Cara Budidaya Ikan Discus di Aquarium – Tips dan Trik

Cara Budidaya Ikan Discus di Aquarium – Banyak sekali orang yang mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnis budidaya ikan discus ini, padahal mereka sudah berusaha untuk mempraktekkan semua cara budidaya ikan discus dengan baik dan benar.

Budidaya Ikan Discus di Aquarium

Namun bagi sebagian orang justru sudah berhasil dan menikmati keuntungan dari penjualan ikan hias discus hasil budidaya yang sudah mereka jalankan sebagai sebuah bisnis rumah.

Dalam budidaya ikan discus memang membutuhkan pengetahuan yang cukup dan harus dijalankan dengan serius, sehingga hasil yang akan didapatkan nantinya bisa lebih maksimal dan sesuai dengan harapan. Nah, maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai cara budidaya ikan discus di dalam aquarium.  Berikut dibawah ini ulasan selengkapnya.

Ikan discus adalah salah satu jenis ikan hias yang mempunyai banyak peminat. Hal ini karena jenis ikan hias yang satu ini mempunyai corak warna yang sangat menarik dan indah sehingga menjadikan ikan ini sebagai pilihan ikan hias dalam akuarium.

Habitat asli ikan discus ini adalah berasal dari perairan amazon. Jenis ikan tawar ini mempunyai bentuk badan yang lebar dan pipih, hampir menyerupai bentuk disket yang sering digunakan pada zaman dahulu.

Seiring dengan berkembangnya zaman sekarang ini ikan discus hampir bisa ditemui budidayanya  diseluruh dunia. Ini karena banyak sekali kalangan yang tertarik terhadap keindahan tubuh dan juga corak yang dimiliki oleh discus.

Ada banyak sekali jenis ikan discus yang bisa kita temui di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri beberapa jenis ikan discus yang paling terkenal adalah heckel’s discus atau poumpuador fish (symphysodon discus), red discus, brown (symphysodon aequfasciata axel),  blue (symphysodon aequfasqiata haraldi) dan masih banyak lagi jenis ikan discus yang lainnya.

Cara Budidaya Ikan Discus di Aquarium

Pada dasarnya cara budidaya ikan discus tidak terlalu sulit, tetapi perlu diimbangi dengan pengetahuan yang mumpuni mengenai ikan hias ini. Perlu diketahui bahwa ikan hias yang satu ini sebenarnya bukan asli ikan Indonesia, maka dari itu dibutuhkan teknik budaya secara khusus yang harus Anda kuasai.

Tetapi yang pasti teknik budaya tersebut harus dibarengi dengan keseriusan. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi secara lengkap mengenai cara budidaya ikan discus di dalam aquarium. Mari langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Mempersiapkan Aquarium

Tahap awal yang harus dilakukan sebelum budidaya ikan discus di aquarium menyiapkan aquarium terlebih dahulu :

  • Gunakan aquarium yang memiliki ukuran 100x50x50 cm.
  • Isikan air bersih kedalam aquarium dengan ketinggian sekitar 25 cm.
  • Suhu air yang paling ideal adalah sekitar 26 sampai 29 derajat celcius.
  • Derajat keasaman atau pH adalah sekitar 5,5 sampai 6,5.
  • Larutkan satu sendok makan garam kedalam air dan masukkan juga satu lembar daun ketapang kedalam akuarium
  • Pasanglah filter air dan diamkan selama 3 hari.

Menebarkan Indukan Kedalam Aquarium

Jika aquarium sudah siap maka tahap berikutnya adalah menebarkan indukan ikan discus yang sehat atau tidak memiliki cacat kedalam aquarium. Proses penebaran indukan ini sebaiknya dilakukan pada sore hari, adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :

  • Siapkan sebuah wadah atau baskom yang berukuran sedang, lalu masukkan bibit ikan hias discus kedalam wadah tersebut.
  • Lalu masukkan baskom tersebut kedalam aquarium sambil digoyang-goyangkan pada permukaan air supaya merangsang ikan untuk keluar dari wadah baskom dan masuk kedalam aquarium.
  • Lakukan secara perlahan, langkah ini biasa disebut dengan aklimatisasi yang memiliki untuk memperkenalkan ikan discus pada lingkungan barunya yaitu di dalam aquarium sehingga proses adaptasi akan menjadi lebih mudah dan ikan pun tidak mengalami stress yang bisa memicu kematian.

Proses Pemijahan Ikan Discus

Tahapan budidaya yang paling penting karena akan menjadi tolak ukur dari keberhasilan dalam budidaya adalah melakukan proses pemijahan supaya ikan discus bisa berkembang biak dan menghasilkan anakan ikan berkualitas. Adapun persyaratan supaya pemijahan bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

  • Syarat yang paling utama adalah indukan ikan harus berusia minimal 1 tahun.
  • Pemijahan hanya bisa dilakukan pada ikan discus yang mempunyai pasangan.
  • Ikan discus ini tidak bisa asal dijodohkan begitu saja sehingga Anda harus menempatkan indukan betina dan jantan dalam sebuah aquarium untuk waktu yang lama.
  • Supaya ikan discus bisa menaruh telurnya dengan mudah maka Anda haru masukkan batu-batuan khusus aquarium. Setelah itu, jika indukan betina sudah bertelur maka telur-telurnya akan menempel disekitar bebatuan.
  • Proses pemijahan hanya memerlukan waktu sekitar 24 jam.
  • Setelah 2 sampai 3 hari, telur ikan discus tadi akan mulai menetas. Lalu pindahkan larva ikan hias discus kedalam aquariuma khusus.
  • Setelah 4 sampai 5 hari berikan pakan yang berupa kutu air dan juga artemia.

Budidaya Ikan Discus di Aquarium

Pembesaran Anakan Ikan Discus

Pembesaran ikan discus dimulai saat anakan discus yang sudah berumur satu bulan dipindahkan kedalam aquarium khusus pembesaran. Gunakan aquarium yang memiliki ukuran sedang supaya proses pemeliharaan menjadi mudah.

Ketika ukuran anakan tersebut sudah bertambah besar maka segera pindahkan ke dalam aquarium yang lebih besar dengan jumlah ikan yang dibatasi. Untuk bisa menghasilkan anakan ikan discus yang memiliki kualitas terbaik, maka sangat penting sekali untuk selalu memperhatikan pemberian pakan.

Usahakan pakan yang diberikan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Jenis pakan yang diberikan pada ikan discus bisa berupa cacing sutera, dapmia, udang kecil ataupun pakan yang khusus untuk ikan hias lainnya. Variasi jenis pakan yang diberikan ini bertujuan supaya ikan discus nantinya tidak menjadi bosan.

Tips Pemeliharaan Ikan Discus

Anda harus selalu menjaga kualitas dan kebersihan air aquarium secara rutin dengan cara mengganti airnya setiap hari. Jangan sampai lupa untuk membersihkan pompa supaya aerase udara di dalam aquarium selalu terjaga.

Batasi juga jumlah ikan hias discus di dalam aquarium hanya 4 sampai 5 ekor saja, ini bertujuan supaya ikan mempunyai ruang yang luas sehingga ikan discus nantinya tidak akan mudah mengalami stress.

Untuk bisa menghindarkan ikan discus dari berbagai serangan hama dan penyakit, maka sangat penting sekali untuk dilakukan upaya pencegahan atau preventif dengan cara memberikan larutan garam kedalam aquarium.

Anda juga harus selalu lakukan pengecekan suhu dan derajat keasamaan atau pH air, supaya pertumbuhan dan perkembangan ikan discus ini nantinya tidak akan mengalami hambatan.

Demikian tadi ulasan singkat kami mengenai cara budidaya ikan discus di dalam aquarium beserta tips pemeliharaannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi Anda semua selaku pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here