Jangan Bingung! Ini Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina

0
227

Zonaikan.com – Pada sebagian ikan hias dari keluarga Osteoglosdidae, Ikan arwana menjadi salah satu jenis ikan yang cantik dan populer, termasuk jenis red tail golden, brazil, banjar maupun yang lainnya.

Memiliki kecantikan yang dapat dilihat dari moncol, corak warna dan bentuk siripnya. Maka tak heran jika orang-orang ingin memeliharanya di dalam aquarium untuk menghiasi ruamh tamu rumah.

Namun uniknya, banyak orang yang masih keliru dalam menentukan jenis kelamin dari arwana tersebut. bukan karena sulit untuk dibedakan, namun banyak yang belum tahu cara membedakannya.

Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Paling Mudah

Cara Membedakan Arwana Jantan dan Betina Paling MudahJika Anda berniat ingin memelihara atau beternak ikan arwana, sebaiknya ketahui terlebih dahulu bagaimana membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Saat arwana peliharaanmu dewasa, kecantikan arwana akan sesuai dengan ekspektasi yang Anda inginkan.

Begitu juga untuk calon peternak dengan mengetahui perbedaannya, akan lebih mudah proses budidaya ikan arwana jadi lebih banyak.

Lihat Bentuk Badan Ikan Arwana

Lihat Bentuk Badan Ikan Arwanapada dasarnya, bentuk badan semua ikan arwana pipih dan punggung datar serta memiliki sisik besar dan keras. Akan tetapi saat diperhatikan lebih detail, Anda dapat dengan mudah membedakan antara arwana betina dan jantan hanya dari bentuk badannya.

Biasanya arwana jantan memiliki bentuk badan lebih panjang dan langsing dibandingkan dengan betina. Terutama ketika betina tersebut sedang mengandung telur, maka bentuk tubuhnya akan menjadi lebih lebar dan gemuk.

Selain itu, pada ikan arwana betina Anda bisa mendapati bentuk sirip punggung yang lebar. Sedangkan Anda tak akan mendapatkan bentuk sirip seperti pada arwana jantan.

Lihat Dari Corak Warna Ikan Arwana

Lihat Dari Corak Warna Ikan ArwanaSama seperti burung cendrawasih yang pejantannya memiliki bulu lebih indah dan panjang. Hal itu berlaku pada ikan arwana, seluruh pejantan ikan arwana memiliki corak warna yang lebih cantik dan indah dibandingkan betina.

Tak ada yang tahu pasti kenapa ini bisa terjadi, hanya mengira mungkin ya sebagai daya tarik pejantan untuk mengawini arwana betina.

Lihat Bentuk Kepala Ikan Arwana

Lihat Bentuk Kepala Ikan ArwanaLebih lanjut saat melihat bentuk badan, Anda dapat menentukannya dari bentuk kepala masing-masing ikan arwana. Pada dasarnya semua ikan arwana memiliki bentuk kepala yang besar dan padat.

Jadi saat Anda perhatikan lebih detail, maka Anda bisa mendapati moncong ikan arwana jantan jauh lebih besar dibandingkan dengan arwana betina sehingga menghasilkan rahang yang lebih besar juga ya.

Memiliki rahang besar pada arwana jantan berfungsi untuk mengerami dan menjaga telur agar lebih aman. Inilah yang tak dimiliki oleh arwana betina dengan rahang yang lebih kecil.

Lihat Bentuk Penutup Insang Ikan Arwana

Lihat Bentuk Penutup Insang Ikan ArwanaMundur sedikit dari kepala, Anda dapat mengetahui arwana melalui penutup insang yang dimiliki oleh masing-masing jenis. Meski memiliki rahang yang besar, arwana jantan ternyata memiliki penutup insang yang lebih kecil dibandingkan arwana betina.

Tak ada yang mengetahui pasti alasan kenapa penutup insang arwana betina lebih besar. Nyatanya seperti itulah bentuk penutup insang yang dimiliki oleh masing-masing jenis kelamin ikan arwana.

Lihat Dari Cara Berenang Ikan Arwana

Lihat Dari Cara Berenang Ikan ArwanaMemiliki bentuk badan, kepala dan penutup insang masih belum bisa membantu Anda untuk menentukan mana jantan dan betina? Mari kita coba simak dari cara berenang mereka. Sekarang coba Anda masukkan 2 ekor ikan arwana yang menurut Anda berbeda jenis kelamin pada satu buah ember atau akuarium.

Perhatikan dengan seksama bagaimana cara mereka berenang, apabila Anda mendapati salah satu ikan berenang lebih anggun dan gemulai, maka sudah dapat dipastikan adalah arwana jantan.

Arwana jantan bergerak lebih gemulai dan anggun karena memiliki bentuk badan yang lebih ramping. Sedangkan, badan arwana betina mayoritas lebih gemuk sehingga karakter gerakan renangnya lebih lambat dan kaku.

Lihat Dari Cairan Organ Reproduksi Ikan Arwana

Lihat Dari Cairan Organ Reproduksi Ikan ArwanaApabila Anda belum puas dan ingin memastikan cara membedakan arwana jantan dan betina dengan cepat, Anda dapat melakukan dengan melihat organ reproduksi yang dimiliki oleh masing-masing jenis ikan arwana.

Saat ini ambil ikan arwana peliharaan Anda. Lakukan pemijatan/ pengurutan pada bagian perut menuju lubang anus dengan lembut, sedikit lakukan penekanan untuk membantu pengeluaran cairan lebih mudah.

Apabila Anda mendapati cairan yang keluar dari organ reproduksi ikan arwana peliharaan Anda tersebut berwarna coklat, sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah pejantan.

Sedangkan arwana betina biasanya akan mengeluarkan cairan berwarna kuning telur.

Perlu diingat cara ini dapat membahayakan nyawa ikan arwana. Kesalahan pemijatan untuk melihat jenis kelamin dapat membuat ikan arwana mudah mati.

Ukuran Kepala Ikan Arwana Dengan Metode AGI

Ukuran Kepala Ikan Arwana Dengan Metode AGIMemiliki kolaborasi penelitian penentuan jenis kelamin ikan arwana dari divisi riset dan development perguruam tinggi politeknik Ngee Ann di Singapura. Penelitian tersebut dilakukan oleh Qian Hu dan Alex Chang.

Mereka menemukan ada cara terbaik dalam membedakan arwana jantan dan betina. Cara tersebut disebut AGI. Yang kabarnya sudah menggunakan metode ini, dapat dipastikan 70% hasilnya sudah benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here