Cara Gampang Budidaya Ikan Guppy

0
187

Cara Gampang Budidaya Ikan Guppy

Cara Gampang Budidaya Ikan Guppy

Cara Gampang Budidaya Ikan Guppy – Poecilia reticulata atau Ikan guppy merupakan ikan yang gampang berkembang biak. Habitat asli ikan guppy adalah di sungai berair tenang dan danau-danau. Ikan ini dapat bertahan hidup di air payau yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi.

Asal usul ikan guppy yaitu berasal dari wilayah perairan Amerika Tengah dan Selatan, pada tahun 1920-an baru masuk ke Indonesia sebagai ikan hias akuarium.  Kemudian lepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan sangat cepat di perairan Indonesia.

Sehingga di perairan air tawar Indonesia hamper dapat di jumpai berbagai jenis ikan guppy.

Ikan guppy banyak dipelihara sebagai ikan hias karena memiliki warna dan bentuk sirip yang indah. Hanya ikan jantanlah yang mempunyai warna dan sirip yang indah, sedangkan untuk yang betina memiliki warna yang cenderung kusam.

Sebagaimana ikan cupang, budidaya ikan guppy juga tidak memerlukan infrastruktur yang mahal. Cukup dengan menyediakan perlengkapan sederhana anda sudah bisa mengembang biakkan ikan guppy ini.

Birikut ini adalah penjelasan langkah-langkah membiakkan ikan guppy.

 

Wadah budidaya ikan guppy

 

Berikut ini adalah peralatan yang digunakan untuk budidaya ikan guppy, antara lain wadah/tempat, aerator dan tanaman air. Wadah yang digunakan untuk pemijahan bisa berupa akuarium, bak semen, atau ember plastik.

 

Wadah atau tempat yang digunakan untuk budidaya ikan guppy kira-kira ada empat fungsi, diantaranya yaitu 2 wadah untuk tempat pemisahan indukan, 1 wadah untuk tempat pemijahan, 1 wadah untuk tempat penetasan dan 1 wadah lagi untuk tempat pendederan.

 

Luas dan ukuran wadah budidaya ikan guppy bisa berfariasi, Anda dapat menyesuaikan dengan banyaknya indukan ikan yang akan dipijahkan. Sedangkan ketinggian wadah minimal 30 cm, kecuali untuk pendederan diperlukan wadah yang lebih tinggi dari 50 cm.

 

Memilih indukan ikan guppy

 

Anda dapat mengetahui perbedaan jantan dan betina dari penampakan fisiknya. Ikan guppy betina memiliki bentuk yang lebih membulat dengan warna yang cenderung kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai. Sedangkan ikan guppy jantan memiliki warna yang terang dan kontras, tubuhnya lebih ramping dengan sirip menjumbai. Ukuran tubuh ikan betina pun cenderung lebih besar daripada yang jantan.

Kira-kira indukan yang siap dipijahkan setidaknya sudah berumur minimal 4 bulan.

 

 

Faktor genetis juga ikut andil dalam menghasilkan anakan yang berwarna indah dan brkualitas. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal pilihlah indukan guppy yang unggul. Selain itu, Anda juga bisa mencoba-coba menyilangkan induk guppy untuk mendapatkan anakan yang lebih baik.

 

Pemijahan ikan guppy

 

Sebelum proses pemijahan, isi wadah pemijahan dengan air bersih yang telah diendapkan setidaknya 24 jam. Kedalaman air untuk tempat pemijahan 25 cm. Kepadatan tebar wadah pemijahan tidak lebih dari 30 ekor/100 liter air.

Berilah tempat bercumbu berupa tanaman air seperti hydrilla, itu bila memungkinkan.

 

Sangat dianjurkan untuk pemijahan massal karena lebih cepat, ekonomis dan lebih praktis. Untuk pemijahan massal anda dapat mimilih antara ikan jantan dan betina dengan komposisi 1:5. Namun apa bila anda ragu semua betina akan terbuahi atau tidak komposisinya bisa anda rubah 1:2.

 

Ketika pagi hari masukkan semua indukan betinannya, kemudian pada sore hari baru si jantan yang dimasukkan bersama-sama dengan indukan betina. Pada pemijahan massal belum tentu semua ikan memijah pada hari yang sama.  Biarkanlah proses pemijahan berlangsung selama 4 sampai 7 hari.

Segera pisahkan indukan betina yang telah dibuahi kedalam wadah penetasan yang sudah disiapkan.

 

Isilah wadah penetasan dengan air bersih dan diberi aerasi. Pemberian aerasi jangan terlalu banyak agar tidak menganggu larva ikan.

 

Pendederan benih

Kolam pendederan sebaiknya berada di ruang yang terbuka.

Sinar matahari sangat diperlukan untuk pembentukan warna yang cemerlang pada tubuh ikan guppy.

Pakan yang baik untuk anakkan guppy berumur hingga 5 hari adalah infusoria. Setelah itu, anak ikan bisa diberi artemia (udang renik) atau kutu air (daphnia dan moina) yang sudah disaring. Setelah berumur lebih dari 20 hari anda dapat memberikan kutu air tanpa disaring atau cacing sutera.

 

Demikin langkah-langkah singkat budidaya ikan guppy, semoga dapat memberikan wawasan untuk  anda. Terimakasih

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here