Cara Membedakan Ikan Betutu Jantan Dan Betina

0
29
Ikan betutu

Cara Membedakan Ikan Betutu Jantan Dan Betina – Ikan betina atau Oxyeleotris Marmorata adalah salah satu contoh ikan tawar yang bisa dikonsumsi. Ikan ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, dan salah satunya juga terdapat di Indonesia.

Ikan betutu memiliki sifat yang malas bergerak. Bahkan jika Anda mencoba memindahkan ikan betutu ini, maka tidak butuh waktu lama untuk kembali lagi ke tempat asalnya.

Inilah yang membuat ikan ini mudah tertangkap, dan karna  sifatnya ini ikan betutu juga mendapat julukan sebagai ikan pemalas.

Namun siapa yang sangka ikan pemalas ini memiliki harga yang lumayan mahal, yaitu diantara 200 sampai 300 ribu per 100 gram nya.

Ikan ini memang memiliki rasa yang enak, daging tebal dengan duri yang hampir tidak terlihat, serta berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesahatan tubuh.

Ikan Betutu

Manfaat Mengkonsumsi Ikan Betutu

Berbagai kandungan gizi seperti vitamin B1, B2, B6, vitamin E dan F, serta albumin, enzim dan hormon. dan berbagai manfaat yang bisa kita dapat mengkonsumsi ikan betutu ini adalah :

Menghaluskan Kulit

Menghaluskan kulit, bagi Anda yang menginginkan kulit yang halus dan sehat, maka sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi ikan ini minimal 100 gram setiap harinya. Kandungan vitamin E dalam ikan betutu dipercaya bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Membuat Awet muda

Vitamin E bukan hanya akan Menghaluskan kulit saja, tapi juga bisa merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Kandungan dalam ikan betutu akan mampu mengangkat sel sel kulit mati dan menggantinya dengan sel baru.

Sehingga kerutan yang nampak pada kulit terutama bagian wajah akan berkurang dengan mengkonsumsi ikan ini setiap harinya.

Meningkatkan vitalitas pada pria

Dalam ikan betutu juga terdapat kandungan enzim dan hormon yang membantu meningkatkan hormon libido pada pria.

Jadi bukan hanya kaum wanita saja yang bisa mendapatkan manfaat dariikan ini tetapi kaum pria juga bisa mendapatkan manfaat tersendiri.

Penyembuhan pasca operasi

Kandungan albumin pada ikan betutu akan membantu jahitan pasca operasienjadi cepat kering. Ini dikarenakan albumin adalah zat yang bisa membantu penyatuan kembali jaringan kulit dalam tubuh.

Sehingga banyak yang mencari ikan betutu setelah melakukan operasi, untuk mempercepat proses penyembuhan.

Menyembuhkan Nyeri

Kandungan albumin di dalam ikan betutu bisa menyembuhkan nyeri pasca operasi. Rasa nyeri itu bisa ditimbulkan dari jahitan pasca operasi.

Mengkonsumsi ikan betutu bisa menghilangkan dan meredakan nyeri pada pasien pasca operasi.

  • Mengobati Patah Tulang, albumin juga bermanfaat dalam pemulihan sel tubuh yang rusak ataupun terbelah. Bagi pasien patah tulang sebaiknya mengkonsumsi ikan ini untuk membantu proses penyembuhan yang tepat.
  • Meningkatkan sistem imun, ikna betutu juga sangat baik untuk meningkatkan dan menguatkan sistem imun dalam tubuh. Jadi dengan imun yang kuat bisa membuat kita jadi semakin kebal terhadap berbagai macam jenis penyakit atau virus yang akan menyerang tubuh kita.
  • Mengobati hepatitis, penyakit hepatitis akan menyebabkan hati tidak bisa memproduksi albumin dalam tubuh. Karenanya mengkonsumsi daging betutu bisa memperbaiki kinerja hati untuk memproduksi albumin kembali. Dan penyakit hepatitis bisa disembuhkan secara alami.

Itulah beberapa manfaat dari konsumsi daging ikan betutu. Oleh karena itu mungkin sebagian dari Anda jadi berminat untuk membudidayakan ikan betutu.

