Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan Dan Betina  – Jenis ikan hias yang banyak dikoleksi dan dipelihara salah satunya adalah ikan sepat.  Trichogaster leeri adalah nama latin dari ikan sepat ini. Ikan sepat adalah ikan hias air tawar yang masih satu golongan dengan ikan gurami atau osphronemidae. Dengan ciri fisik ada bintik-bintik dengan pola warna yang di serti garis pada bagian tubuhnya. Ikan sepat sebenarnya banyak jenisnya, tetapi untuk yang paling sering dipelihara sebagai ikan hias adalah ikan sepat mutiara.

Habitat asli ikan sepat tersebar mulai dari Negara Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Untuk daerah Indonesia banyak tersebar di rawa – rawa pada daratan rendah yang memiliki air sedikit asam. Daerah yang banyak menjadi habitat ikan sepat tersebut adalah Sumatera hingga Kalimantan. Ikan ini memiliki kebiasaan muncul di permukaan atau hanya setengah kedalaman air.

Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan Dan Betina

Untuk jenis pakan yang cocok untuk hewan omnivora sejenis ikan sepat ini adalah jenis pakanan kering seperti pelet atau cacing tubifex yang kering. Tetapi sesekali ikan sepat ini juga bisa diberi pakan yang masih hidup, seperti udang renik.

Jika Anda minat memelihara ikan ini bisa juga dicampur oleh ikan – ikan jenis lainnya. Karena ikan ini bisa beradaptasi yang baik. Tetapi sebaiknya ikan sepat tidak disandingkan dengan ikan yang agresif. Apalagi dengan kondisi air yang terlalu penuh. Ikan sepat akan mudah stres jika jal ini terjadi. Tanda yang di munculkan adalah ikan sepat ini akan menyerang atau menggertak ikan lainnya yang ada di kolam yang sama.

Kebanyakan orang yang memelihara ikan sepat ini, memeliharanya sepasang. Mereka biasanya menggunakan kolam ataupun aquarium minimal memiliki ukuran 60 liter, jika lebih besar akan lebih baik. Karena semua jenis ikan akan mudah stres jika memiliki ruang yang terbatas. Termasuk sepasang ikan sepat ini. Untuk suhu air usahakan bisa berkisar diantara 22°c sampai 28°c dengan permukaan air yang selalu terbuka agar ikan sepat bisa menerima udara langsung dari permukaan. Udara yang bisa dinikmati sepasang ikan sepat secara langsung, bisa membantu labirin ikan berfungsi dengan baik.

Ikan sepat yang dipelihara secara sepasang adalas alah satu jenis ikan hias yang paling Banyak peminat nya. Terutama bagi penggemar ikan baru, atau anak – anak kecil. Jadi jika Anda ingin membudidayakan ikan ini akan ada peluang untuk mendapatkan keuntungan dari pedagang ikan yang menjadi pelanggan Anda. Karena harga jual yang terjangkau ikan ini masih banyak dicari dan laku keras dipasarkan.

Bagi para pemula budidaya ikan sepat ini, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum mulai proses mengawinkan ikan sepat, ataupun menjalankan usaha budidaya ikan sepat terlebih dahulu Anda harus mampu membedakan jenis ikan sepat betina dan ikan sepat jantan. Untuk itu kami akan membagi cara atau tips membedakan jenis kelamin ikan sepat ini berdasarkan ciri fisik yang dimiliki oleh masing-masing ikan sepat. Dan berikut ini penjelasan lengkapnya :

  1. Dilihat dari bentuk sirip ikan

Anda yang ingin tahu cara pertama untuk membedakan antara ikan sepat jantan atau betina bisa dengan cara mengamati bentuk sirip yang dimiliki ikan sepat tersebut. Terutama pada bagian sirip punggungnya. Untuk ikan sepat jenis betina akan memiliki sirip yang tidak menvapaidasar pangkal sirip yang berada tepat dibagikan ujung ekornya. Sedangkan sirip punggung jenis ikan ka tang memiliki bentuk sirip yang cenderung meruncing dengan panjang sirip yang menyentuh pangkal ekornya.

