Budidaya Ikan Cichild

0
55

Zonaikan.com – Bagi anda yang merupakan pecinta ikan hias, tentu tidak asing lagi dengan yang namanya ikan cichlid. Namun bagi masyarakat luas, ikan hias ini tidak sepopuler ikan koi, arwana ataupun cupang. Bahkan untuk mengeja namanya masih sangat sulit. Namun belakangan ini, ikan hias yang berasal dari Afrika ini banyak sekali peminatnya.

Menurut asal mula garis keturunannya, cichlid (dibaca : siklid) termasuk dalam keluarga Cichlidae. Banyak sekali sumber yang menyebutkan bahwa cichlid kurang lebih mempunyai 2.000 spesies.

ikan cichlidMeskipun jenisnya mencapai ribuan, tetapi setiap jenis memililiki corak warna yang sangat khas. Bahkan untuk perbedaannya terkadang nampak menonjol antara satu jenis dengan jenis yang lainnya.

Sekarang ini cichlid menjadi salah satu jenis ikan hias yang banyak diminati dan populer di kalangan pecinta ikan hias. Seorang pecinta ikan cichlid yang berasal dari Surabaya, yaitu Adi Prasetyo mengatakan bahwa ikan ini mempunyai keunikan tersendiri.

Keunikannya terletak pada bagian tubuh ikan dewasa yang nampak proporsional dan indah. Ukuran tubuhnya tidak begitu kecil, namun juga tidak begitu besar. Ikan ini memiliki beragam corak warna dan motif di bagian tubuhnya sehingga menjadi pesona tersendiri.

Ia mengatakan bahwa ia langsung jatuh cinta ketika melihat ikan cichlid pertama kali di sebuah akuarium milik temannya. Padahal sebelum itu Adi sudah memelihara ikan hias lain . Sejak saat itu ia mulai memelihara ikan hias cichlid pada tahun 2019.

Satu tahun yang lalu, Adi berkunjung ke rumah temannya. Saat berkunjung itulah ia berjumpa dengan ikan cichlid. Kemudian Adi memandangi ikan cichlid yang memiliki beragam warna dengan corak indah tersebut.

“Warna tubuh ikan ini nampak hidup. Terlebih ketika mendapat cahaya lampu LED putih dan biru,” ujar pemiliki akun instgram @ cichlid.surabaya tersebut. Setelah pulang dari rumah rekannya, Adi langsung tertarik untuk memelihara ikan cichlid.

Dia mengatakan bahwa ikan hias cichlid ini lebih agresif jika dibandingkan dengan jenis ikan hias lainnya yang masih satu family dengan Cichlidae. Ini sebenarnya sangat wajar karena cichlid sendiri merupakan ikan teritorial. cichlid merupakan salah satu jenis ikan hias yang mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air dan suhu.

Bahkan juga bisa bertahan hidup pada lingkungan dengan kadar garam tingi, tingkat oksigen yang rendah, ataupun sungai beraliran deras. “Cichild juga merupakan ikan yang pintar karena paham kapan waktunya makan”, kata Adi.

Pria asal kota Surabaya tersebut juga menunjukkan 22 jenis ikan hias dari 3 spesies cichlid yang ia miliki. Beberapa diantaranya adalah mbuna, aulonocara (peacock), dan hap. Ketiga jenis ini sudah tersebar luas hingga kawasan Amerika dan Afrika. Namun sebagian besar ikan cichlid miliknya berasal dari Afrika.

Yang dimana berasal dari 3 danau disana seperti Danau Malawi, Victoria, dan Tanganyika. Meskipun memiliki bentuk dan corak yang terbilang sangat mirip antara satu sama lain, namun cara membedakan ketiga jenis ikan ini cukup mudah.

Untuk jenis aulonocara memiliki corak warna yang cukup kuat. Terlihat sangat kontras dengan warna dasar di bagian tubuhnya. Pada ekornya, ada motif yang hampir menyerupai batik.

Kemudian untuk jenis hap mempunyai bentuk tubuh yang jauh lebih besar dengan bagian mulut melebar. Sedangkan mbuna memiliki corak warna indah di bagian tubuhnya seperti halnya zebra. Selain itu jua memiliki postur tubuh yang agak memanjang.

Ikan cichlid yang berasal dari 3 danau di benua Afrika jauh lebih mudah untuk dipelihara jika dibandingkan cichlid asal Amerika. Selain tangguh, cichlid asal Afrika juga tidak begitu rewel untuk masalah makanan. Untuk memberikan pakan, Adi biasanya hanya memberikan pelet. Namun terkadang juga memberikan cacing beku atau bisa juga kombinasi dari keduanya.

Supaya ikan cichlid yang dipeliharanya tidak terlalu gemuk, Adi teryata juga menyusun jadwal puasa secara rutin. Dalam jangka waktu satu minggu saya berikan pakan buah semangka. Bisa juga diganti dengan buah timun untuk asupan serat ikan hias cichild ini”, imbuhnya.

Adi mengungkapkan bahwa jadwal puass memang sangat dibutuhkan untuk membentuk tubuh ikan cichlid agar selalu proporsional. Hal ini karena ikan cichlid merupakan ikan yang hobi makan.

Disamping itu, ada sebuah hal yang membuat ikan ini sangat menarik untuk kita pelajari. Yang dimana memiliki nama yang sangat panjang dan sulit sekali untuk disebutkan. Seperti misalnya, adalah salah satu ikan cichlid yang memiliki marga cichlid protomelas venustus berjenis hap.

orange blotched peacock pinkAda pula orange blotched peacock pink dan yellow yang berjenis aulonocora. Cichlid protomeas spilonotus tanzania yang merupakan jenis hap. Kemudian ada juga yang berasal dari jenis hap, yaitu Cichlid protomelas steveni Taiwan reef. Cichlid stuartgranti blue neon yang berasal dari jenis aulonocora. Dan, cichlid jacobfreibergi red eureka yang juga berasal dari jenis aulonocora.

Nama-nama tersebut dinamakan oleh peneliti dan ilmuwan yang telah menemukan ikan cichlid. Atau, bisa juga berasal dari wilayah dimana ikan tersebut ditemukan. Ikan hias yang berasal dari benua Afrika ini memiliki nama unik yang susah untuk kita sebutkan. Namun hal inilah yang menjadi daya tarik sendiri dan merupakan ciri khasnya.

Disamping itu, masih ada lagi satu jenis yang berasal dari golongan hap, yaitu lethrinops red cap itungi. Ikan yang masih termasuk dalam golongan hap inilah yang selama ini diincar oleh Adi namun sangat sulit untuk ditemukan.

Jenis ikan cichlid yang satu ini memiliki tubuh bewarna kuning dengan corak yang mirip seperti zebra. Bagian kepala ikan ini merah dan memiliki sirip yang hampir menyerupai batik. Ikan cichlid ini merupakan salah satu jenis cichlid yang paling indah jika dibandingkan dengan cichlid yang lainnya.

“Jika ada lethrinops red cap itungi, maka akuarium akan semakin indah. Pastinya akan terasa lebih lengkap lagi nantinya. Inilah yang bikin saya nggak pernah merasa bosan ketika memelihara ikan hias cichlid. Soalnya memang banyak sekali jenis ikan hias cichlid yang bisa dieksplorasi,” kata pria yang berusia 32 tahun itu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here