Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi untuk Pemula Paling Mudah

0
789

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi untuk Pemula Paling Mudah

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi – Halo para ikan hias lovers…. untuk Anda para penghobi pemula pasti sudah tidak asing dengan nama ikan hias satu ini bukan. Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer apalagi di kalangan para penggemar ikan hias air tawar. Yups… ikan hias air tawar satu ini adalah Ikan cupang. Naah pada artikel kali ini kam ini kami akan membahas mengenai Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi yang bisa dengan mudah Anda terapkan.

Sebelum itu pastinya nama Ikan cupang sudah tak asing lagi ditelinga masyarakat, terutama bagi para pecinta ikan hias maupun ikan aduan. Bagi anda yang hendak memelihara hewan satu ini bisa membaca cara budidaya ikan cupang hias yang benar, perlu Anda ketahui bahwa di dunia ini terdapat jenis ikan yang memiliki bentuk mungil itu. Salah satu diantaranya yaitu cupang plakat koi.

Ikan cupang plakat ialah salah satu jenis yang berasal dari Negeri Gajah Putih alias Thailand. Dalam bahas Thailand, “Plakat” (dibaca: palakad) istilah ini digunakan untuk ikan cupang aduan.

Nama istilah itu digunakan sebagai tanda atau pembeda antara cupang ekor pendek aduan dan cupang ekor pendek kontes. Ciri ikan cupang plakat terletak pada sirip ekor yang memiliki ukuran pendek, sedangkan untukcupang plakat hias dan cupang aduan terletak pada warnanya.

Menurut data dari beberapa sumber awal mula dari ikan hias satu ini ada  di negara asalnya Thailand.  ikan cupang plakat adalah jenis ikan yang dianggap sebagai reject alias tak menarik, akhirnya dibawa masuk ke Indonesia khususnya di Kota Medan. Sesampainya di Medan ikan tersebut di kembang biakkan lebih lanjut.

Cara pengembangbiakannya pun terbilang sangat mudah semudah cara budidaya ikan cupang di kolam beton,  Anda cukup dengan mengawinkan dengan jenis ikan cupang berbeda lainnya, hasil dari perkawinan tersebut menghasilan ikan cupang plakat fancy dan plakat koi.

.

Cara Ternak Ikan Cupang Plakat Koi

Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan cupang plakat koi merupakan jenis ikan hias air tawar yang  cukup unik, ke unikan ini terdapat pada corak warnanya menyerupai ikan koi, jadi tak heran namanya seperti itu.

Ikan satu ini termasuk jenis cupang plakat yang banyak dimintai serta diburu oleh para pecintanya. Oleh karena itu,  membudidayakan ikan jenis ini dapat menjadi potensi bisnis yang menguntang.

Dalam Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi terbilang mudah dengan cukup menyediakan tempat pemisahan antara pemijahan dan perkawinan. Langkah ini di ambil karena ikan cupang plakat koi memiliki sifat petarung, bila dua ikan dengan kelamin yang sama di tempatkan pada satu wadah bisa menimbulkan perkelahian.

Agar lebih jelaskan Berikut kami jelaskan berbagai  cara ternak ikan cupang plakat koi, diantaranya yaitu :

  1. Tahap Memilih Bibit

Dalam Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi Memilih bibit ini merupakan salah satu hal penting untuk kesuksesan ternak ikan cupang plakat koi, cara memilih bibit juga terbilang sangat mudah dan bisa ditemukan di tempat penjual ikan hias. Untuk bibit baik dapat memperhatikan beberapa hal ini, diantaranya :

  • Bibit unggul dapat dilihat dari kesempurnaan tubuh dan warna pada ikan.
  • Memiliki sifat agresif, karena ini merupakan sifat alami ikan cupang.
  • Jangan lupa mengetahui umur ikan, untuk umur bisa di tanyakan langsung pada si penjual.

Dan ada cara lain yang dapat dilakuka, yaitu bila Anda merupakan peternak pemula bisa meminta bantuan dengan cara membeli bibit kepada pembudidaya berpengalaman. Perlu diingat jika pengembangan serta pertumbuhan ikan cupang plakat koi di pengaruhi oleh indukannya, indukan yang baik diharapkan mampu menghasilkan bibit baik pula.

  1. Proses Memilih Tempat Ikan

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi selanjutnya ada adalah memilih tempat untuk ikan, seperti yang sudah di singgung sebelemnya bahwa tempat untuk perkembangan, pemijahan dan perkawinan akan sangat berbeda.

Untuk tempat perkembangan atau pembesaran diharapkan tidak menempatkan dua ikan dengan jenis kelamin yang sama pada satu tempat, karena ikan cupang plakat koi mempunyai hasrat untuk bertarung alhasil bisa melukai satu sama lain.

Oleh karena itu, bagi ikan cupang plakat koi yang sudah dewasa sebaiknya ditempatkan menyendiri, untuk tempatnya tak perlu besar cukup ukuran kecil namun jumlahnya banyak.

Pada posisi menyindiri kondisi ekor dan tubuh menjadi terjaga sebab tidak melakukan pertarungan yang berisiko merusak ekor dan tubuh ikan. Kerusakan tubuh dan ekor ikan bisa menjadikan harga jual menjadi turun.

