4 Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam bagi Pemula

Budidaya Ikan Mas – Membudidayakan ikan mas bisa menjadi hiburan sekaligus peluang bisnis yang sangat menguntungkan mengingat komoditas ini mempunyai nilai jual yang bagus dengan permintaan pasar yang semakin tinggi.

4 Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam bagi Pemula

Tidak hanya untuk memenuhi permintaan pasar dosmetik saja, permintaan Ikan Mas untuk pasar ekspor sekarang ini juga cukup besar. Sekitar 70% Ikan Mas di pasar luar negeri dipasok oleh negara Jepang dan China, padahal kedua negara dengan iklim dingin ini memerlukan penghangat air yang berbiaya cukup tinggi belum lagi jika dibandingkan dengan ketersediaan pakan alami yang sangat melimpah di Indonesia.

Dari kedua hal tersebut sudah jelas bahwa budidaya Ikan Mas di  Indonesia mempunyai peluang besar yang masih belum teroptimalkan karena minimnya informasi mengenai budidaya Ikan Mas. Maka dari itu, laman ini dibangun khusus untuk menyediakan informasi akurat yang diperlukan bagai semua kalangan agribisnis di Indonesia.

Mengapa Budidaya Ikan Mas Bisa Sangat Menguntungkan?

  • Ikan Omnivora

Ikan Mas merupakan jenis ikan omnivora atau pemakan segala. Jenis ikan omnivora bisa tumbuh besar dengan protein nabati yang bisa didapatkan dari sayuran afkir maupun tumbuh-tumbuhan yang ada di sekililing rumah Anda.

Hal tersebut pastinya akan lebih menghemat biaya pakan daripada Anda memilihara ikan omnivora yang hanya bisa tumbuh besar dengan pelet ataupun pakan pabrikan yang sudah pasti harganya cukup mahal.

  • Pangsa Pasar yang Besar

Ikan mas mempunyai banyak sekali peminat, baik itu digunakan sebagai ikan hias atau untuk konsumsi. Banyak sekali restoran yang menyediakan menu makanan dengan bahan dasar Ikan Mas semisal dibuat pepes, ikan goreng, ikan bakar atau lainnya. Selain itu, banyak juga jenis Ikan Mas yang digunakan sebagai ikan hias seperti Koi, Kumpay, Koki, dan sebagainya.

  • Mudah dibudidayakan

Ikan mas bisa dipijahkan secara alami tanpa perlu bantuan manusia sepanjang tahun. Hal ini tentunya membuat Ikan Mas sangat mudah untuk dibudidayakan karena kita tidak perlu kemampuan khusus untuk mengembangbiakkan ikan yang satu ini.

Ikan mas mempunyai adaptasi yang sangat tinggi sehingga mampu hidup di segala macam lingkungan seperti kolam tanah, keramba, kolam semen, dan lainnya. Ikan Mas juga termasuk ikan tawar yang bisa mencapai ukuran sangat besar hinggga 25 kg dalam waktu cukup cepat.

Biasanya untuk ukuran konsumsi, Ikan Mas baru bisa dipanen ketika mencapai berat 300 sampai 400 gram per ekor. Ukuran ini bisa dicapai dalam waktu cukup singkat yaitu hanya sekitar 6 sampai 8 bulan saja setelah tebar benih.

  • Harga Jual yang Tinggi

Harga jual Ikan Mas dipasaran sangatlah tinggi bisa mencapai Rp 50.000,00 karena memang jenis ikan yang satu ini termasuk ikan premium untuk dikonsumsi. Selain untuk dikonsumsi, jenis Ikan Mas hias juga mempunyai harga jual yang cukup tinggi dipasaran dengan permintaan tinggi dan tidak mengenal musim.

Jenis Ikan Mas hias sangat beragam seperti Ikan Mas Koi dan Ikan Mas Koki yang mempunyai harga fantastis bahkan mencapai puluhan juta perekornya.  Kriteria yang dinilai dari Ikan Mas Hias adalah pada bentuk tubuh, warna, dan juga cara berenangnya.

Harga Ikan Mas Hias bisa sangat tinggi karena bisa digunakan sebagai indukan dan bisa juga diikutkan dalam kontes ikan hias. Untuk ikan hias yang menang dalam kontes bisa mencapai harga yang sangat tinggi jika Anda meminangnya.

  • Penghilang Stress

Memelihara Ikan Mas baik itu untuk konsumsi ataupun sebagai ikan hias bisa menjadi obat yang paling ampuh untuk menghilangkan stress setelah bekerja seharian. Dengan melihat ikan berenang dan mendengar percikan air tentu bisa memberikan ketenangan pada diri kita sehingga stress yang diderita akan hilang dan membuat kita lebih produktif dalam bekerja.

Jenis-Jenis Ikan Mas

Berdasarkan fungsinya Ikan Mas ini terbagi menjadi dua  jenis yaitu Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias. Berikut ini adalah beberapa contoh Ikan Mas Konsumsi dan Ikan Mas Hias :

4 Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam bagi Pemula

Ikan Mas Konsumsi :

  • Ikan Mas Punten
  • Ikan Mas Putri Yogya/Sinyonya
  • Ikan Mas Majalaya
  • Ikan Mas Merah
  • Ikan Mas Taiwan
  • Ikan Mas Lokal
  • Ikan Mas Yamato

Salah satu jenis Ikan Mas Konsumsi yang dianggap paling unggul khususnya di daerah Jawa Barat adalah Ikan Mas Majalaya. Jenis ini mulai digalakkan oleh Menteri Pertanian pada tahun 1999 karena dianggap paling menguntungkan untuk dibudidayakan. Hal ini karena pertumbuhannya yang sangat cepat jika dibandingkan dengan jenis Ikan Mas yang lainnya.

Ikan Mas Hias :

  • Ikan Mas Koki
  • Ikan Mas Koi
  • Ikan Mas Kaca
  • Ikan Mas Kumpay
  • Ikan Mas Fancy
  • Ikan Mas Kancra Domas

Dari sekian banyaknya jenis Ikan Mas Hias ini, yang paling populer adalah Ikan Mas Koi. Jenis ini bisa berumur hingga ratusan tahun dan diketahui bisa tumbuh sampai dua meter. Terdapat banyak komunitas pecinta Koi dan seringkali diadakan event-event kontes Ikan Koi.

Ikan Koi sendiri mempunyai jenis yang sangat beragam dimana penamaannya didasari oleh string warna yang ada di kulitnya. Beberapa jenis Ikan Koi adalah Kohaku, Shiro, Kikokuryu, Gin Matsuba dan masih banyak lagi lainnya.

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam

  1. Persiapan Kolam

Jika Anda ingin membudidayakan Ikan Mas di kolam maka Anda harus membersihkan kolam dari penyakit dan juga parasit. Pembersihan kolam dilaukan dengan cara mengeringkan kolam supaya penyakit dan parasit bisa mati akibat paparan cahaya matahari selama satu hari untuk kolam ikan semen dan 5 sampai 7 hari untuk kolam ikan tanah.

Untuk bisa menambah makanan yang alami pada kolam ikan, Anda bisa mengklutur plankton dengan cara memberi tambahan pupuk organik yang sudah matang sebagai makanan plankton. Dosis yang bisa diberikan adalah sekitar 1-2 ton /ha.

Jika sudah diberikan pupuk, isi kolam ikan dengan air hingga setinggi 15 cm, setelah warna airnya berubah menjadi hijau maka berarti ganggang dan plankton sudah mulai tumbuh. Kemudian isi kolam ikan tersebut dengan air hingga ketinggian 120 cm.

  1. Menebar Bibit

Gunakanlah bibit Ikan Mas yang unggul supaya resiko kegagalan bisa diminalisir. Untuk mendapatkan bibit yang unggul, Anda bisa membelinya di kelompok tani ataupun di BPPI.

Ciri-ciri bibit yang unggul adalah pergerakannya gesit, memiliki kulit mulus tanpa adanya luka ataupun jamur, berasal dari indukan yang unggul dan bersertifikat serta memiliki nafsu makan yang baik.

Saat melakukan penebaran hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan jumlah bibit ikan dengan luas kolam, untuk jenis Ikan Mas konsumsi maka Anda harus menebarkan bibit dengan kepadatan 20 ekor/ meter².

  1. Pemberian Pakan

Anda bisa memberikan pakan yang berprotein 25% dengan volume pemberian sekitar 3 sampai 4% bobot ikan. Berikan pakan pada pagi dan sore hari, pakan sebaiknya diberikan secukupnya supaya tidak meninggalkan sisa makanan yang berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit dan mengurangi okigen akibat dari proses pembusukan.

  1. Panen Ikan Mas

Ikan Mas bisa dipanen pada ukuarn 300 sampai 400 gram per ekor, biasanya berumur 6 sampai 8 bulan. Jika ikan akan dijual maka Anda harus menyortir pada ukuran konsumsi yang dikehendaki oleh pasar. Harga di tingkat petani adalah sekitar Rp 25.000,00 tergantung jumlah permintaan pasar.

Tips Berternak Ikan Mas

Jenis ikan yang memiliki nama latin Cyprinus Carpio ini adalah ikan yang menyukai perairan dangkal dengan aliran yang tidak begitu deras dengan suhu ideal untuk pertumbuhannya sekitar 25 sampai 30 derajat celcius. Ikan ini bisa ditemukan pada perairan payau dengan kadar garam sekitar 20 sampai 30 persen.

Ikan Mas biasanya akan berenang di dasar perairan untuk mencari makanan. Sama halnya dengan ikan lele yang juga merupakan ikan dasar perairan, sehingga jika terlalu sering berenang ke permukaan air maka akan menghabiskan banyak energi yang semestinya digunakan untuk tumbuh, sehingga penting bagi Anda untuk selalu memperhatikan ketersediaan oksigen larut dalam air.

Ikan Mas bisa matang secara gonad atau siap kawin ketika berumur lebih dari satu tahun, mereka bisa kawin sepanjang tahun namun lebih sering kawin ketika musim hujan karena terangsang oleh aroma tanah yang terguyur air hujan.

Telur Ikan Mas yang telah dibuahi akan menetas setelah 4 hari dan akan berubah menjadi larva, larva ini masih sangat menggantungkan hidupnya pada kantung makanan yang menempel pada perutnya selama 2 sampai 4 hari. Baru setelah itu ia akan memakan makanan yang alami seperti plankon sampai akhirnya mampu melahap makanan yang lebih besar.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka pertimbangkan untuk memberikan pakan fermentasi dengan batuan mikrobakteri lokal atau MOL, Anda bisa membelinya di toko pertanian dengan naman EM-4 perikanan.

Penggunaannya juga bisa diaplikasi untuk menjaga kondisi air supaya bisa menghasilkan pakan secara alami dan menjaga oksigen larut di dalam air. Jadi, itulah cara membudidayakan ikan mas di dalam kolam.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara budidaya ikan mas di dalam kolam bagi pemula. Semoga informasi yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua terutama bagi Anda yang masih pemula sehingga bisa Anda ikuti caranya agar budidaya Ikan Mas Anda bisa berhasil nantinya. Semoga Bermnafaat !

4 Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam bagi Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here