan bisa menggigit bahkan memangsa jari manusia yang menyentuhnya. Jenis ikan tersebut biasanya lebih agresif sebagai bentuk perlindungan dirinya. Salah satu jenis ikan tawar yang agresif dan akan kita bahas kali ini adalah Arapaima.

Jika pada artikel – artikel sebelumnya kami membahas jenis ikan hias yang bisa dibilang jinak, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai sisi lain ikan hias air tawar yang juga memiliki ikan hias dengan katagori predator. Siapa tahu bisa menambah daftar koleksi ikan hias Anda dan wajib untuk Anda miliki. Ada beberapa perlakuan yang berbeda untuk memelihara ikan hias pemangsa ini, untuk itu jangan melewatkan satu poin sekalipun agar Anda tidak salah dalam memberikan respon terhadap ikan yang kita sebut Arapaima ini.

Ikan Arapaima ini akan sangat cocok untuk Anda pelihara terutama bagi Anda yang mengoleksi ikan hias air tawar. Meskipun sangat berbeda dengan ikan hias lainnya, ikan ini akan memberikan tantangan dan ke seruan tersendiri jika Anda memilih Arapaima ini sebagai salah satu ikan peliharaan Anda.

Untuk itu disini kita akan membahas lengkap tentang ikan yang satu ini. Anda wajib tahu informasi ini, terutama bagi Anda pecinta ikan buas sejenis Arapaima ini. Kita akan mulai segala hal tentang ikan Arapaima ini dari karakteristik, ciri fisik, jenis pakanya, serta fakta – fakta menarik lainnya.

  • Karakteristik

Bila kita tahu ada beberapa ikan hias yang jinak seperti ikan cupang, ikan mas, ikan koi, dan beberapa jenis ikan lainnya yang pastinya akan lebih aman dan mudah untuk dipelihara. Ini tentu sangat berbeda dengan ikan yang satu ini. Seperti yang dijelaskan diatas, ikan Arapaima ini tergolong ikan tawar yang agresif dan cenderung ganas tetapi masih bisa di pelihara oleh kita. Tentunya dengan perhatian dan extra ke hati – hatian.

Ikan paricucu adalah nama lain dari kian Arapaima ini. Selain itu orang juga mengenalnya dengan ikan paiche atau Ikan Arapaima gugas. Ikan ini adalah jenis ikan air tawar terbesar di dunia dan berasal dari daerah perairan tropis Amerika Selatan. Habitat asli ikan Aripama adalah di perairan sungai Amazon yang memiliki iklim tropis. Dan saat ini sudah tersebar di negara beriklim tropis juga seperti Australia Utara, Papua Nugini, dan Indonesia.

Secara fisiknya ikan Arapaima bisa tumbuh hingga memiliki panjang 3 meter dan beratnya bisa mencapai 200 kilogram. Tetapi karena ikan ini sering diburu untuk konsumsi ataupun di ekspor ke negara lain mengakibatka yang mengakibatkan pertumbuhan ikan ini terhambat. Oleh karena itu saat ini akan sulit ditemui ikan yang bisa memiliki panjang maksimal, rata-rata yang ikan yang ditemukan hanya memiliki panjang sekitar 2 meteran saja. Ikan Arapaima Gigas adalah jenis ikan dalam golongan predator, oleh karena itu banyak yang melakukan ekspor jual beli daripada memeliharanya.

Sebagai ikan predator, Ikan Arapaima bisa saja melukai manusia yang berusaha mendekatinya. Sifat asli ikan Arapaima adalah kompetitor, yaitu mampu bersaing dengan jenis ikan lain untuk memperebutkan mangsanya. Sudah di ketahui jika ikan predator maka bisa dipastikan bahwa ikan ini akan masuk dalam golongan hewan karnivora, hal ini tentu sangat berbeda dengan jenis ikan hias lainnya yang lebih jinak. Ikan Arapaima juga merupakan ikan Pembawa parasit protozoa, yng berarti ikan ini bisa saja melukai siapa saja yang ingin menangkapnya. Jadi Anda harus berhati-hati jika berdekatan atau bersentuhan dengan ikan agresif ini.

