Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar

Pada kesempatan kali ini saya akan cara budidaya ikan cupang agar berhasil. Artikel yang saya tulis ini ini berkaitan dengan artikel yang sudah saya tulis sebelumnya. Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang bagaimana budidaya kutu air untuk pakan ikan.

Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar

Dalam artikel sebelumnya saya  menyinggung sedikit tentang ikan cupang dan juga ikan katong yang menjadi sangar karena makan kutu air. Namun kali ini saya hanya akan membahas mengenai cara budidaya ikan cupang-nya! Untuk lebih jelasnya mari simak ulasan selengkapnya berikut ini !

Cara Budidya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar

  • Mengenal Ikan Cupang

Mengenal Ikan Cupang

Bagi Anda pecinta ikan, tentunya budidaya ikan laga cupang akan menjadi pengalaman yang tersendiri. Banyak yang membudidayakan ikan hanya untuk sekedar hobi, ada pula yang untuk dijual.

Salah satu jenis ikan cupang yang paling banyak dibudidayakan adalah ikan cupang laga. Sementara ikan cupang hias memiliki harga  yang lumayan tinggi sehingga banyak pula yang membudidayakan jenis ini untuk dijual.

Ada sekitar 70 spesies ikan cupang yang sudah diketahui dan bisa kita temui di belahan bumi ini. Sedangkan untuk yang masih belum diketahui kemungkinan masih cukup banyak.

Mendapatkan Bibit Ikan Cupang yang Berkualitas

Untuk bisa mendapatkan bibit ikan cupang yang berkualitas ini maka Anda harus melakukan pemeriksaan dengan cermat. Jika bibitnya yang Anda bibitkan adalah dengan membeli maka Anda harus cermat dalam memilih supaya ikan cupang hasil ternak Anda nantinya berkualitas tinggi.

Hal yang harus Anda perhatikan untuk bisa mendapatkan bibit ikan cupang yang berkualitas baik itu induk betina ataupun jantan adalah sebagai berikut :

  • Lihatlah pada bagian sirip perut, ekor dan juga dubur apakah ada yang cacat.
  • Hindari sisik ikan cupang yang terdapat luka.
  • Indukan cupang jantan dapat di cek tingkat agresifnya dengan cara mendekatkan jari tangan. Jika indukan jantan tersebut memasuki metode menyerang ketika melihat jari tangan Anda maka bisa dipastikan bahwa indukan jantan tersebut berkualitas.
  • Tanyakan apakah induk tersebut pernah melakukan perkawinan atau masih belum.
  • Lihat juga pada bagian mata apakah ada yang bermasalah atau tidak.
  • Kondisi ikan harus bugar, bebas dari penyakit atau cacat.

Beda Ikan Cupang Jantan dan Betina

Sebenarnya ikan cupang jantan dan betina sangat mudah untuk dibedakan. Bagi Anda penggemar ikan cupang biasanya dalam waktu singkat sudah bisa langsung membedakan mana ikan cupang jantan dan mana ikan cupang betina.

Berikut ini adalah gambar perbedaan antara ikan cupang betina dengan ikan cupang jantan

Cara Membedakan Antara Ikan Cupang Jantan dengan Cupang Betina :

  1. Gerakan ikan cupang jantan cenderung lincah dan lebih indah. Sedangkan ikan cupang betina terlihat lamban dan lusuh.
  2. Bagian sirip pada ekor ikan cupang jantan lebih besar dan lebar. Sedangkan pada ikan cupang betina bagian sirip ekornya terlihat kecil.
  3. Perut pada ikan cupang jantan lebih langsing dan pada ikan betina terlihat berisi.

Persiapan Wadah dan Tumbuhan Pendukung

Wadah yang diperlukan adalah akurium yang memiliki ukuran minimal 30cmx30cm. Lalu wadah tersebut juga harus dimasukkan tumbuhan pendukung seperti kapu-kapu atau pistia statiotes. Apabila di daerah Anda tidak ada jenis tumbuhan yang satu ini maka bisa diganti  dengan eceng gondok.

Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar

Namun lebih disarankan untuk menggunakan tumbuhan kapu-kapu karena tumbuhan ini sering ada pada habibat asli ikan cupang. Diamping itu, akar tumbuhan paku-paku lebih pas untuk menopang gelombang-gelombang yang nantinya dipakai untuk penempatan telur ikan.

Tumbuhan kapu-kapu ini lebih dikenal  dengan nama apu-apu. Jenis tumbuhan yang satu ini memang sangat sulit untuk ditemui. Sehingga jika memang benar-benar tidak ada maka bisa diganti eceng gondok.

Masukkan air yang telah diendap setinggi 10 sampai 15 cm dari dasar wadah. Batasan air 15 cm supaya ikan cupang jantan tidak kelelahan untuk memungut banyaknya telur setelah pembuahan sudah terjadi. Lalu biarkan selama dua hari, barulah wadah siap untuk digunakan.

Proses Perkenalan dan Perkawinan Ikan Cupang

Untuk melakukan proses ini sebaiknya Anda mengikuti cara yang kami berikan supaya berhasil. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masukkan Pejantan di Wadah Selama 1 Hari

Masukkan ikan cupang jantan terlebih dahulu ke wadah selama 1 hari supaya terbiasa. Berilah makan yang cukup banyak supaya ikan cupang jantan tersebut gemuk. Beri makan juga ikan cupang betina gemuk karena pada saat proses pemijahan, ikan ini tidak akan makan apapun.

  1. Kenalkan dengan Betina

Sebelum akan memasukkan ikan cupang yang betina ke dalam wadah pijah, maka pisahkan terlebih dahulu pada wadah kaca yang berbeda. Untuk bisa membuat ikan tersebut saling kenal maka biarkan ikan cupang yang janan melihat ikan cupang betina.

Jika ikan cupang jantan sudah siap untuk kawin, maka dia akan mengeluarkan buih-buih di sekiar tumbuhan apung yang telah Anda masukkan. Setelah buih sudah cukup banyak maka ikan cupang yang betina bisa dicampur ke dalam wadah pemijahan.

  1. Proses Pemijahan Ikan Cupang

Pada masa awal pencampuran, ikan cupang yang betina biasanya akan dihajar habis-habisan oleh cupang jantan. Cara tersebut memang sengaja dilakukan pejantan untuk bisa menaklukkan ego dari ikan cupang yang betina.

Pada ikan cupang, hal seperti ini memang sangat wajar terjadi. Biasanya setelah 1 harian, kedua ikan cupang tersebut akan baikan dan kemudian terjadi proses pemijahan. Proses tersebut biasanya akan terjadi pada pagi hari sekitar jam 9.

Sebaiknya wadah pemijahan di tutup keempat sisi dengan karton atau bisa juga penutup yang lainnya agar proses pemijahan bisa berjalan dengan lancar.

Proses pemijahan ini ditandai dengan melilitnya indukan ikan cupang yang jantan pada tubuh cupang betina. Setelah ikan cupang jantan tersebut melilit beberapa lama, maka ikan cupang betina akan mengeluarkan telur. Ikan cupang jantan pun akan segera memungut telur yang sudah dibuahi dengan mulutnya dan kemudian memasukannya pada buih yang sudah dibuatnya.

  1. Video Proses Pemijahan Ikan Cupang

Pada saat terjadi proses ini memang sangat penting untuk menjaga supaya buih tidak pecah ataupun terkena sesuatu. Banyak sekali yang gagal karena meletakkan wadah di tempat yang rendah.

  1. Memisahkan Betina

Meskipun Anda sudah menutup keempat sisi wadah, Anda harus bisa melihat aktivitas ikan tersebut dengan cara mengintip. Pastikan bahwa ikan tersebut tidak tahu jika Anda sedang mengintip supaya tidak terjadi kegagalan.

Jika indukan betina sudah tidak mengeluarkan telur lagi, maka Anda harus segera keluarkan dari wadah pemijahan tersebut.  Ada dua hal yang akan terjadi jika tidak segera dikeluarkan yaitu adu jotos indukan cupang jantan dengan betina atau telur-telurnya akan dimakan cupang betina.

