Asal Usul Ikan Arapaima Sebagai  Ikan Hias Yang Dilindungi

0
86

Asal Usul Ikan Arapaima Sebagai  Ikan Hias Yang Dilindungi

Asal Usul Ikan Arapaima Sebagai  Ikan Hias Yang Dilindungi

Asal Usul Ikan Arapaima Sebagai  Ikan Hias Yang Dilindungi – Jenis ikan hias yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua golongan yaitu ikan hiar air tawar dan ikan hias air tawar. Dan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasinya dari salah satu jenis ikan hiar air tawar yang banyak di gemar para kolektor ikan hias. Sehingga menjalankan bisnis ikan hias ini bisa sangat menjanjikan. Ikan hias tersebut adalah ikan Arapaima.

Jenis ikan arapaima memang tergolong sebagai jenis ikan tawar yang lumayan ganas. Tetapi meskipun begitu ikan hias ini masuk dalam kategori ikan hias yang dilindungi, sehingga tidak diperbolehkan untuk dilepas di perairan lepas. Agar lebih jelasnya mari kita simak artikel dibawah yang membahas tentang asal usul ikan arapaima ini.

Siapa sangka, berdasarkan informasi dan data dari researchgate.net, ikan arapaima gigas sudah ada sejak zaman jurassic. Zaman jurassic yang dimaksud yaitu sudah berlangsung sekitar 56,3 – 201,3 juta tahun lalu. Bisa dibilang ikan ini sebagai jenis ikan purba.

Jika pada beberapa ikan hias pada air tawar biasanya hanya memiliki ukuran  beberapa sentimeter saja, Namun hal ini tidak berlaku bagi ikan arapaima gigas yang bisa tumbuh maksimal hingga 4,5 meter. Maka tak heran ikan ini juga disebut ikan air tawar rakraksas

Namun, sayangnya pada saat ini, panjang maksimal yang bisa dicapai oleh ikan arapaima gigas hanya mencapai 2,5 sampai 3 meter saja. Panjang yang dicapai akan semakin kecil, jika ikan hidup di dalam akuarium.

Meskipun ukuran panjang tubuhnya mengalami penurunan, ikan ini ternyata tetap bisa mencapai berat maksimal hingga ratusan kilogram.

Ikan air tawar raksasa ini diperkirakan memiliki habitat asli yang berasal dari Sungai Amazon di negara Brazil, Amerika Selatan.

Seiring berjalannya tahun bentuk pada tubuh ikan arapaima tidak mengalami banyak perubahan. Oleh sebab itu tidak heran jika yang kita temukan tubuh ikan ini berbeda dengan ikan pada umumnya.

Ikan Arapaima memiliki tubuh yang kuat, dan memiliki kebiasaan untuk melompat keluar dari dalam air untuk memangsa hewan apa saja yang bisa ia makan. Bahkan ikan ini juga mampu memangsa seekor monyet.

Kelebihan dari ikan arapaima yang jarang diketahui oleh kebanyakan orang adalah kemampuan hidup ikan ini yang bisa bertahan selama  24 jam (satu hari satu malam) di luar air. Padahal, ikan jenis lain jarang ada yang bisa melakukan hal ini.

Ikan arapaima merupakan ikan asli dari Sungai Amazon dan masuk ke Indonesia. Namun, belum diketahui kapan dan bagaimana ikan ini masuk ke Indonesia. Beberapa berpendapat bahwa Ikan arapaima dapat merusak kelestarian ikan asli di Indonesia. Karena itu, dikeluarkanlah Peraturan menteri kelautan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014.

Isi dari peraturan tersebut tentang Larangan Pemasukan jenis Ikan Berbahaya dari Luar Negeri ke dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.

Pada habitat aslinya pun ikan arapaima saat ini memiliki jumlah yang sangat sedikit. Sehingga penangkapan ikan arapaima secara ilegal sudah dilarang pada sekarang ini. Sehingga membuat ikan arapaima gigas termasuk jenis ikan yang dilindungi.

Biasanya untuk memelihara ikan arapaima ini bisa dilakukan dengan beberapa ketentuan. Dan catatan larangan melepaskan ikan ini pada  perairan lepas seperti sungai, waduk, atau danau.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang asal usul ikan arapaima yang termasuk ikan dilindungi ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here