Cara Membedakan Ikan Betutu Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Betutu Jantan Dan Betina

Jadi tidak ada salahnya untuk lebih tahu informasi ikan betutu ini, salah satunya cara untuk membedakan ikan betutu jantan dan betina seperti rangkuman informasi berikut ini :

  • Ciri – ciri fisik

Hal pertama yang bisa menjadi pembeda Antara ikan bedudu jantan, dengan betina adalah denga. Melihat ciri organisme ikan yang sudah memiliki alat reproduksi (gonad) yang matang.

Karena asaat gonad belum matang kita akan sulit membedakan jenis kelamin ikan betutu ini. Dan saat gonad kita bisa membandingkan ikan betutu jantan dan betina dari ciri berikut:

Untuk ikan betutu jantan akan muncul gonad yang terlihat terang dan pada bagian bercak hitam juga akan terlihat terang dari yang sebelumnya.

Tubuh atau badan terutama bagian perut ikan betutu jantan kan terlihat lebih ramping jika dibandingkan dengan ikan betutu betina. Papilia urigenital akan muncul berbentuk segitiga kecil dengan warna kemeahan.

Sedangkan pada ikan betutuyang betina warna badan akan terlihat lebih gelap dengan tanda munculnya  bercak – bercak hitam yang lebih pekat. Sama dengan ikan betutu jantan, tanda ini hanya akan muncul ketika gonad sudah matang.

Bagian perut ikan betutu betina akan membesar ke arah anus dan terasa lebih lembut. Ikan betutu betina juga cenderung bergerak lambat saat gonad belum matang. Dan bagian Papilia urognenitalnya akan melebar dan berbentuk bulat dengan bentuk tonjolan.

  • Pola pertumbuhan ikan

Kebanyakan untuk budidaya ikan betutu, hanya menerapkan satu jenis kelamin saja yang dibudidayakan sistem ini disebut proses budidaya mono seks.

Banyak yang lebih memilih untuk membudidayakan ikan betutu jantan saja, karena pertumbuhannya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan ikan betutu betina.

  • Bobot ikan

untuk membedakan jenis kelamin ikan betutu apakah itu jantan atau betina juga bisa dilakukan dengan membandingkan bobot ikan betutu. Ikan betina memang memiliki pertumbuhan yang lebih lambat daripada ikan betutu jantan.

  • Teknik Truss Morhometrics

Untuk menentukan kelamin pada ikan betutu bisa juga bisa menggunakan truss morhometrics, selain dengan cara morfologi yang sudah dijelaskan diatas.

Teknik truss morhometrics adalah suatu prinsip yang menentukan menentukan ukuran pada setiap bagian – perbagian pada seluruh tubuh ikan. Tehnik ini lebih terperinci, dari bagian satu ke bagian lainnya.

Ikan betutu

Karena setiap bagian ikan be utu memiliki perbedaan antara ikan betutu jantan ataupun betina. Meskipun terlihat lebih rumit, tetapi hasil ini jauh lebih akurat dibandingkan dengan beberapa cara sebelumnya.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ikan betutu yang sudah kami berikan informasi lengkapnya untuk Anda Mulai dari ciri fisik, kegunaan, atau manfaat sampai dengan cara membedakan ikan betutu yang jantan ataupun ikan betutu betina.

Semoga bisa menambah informasi bagi Anda yang mencintai dunia ikan atau  sedang ingin membudidayakan ikan betutu ini. cara membedakan ikan betutu jantan dan betina yang perlu diperhatikan dalam prosesnya membudidayakan ikan dengan banyak manfaat positif bagi kesehatan tubuh manusia tersebut.

Pembedaan jenis kelamin memang membutuhkan pengalaman dan informasi yang memang sudah sangat kuat dipahami dari morgologi ikan betutu tersebut.

Jadi kesimpulan dari artikel ini Anda bisa mempelajari tehnik atau cara memisahkan atau membedakan ikan betutu jantan dan betina, baik menurut ciri fisik, bobot, hingga beberapa tehnik yang lebih detail.

Mungkin awalnya akan terasa sulit dan samar untuk membedakannya tetapi dengan berjalannya waktu Anda akan mulai terbiasa dan mulai bisa membedakannya dengan mudah bahkan hanya dengan melihatnya sekilas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here