  1. Pisahkan Pejantan

Telur-telur terseut akan menetas sekitar 2 hari. Biarkan saja burayak dengan indukan pejantan selama 3 hari. Pada hari keempat, Anda bisa mulai berikan kutu air untuk dimakan burayak dan juga indukan jantan.

Pemberian pakan untuk indukan jantan ini tidak boleh terlalu lama. Jika indukan cupang jantan memangsa burayak maka segera berikan makan walaupun masih belum sampai hari keempat.

Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar

Hal tersebut bisa saja terjadi karena indukan jantan merasa kelelahan dan kelaparan setelah proses pemijahan. Jika Anda sudah merawat dengan benar maka setelah 2 minggu baru indukan jantan tadi bisa dikeluarkan dari wadah.

Penting! Perhatikan dengan teliti proses perawatan dari induk cupang jantan kepada burayak.  Jika Anda melihat indukan jantan memangsa burayak padahal sudah Anda berikan makan kutu air maka segera keluarkan dia. (Biasanya hal ini akan terjadi jika umur indukan jantan dibawah 5 bulan).

Perawatan Anakan Ikan Cupang atau Burayak

Perawatan pada burayak setelah terlepas dari indukan jantan sebenarnya tidak terlalu sulit. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam perawatannya adalah sebagai berikut :

  1. Jika wadah sudah cukup padat oleh burayak, maka segera pindahkan ke dalam wadah yang lebih besar.
  2. Berikan makan kutu air dan juga jentik merah secara berkala jika burayak nantinya dipersiapkan untuk di laga.
  3. Anda juga bisa memasukkan daun ketapang pada wadah, ini bertujuan untuk menjaga burayak agar tidak infeksi dari jamur ataupun bakteri. Tetapi daun ketapang harus diproses terlebih dahulu sebelum akan dimasukkan.
  4. Gantilah airnya jika sudah terlihat keruh.
  5. Masukkan aerator serta setel oksigen tingkat menengah supaya burayak nantinya tidak kehabisan oksigen.
  6. Setelah sekitar 1,5 bulan sejak menetas, ikan-ikan cupang ini sudah bisa Anda pisahkan menurut jenis kelaminnya ke dalam sebuah wadah yang berbeda.
  7. Khusus untuk ikan jupang jantan, pisahkan ikan jantan pada wadah-wadah yang berbeda supaya tidak saling serang.

Sedikit Pengalaman Saya Budidaya Ikan Cupang

Sudah sejak kecil saya budidaya ikan cupang dan memelihara ikan ini hanya untuk sekedar berlaga dengan ikan teman.  Dulu saya masihh belum begitu tahu bagaimana cara budidaya ikan cupang yang gagal sehingga seringkali gagal.

Namun untuk urusan laga ikan, sudah dari dahulu saya tahu harus diberi makan apa saja ikan hias ini supaya kuat. Dari kecil burayak paling bagus jika diberikan pakan kutu air. Jika giginya sudah kuat, maka ketika berumur 1 sampai 1,5 bulan berikan pakan jentik merah.

Jentik merah biasanya dibeli dalam keadaan beku. Anda pun harus mencairkannya  dulu sebelum dijadikan pakan untuk ikan. Berbeda halnya dengan cacing sutera, tingkat pencemaran jentik merah pada air cenderung lebih rendah.

Pemberian pakan cacing sutera kepada ikan cupang harus ada aeratornya supaya cacing tidak cepat mati membusuk dan mencemari air. Pengalaman saya dahulu banyak sekali ikan cupang yang mati karena airnya kurang saya perhatikan.

Saya memberi pakan cacing sutera dan cacingnya pun mati membusuk, tidak saya ganti juga airnya, pada akhirnya ikan cupangnya pun ikut mati. Dengan memberi pakan kutu air dan juga jentik merah, ikan cupang laga yang telah saya budidaya seringkali menang dalam kontes laga. Penambahan daun ketapang pun akan sangat berpengaruh.

Demikian ulasan sedikit tentang Cara Budidaya Ikan Cupang untuk Pemula Lengkap dengan Gambar. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *