Beberapa Manfaat Kesehatan Ikan Dori Lokal yang Tidak Diragukan Lagi

0
337

Beberapa Manfaat Kesehatan Ikan Dori Lokal yang Tidak Diragukan Lagi

Beberapa Manfaat Kesehatan Ikan Dori Lokal yang Tidak Diragukan Lagi

Beberapa Manfaat Kesehatan Ikan Dori Lokal yang Tidak Diragukan Lagi –  Sudah banyak kita ketahui mengenai salah satu ikan yang banyak orang bilang menyebutnya sebagai ikan patin, namun sebenarnya ikan jenis ini merupakan jenis ikan dori. Ikan dori merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas di Indonesia, karena terkenal memiliki banyak kandungan baik didalamnya, sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan manusia. Oleh karena itu untuk mendapatkan ikan jenis satu ini juga tergolong mudah, karena sudah dijual di pasaran bebas, namun tetap ketika memilih ikan jenis ini harus lebih jeli lagi, karena selain ikan dori lokal juga terdapat ikan dori import yang memiliki kandungan yang kurang baik bagi kesehatan.

Bukan hal asing lagi Saat ini, jenis ikan dori lokal atau biasa disebut dengan ikan patin yang sudah beredar dipasaran luas ternyata juga banyak macamnya. Ikan dori tersebut di antaranya adalah Jambal (Pangasius djambal Bleeker), patin Siam (Pangasius hypopthalmus), Nasutus, Pasupati, serta hasil silangan Nasutus dan Siam (hibrid Nasutus).

Kalau kita lihat dari sisi kandungan nutrisi pada ikannya, ikan patin jenis Siam  ini mengandung asam amino esensial paling tinggi jika dibandingkan dengan ikan  patin alias dori lokal lainnya. Dan juga Berdasarkan dari kandungan tersebut, manfaat ikan dori sendiri bagi kesehatan manusia, antara lain:

·      Ikan Dori Dapat Menstabilkan Kadar Kolesterol

Perlu kita ketahui bahwasanya, ketika kita mengonsumsi ikan dori lokal atau ikan patin secara reguler, maka akan dipercaya dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah anda, karena kandungan lemak tak jenuhnya bisa mencapai sekitar 50 persen dari total keseluruhan nilai gizi yang ada didalam kandungnya. Jika anda ingin merasakan manfaat ikan dori ini, Maka Anda sebaiknya memasak ikan dori atau ikan patin ini bukan dengan cara digoreng.

·      Ikan Dori Dapat Menyehatkan janin dan bayi

Selain ikan dori memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan manusia, ikan dori ini juga bisa dinikmati oleh siapa saja, dan tidak menutup kemungkinan ikan ini bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan janinnya. Ikan dori lokal ini mengandung nutrisi yang berupa Docosahexaeonic acid (DHA) dimana nutrisi ini dapat mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan.

Selain itu Ikan dori juga merupakan salah satu pilihan ikan air tawar yang memiliki kandungan protein yang baik dalam menu makanan pendamping ASI (MPASI) bayi. Karena Pasalnya, DHA sudah dikenal sebagai zat yang bisa meningkatkan kemampuan otak serta kesehatan mata pada anak – anak.

·      Ikan Dori Dapat Menyehatkan otot

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ikan dori atau ikan patin ini kaya akan protein, sehinga akan sangat baik untuk mengencangkan,memperkuat, dan menambah massa pada otot manusia. Manfaat lain ikan dori atau ikan patin ini juga bisa dilihat dari kadar proteinnya, karena dapat menjaga daya tahan dan imunitas tubuh manusia, serta dapat menambah kekuatan tubuh secara keseluruhan.

·      Ikan Dori Dapat Menyehatkan jantung

Manfaat lain dari ikan dori yaitu bisa dilihat dari kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan dori itu sendiri, karena pada daging ikan dori ternyata juga mampu mengurangi kandungan lemak jenuh yang dapat menyumbat pembuluh darah manusia. Akibatnya, Anda akan dapat terhindar dari penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, jantung, ataupun penyakit stroke.

 

 

 

·      Ikan Dori Dapat Menyehatkan tulang dan gigi

Ikan dori juga memilki manfaat lainnya yaitu datang dari kandungan fosfor dan kalsium di dalam ikan dori tersebut. Karena ternyata Kedua zat ini telah terbukti bisa menjaga kesehatan tulang dan gigi manusia serta dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

Nah jadi bagi anda pecinta menu ikan tawar, sekarang anda tak perlu takut lagi ketika anda mengonsumsi ikan dori lokal karena ikan dori lokal memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan anda. Sebagai tindakan preventifnya, Anda juga lebih baiknya untuk tetap memastikan ikan ini dimasak hingga matang, sehingga dapat menghilangkan bakteri yang mungkin ada di dalam ikannya.Beberapa Manfaat Kesehatan Ikan Dori Lokal yang Tidak Diragukan Lagi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here