  • Makanan

sebagai salah satu hewan karnivora, Ikan Arapaima pasti memiliki makanan yang berbeda layaknya ikan hias lainnya. Jika ikan hias lainnya bisa mengkonsumsi pelet untuk kebutuhan makannya, berbeda dengan ikan Arapaima yang akan memilih ikan – ikan kecil untuk ia konsumsi. Saat berada di perairan lepas ikan Arapaima akan berburu dan  berkompetisi dengan predator air lainnya untuk memangsa ikan yang ukurannya lebih kecil darinya. Untuk itu tidak heran jika sifat kompetitor ada dalam ikan Arapaima ini. Tetapi jika dipelihara ikan ini juga akan menyantap beberapa jenis pakan instan, layaknya ikan hias lainnya. Tetapi jangan mencoba menaruh ikan Arapaima ini satu kolam atau satu aquarius dengan ikan hias lain yang ukurannya lebih kecil darinya. Karena bisa saja saat ikan ini mulai lapar, ikan-ikan hias kecil tersebut akan disantap oleh ikan Arapaima ini.

  • Fakta – Fakta

Bagi Anda yang ingin mengenai fakta – fakta menarik tentang ikan Arapaima ini akan kami informasikan seperti di bawah ini :

  1. Daging bisa di konsumsi

Meskipun ikan Arapaima tergolong dalam ikan hias yang agresif, siapa sangka ikan ini bisa di konsumsi karena daging yang dimilikinya sangat lezat. Oleh sebab itu, seperti penjelasan kami sebelumnya, ikan ini lebih sering di ekspor untuk dijual belikan. Kebanyakan bukan untuk dikoleksi atau di pelihara tetapi lebih cenderung dijadikan olahan masakan untuk di konsumsi. Jadi sangat disayangkan jika pertumbuhan dan perkembangbiakan ikan Arapaima ini harus terganggu karena manusia yang terus saja memburu ikan ini untuk di konsumsi.

  1. Terlindungi habitat asli

Ikan Arapaima memang memiliki kebiasaan untuk muncul di permukaan air, inilah yang menjadikan ikan sangat mudah untuk ditangkap. Meskipun berbahaya, tetapi manusia selalu punya cara untuk menangkap ikan ini. Apalagi di dukung permintaan pasar yang jumlahnya terus meningkat. Dan pemburuan ikan Arapaima ini juga sudah terjadi sejak abad 18 silam. Sehingga masyarakat menganggap perburuan ikan Arapaima ini sangat wajar dilakukan. Maka tak heran ikan Arapaima sekarang ini masuk dalam status hampir punah dan harus selalu di awasi serta dijaga di habitat aslinya. Dasar inilah yang membuat pemerintah Amerika menetapkan ikan Arapaima sebagai salah satu hewan yang wajib dilindungi dan tidak boleh ada lagi ditangkap atau diburu secara liar.

Arapaima, Si Ikan Hias Pemangsa

  1. Bertahan tanpa air

Kebiasaan lain yang dimiliki ikan Arapaima ialah kemampuannya untuk bertahan lebih dari 24 jam di permukaan darat tanpa adanya air. Ini disebabkan ikan Arapaima memiliki swim bladder atau orang lebih mengenalnya dengan kandung kemih. Fungsi swim bladder ini digunakan sebagai pengganti paru —paru agar ikan ini bisa bernapas. Mungkin dari senilai yang menyebabkan ikan ini untuk muncul di permukaan air, supaya ikan ini bisa mengeluarkan oksigen dan bernapas setiap 10 sampai 20 menit sekali. Maka tak heran ikan Arapaima bisa bertahan hidup jika berada di luar air seharian. Kemampuan ini adalah kelebihannya untuk bertahan hidup saat ikan Arapaima ini harus hidup di perairan yang memiliki kandungan oksigen sedikit.

Dan itu semua adalah Artikel tentang informasi seputar Ikan Arapaima yang Anda ketahui mulai dari karakteristik, jenis makanan, dan fakta – fakta unik yang dimilikinya. Kesimpulannya meskipun ikan hias Arapaima ini tergolong hewan karnivora yang agresif dan cenderung membahayakan tapi banyak orang yang mengincar ikan ini untuk dikonsumsi, sehingga jumlah ikan ini saat ini sangat memperhatikan. Jadi jika Anda tertarik dengan ikan ini kami harap Anda bisa bijak untuk memilih memelihara ikan ini saja daripada mengkonsumsinya. Agar ikan Arapaima ini tidak terancam punah dan Anda bisa membantu untuk menjaga kelestarian ikan Arapaima ini. Sehingga anak cucu kita juga bisa me ihat ikan ini secara langsung, bukan melalui informasi buku, ataupun ensiklopedia saja.

Semoga Artikel kali ini bisa memberikan informasi baru secara lengkap tentang ikan Arapaima. Dan kami akan memberikan informasi mengenai jenis ikan lainnya dan info menarik seputar dunia ikan dilain waktu bagi Anda semua. Terima kasih. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here