  1. Warna sirip

Cara kedua akan terlihat lebih gampang. Karena ini bisa dilihat secara sepintas dengan kasat mata sekalipun. Untuk ikan sepat jantan akan memiliki warna merah pada bagian leher dan perut ikan. Sedangkan yang betina tidak.

  1. Postur Tubuh

Perbedaan lainnya dari ikan sepat jantan dan betina juga bisa Anda lihat melalui Postur tubuh dari kedua ikandepat tersebut. Untuk Postur tubuh ikan sepat jantan memiliki Postur tubuh yang menyerupai ikan gurami namun dengan versi yang kecil. Dengan cirikhas tubuh yang lebih ramping. Hal ini berbeda denga. Ikan sepat betina yang memiliki Postur tubuh yang bentuknya lebih bulat. Bagi Anda yang belum pengalaman mungkin akan terlalu sulit membedakannya dengan cara ini, tetapi jika sudah sering mengamati maka akan jauh lebih mudah untuk Anda.

  1. Ukuran pada ikan

Cara membedakan antara ikan sepat hias jantan dan ikan sepat betina lainnya dengan menyandingkan kedua ikan tersebut. Untuk jenis ikan sepat jantan akan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dengan Postur tubuh yang ramping. Sedangkan ikan sepat betina akan memiliki tubuh yang lebih kecil tetapi Postur tubuh lebih bulat terutama bagian perutnya yang lebih gendut dan terlihat bulat. Akan terlihat jelas perbedaannya jika Anda menyandingkan kedua ikan tersebut.

  1. Dilihat dari ciri morfologi ikan saat matang gonad

Bagi Anda yang tidak tahu matang gonad yang dimaksud disini adalah dimana tingkat alat reproduksi ikan (gonad) dalam keadaan lebih matang atau ikan sudah dibilang cukup dewasa.

Seluruh ikan hias yang sudah matang gonad berarti menunjukan bahwa ikan tersebut sudah bisa dijadikan indukan dalam proses membudidayakan ikan. Termasuk dalam usaha budidaya ikan sepat hias ini. Selain bertujuan untuk proses budidaya, saat kondisi ikan sepat yang sudah matang gonad bisa merupakan salah satu cara mengetahui jenis kelamin ikan sepat jantan dan ikan sepat betina. Untuk jenis ikan sepat betina akan memiliki ciri bentuk perut yang lebih kembung atau gendut dan bagian perut tersebut akan cenderung mengarah bagian vital atau alat kelaminnya. Sedangkan untuk jenis ikan jantan yang sudah matang gonad akan memiliki ciri warna Orange di

Ikan yang matang gonad merpakan salah nya antara jantan atau betina. Ikan betina yang matang gonad akan memiliki bentuk perut yang gendut dan mengarah pada bagian genitalnya sedangkan ikan jantan yang matang gonadnya akan memiliki tanda yang muncul pada sekitar dagu ikan tersebut akan berwarna Orange.

Cara Membedakan Ikan Sepat Hias Jantan Dan Betina

Itulah beberapa penjelasan dan informasi tentang bagaimana cara membedakan antara jenis ikan sepat  jantan atau jenis ikan sepat betina yang wajib Anda ketahui. Terutama bagi Anda yang berminat untuk usaha budidaya ikan sepat ini. Sehingga Anda akan dengan mudah melalui proses indukan dalam usaha budidaya ikan sepat ini. Jika melihat kembali penjelasan yang kami sampaikan diatas cara untuk membedakan yang mana ikan sepat jantan dan yang mana ikan sepat betina akan terasa sulit karena sangat terperinci, mengingat ukuran ikan sepat yang juga tidak terlalu besar kesulitan ini akan dirasakan bagi pemula yang belum memiliki pemahamanan yang mendasar tentang ikan sepat ini. Tetapi Anda tetap bisa terus melatih kemampuan Anda dengan cara lebih sering mengamati ikan sepat dengan beberapa cara diatas, atau untuk mempersingkat waktu pemahaman, Anda bisa melatih kemampuan Anda bersama orang yang sudah lama budidaya atau menjual ikan hias disekitar Anda. Dan begitulah informasi yang bisa kami bagikan Anda semua. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang berguna bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here