  1. Proses Memberikan Air yang Ideal

Tahap berikutnya dalam Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi adalah dengan memilih Air jernih serta bersih yang akan menjadikan ikan dapat tumbuh dengan santai alhasil bisa menurunkan tingkat stres. Selain itu, air jernih dan bersih juga bisa menghindarkan ikan menjadi terhidar akan penyakit dan pastinya menjadi lebih sehat.

Pada habitat aslinya ikan cupang tumbuh dan berkembang pada air dengan keadaan pH antara 6,2 hingga 7. Sementara itu di Indonesia air tanahnya mempunyai tingkat keasaman (pH) air kurang lebih 5,8 – 6,8, oleh karena itu diperlukan cara untuk membuat pH air menjadi ideal. Cara yang bisa digunakan yaitu dengan cara menambahkan air kapur kurang lebih 2 mililiter setiap 1 liter air. Cukup rumit memang tapi ini untuk menjaga kesehatan dari ikan hias kesayangan kita.

  1. Proses Memasang Peralatan

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi berikutnya adalah Pemasangan peralatan. Untuk pemasangan peralatan dalam budidaya ikan cupang plakat koi berbeda dengan cara membuat pupuk nitrogen sendiri, ikan jenis ini bisa bertahan pada posisi air dalam wadah yang memiliki kondisi oksigen sangat minim.

Keadaan itu menjadikan tempat ikan bisa menggunakan atau tidak menggunakan aerator. Oleh karena itu, biasanya ikan cupang dimasukkan kedalam toples – toples berukuran kecil. Dan tak jarang anak-anak sangat menyukai ikan satu ini dan sangat beragamnya wara ikan cupang bisa menambah ke indahan ruangan Anda.

  1. Memberikan Makan

Cara budidaya ikan cupang plakat koi selanjutnya ialah memberikan makan ikan, secara umum cacing kering yang sudah dikemas menjadi dadu merupakan makanan bagi ikan cupang plakat koi. Cacing sangat mudah ditemukan serta dibeli di berbagai toko yang menjual perlengkapan hewan peliharaan.

Selain cacing, pelet ikan juga bisa diberikan untuk makanan ikan cupang plakat koi. Untuk porsi makanan ikan ini tak terlalu banyak, kita sebagai peternak bisa memberikan makan secukupnya sebab ikan cupang terbilang tak terlalu rakus.

Maka itu perlu diperhatikan, jangan memberikan terlalu banyak makanan sebab bisa membuat air menjadi keruh , karena kondisi ini bisa mengakibatkan ikan menjadi mudah terjangkit penyakit, dan bila air dalam kondisi keruh akan membuat kita menjadi sering menguras air.

  1. Memberikan Obat

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi  berikutnya adalah memberikan obat kepada ikan hias kesayangan kita. Obat yang umumnya digunakan oleh para peternak ikan cupang plakat koi ialah obat berupa methylene blue, pemberian obat ini berguna sebagai penangkat parasit, bakteri, serta jamur. Parasit bisa hidup pada bagian sisik ikan.

Bila parasit tak kunjung dibasmi bisa mengakibatkan nutrisi pada tubuh bisa terserap atau tehisap oleh benalu penganggu itu, alhasil ikan akan menjadi lemah, lama kelamaan menjadi mati.

  1. Proses Memillih Indukan

Cara Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi  berikutnya dan cukup penting adalah memilih indukan. Indukan ikan cupang plakat koi yang berkualitas dipilih berdasarkan warna, keindahan ekor dan juga ukuran. Sebab tiga hal tersebut merupakan daya tarik ikan koi. Indukan jantan biasanya mempunyai ekor yang lebih menarik serta warna mencolok sebagai daya pikat ikan betina. Untuk sang betina kebanyakan mempunyai ekor yang lebih sederhana. Para peternak bisa mengkreasikan corak serta warna sesuai dengan indukan yang sudah dimiliki.

  1. Perkawinan dan Pemijahan Ikan

Saat proses perkawinan dalam Budidaya Ikan Cupang Plakat Koi wajib ditempatkan pada area khusus agar proses perkawinan tak terganggu. Cara budidaya ikan cupang plakat koi yang tak kalah penting lainnya adalah proses pemijahan, bila waktu pemijahan tiba ada baiknya memisahkan indukan. Sebab langkah ini dilakukan proses perkembangan serta pertumbuhan telur tak terganggu.

  1. Pemanenan Ikan

Ikan cupang plakat koi yang sudah siap panen atau sudah bisa dijual adalah ikan berumur remaja hingga dewasa. Untuk harganya disesuaikan sesuai ukuran dan keindahan warna yang dimiliki. Warna dan corak serta keindahan ekor menjadikan ikan memiliki bandrol yang mahal.

Bagaimana menarik bukan? Apakah anda ingin budidaya ikan hias yang sangat menjanjiakn ini? semoga artikel ini bisa membirkan manfaat dan bisa menjadi referensi Anda yang ingin budidaya ikan hias air  tawar indah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here