Inilah Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Buat Para Pemula

0
176

Inilah Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Buat Para Pemula

Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium –  Halo para ikan hias lovers…. untuk Anda para penghobi pemula pasti sudah tidak asing dengan nama ikan hias satu ini bukan. Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer apalagi di kalangan para penggemar ikan hias air tawar. Yups… ikan hias air tawar satu ini adalah ikan Arwana Silver. Dalam artikel kali ini kita akan membahas Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium yang paling cocok untuk pemula.

Inilah Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Buat Para Pemula

Naah… namun sebelum itu perlu kita sadari juga jika memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu hal yang sangat penting.

Selain hewan peliharaan akan menjadi obar stress Anda juga akan menjadi penghias di dalam rumah Anda. untuk hewan peliharaan sendiri ada banyak jenisnya seperti anjing, kucing, kelinci, hamster, repltil, hingga ikan.

Dari semua jenis hewan peliharaan, jika anda memiliki tingkat stress tinggi dan sulit mengontrol emosi maka paling cocok untuk memelihara ikan. Selain perawatan yang mudah, ada pula fungsi lain dari memelihara ikan yang perlu anda ketahui.

Fungsinya yaitu membantu anda mengontrol emosi dan membantu anda untuk menghilangkan stress. Hal ini karena ikan yang dipelihara di dalam air akan mengikuti ketenangan yang ada di air. Jika anda memperhatikannya dengan seksama maka sifat ikan dan air yang tenang serta teduh dapat merasuk dalam alam bawah sadar anda dan secara tidak sengaja mempengaruhi emosi serta jiwa anda.

Selain itu, memelihara jenis ikan tertentu dapat mendatangkan hoki atau biasa disebut dengan keberuntungan dalam hidup anda.Adapun jenis ikan yang bisa mendatangkan keberuntungan yaitu ikan koi dan arwana.

Untuk jenis koi sendiri sebenarnya yang paling diyakini adalah jenis ikan koi merah sedangkan untuk ikan arwana, hampir semua jenis ikan arwana. Ikan arwana sendiri penggemarnya juga terus naik dan banyak peminatnya.

Dan ada salah satu jenis ikan arwana yang saat ini mulai dicari orang hal ini karena ikan arwana jenis ini memiliki keindahan tersendiri dari warna dan bentuknya. Ikan arwana silver merupakan salah satu jenis ikan arwana paling populer saat ini.

Ikan Arwana jenis ini juga memiliki nama ilmiah Osteoglossum bicirrhosum, nyatanya ikan arwana silver memiliki harga yang lebih murah jika dibanding dengan ikan arwana jenis lain.

Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium

Banyaknya orang memelihara ikan arwana silver membuat sebagian orang ingin memelihara juga, tentunya tidak hanya sebagai hewan peliharaan saja tetapi juga sebagai salah satu hiasa dan hiburan dalam rumah. Untuk memelihara ikan arwana silver tentunya tidak bisa sembarangan mengingat harganya yang mahal.

Inilah Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Buat Para Pemula

 Untuk itu anda perlu memperhatikan beberapa hal jika anda ingin memelihara ikan arwana silver seperti berikut ini. bebeapa hal yang merupakan Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium adalah sebagai berikut :

  1. Media Pemeliharaan Ikan Arwana Silver

Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium  yang pertama dan Hal utama yang harus anda perhatikan dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium yaitu media pemeliharaan yang tepat seperti berikut ini :

  • Untuk akuarium, anda bisa menggunakan akuarium berukuran besar antara 200 x 80 cm.
  • Hal ini karena ikan arwana silver cepat tumbuh besar, usahakan untuk 1 akuarium hanya berisi 1 ekor saja.
  • Ikan arwana juga dapat tumbuh hingga sepanjang 60 cm, maka ikan dapat melompat hingga 3 meter.
  • Maka dari itu tempatkan akuarium pada tempat yang sekiranya tidak memungkinkan ikan arwana untuk melompat.
  • Selain itu anda bisa mengatasinya dengan menggunakan penutup akuarium.
  1. Perlengkapan Peralatan Media Pemeliharaan Ikan Arwana Silver

Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium  berikutnya selain akuarium dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium yang berbeda dengan cara budidaya ikan koi di kolam tanah, anda perlu memperhatikan perlengkapan apa saja yang harus ada pada akuarium. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  • Alat pertama yang wajib ada yaitu aerator, ini berfungsi untuk menyuplai udara ke dalam akuarium dan mengeluarkan kotoran dalam akuarium.
  • Dengan adanya aerator dalam akuarium, ikan arwana dapat bernapas dengan baik dan merasa tenang.
  • Selain aerator, anda juga perlu menyiapkan filter akuarium.
  • Filter berfungsi untuk menjaga kondisi akuarium agar selalu bersih sehingga kesehatan ikan arwanapun terjamin.
  1. Air pada Media Pemeliharaan Ikan Arwana Silver

Dalam Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Anda juga perlu memperhatikan kondisi air dalam akuarium seperti dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium berikut ini :

  • Jagalah selalu kebersihan air dalam akuarium dengan menggantinya sebanyak 3 kali dalam sebulan.
  • Atau jika perlu anda bisa mengganti airnya setiap 2 hari sekali, ini juga bertujuan untuk menjaga kualitas air agar tidak menurun.
  • Dengan terjaganya kebersihan dan kualitas air pada akuarium, maka ikan arwana tidak mudah stress.
  1. Suhu dan Ph Media Pemeliharaan Ikan Arwana

Selanjutnya dalam Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Selain kebersihan dan kualitas air anda juga bisa melihat cara budidaya ikan alligator spatula, ternyata anda juga harus memperhatikan suhu dan pH seperti dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium berikut ini :

  • Sesaat setelah anda mengganti air pada akuarium, jangan lupa untuk selalu memperhatikan pH dan suhu air.
  • pH air yang baik untuk memelihara ikan arwana yaitu sekitar 6 hingga 8.
  • Sedangkan untuk suhu yang baik yaitu sekitar 250c hingga 270
  • Jika pH terlalu rendah, ini sangat berbahaya bagi ikan dan sebagai solusinya anda bisa menambahkan sedikit kapur.
  • Selain itu suhu yang terlalu dingin juga tidak baik untuk kesehatan ikan arwana, anda perlu menambahkan alat penghangat untuk menaikkan suhu air.
  1. Pemberian Pakan Ikan Arwana dalam Akuarium

Ikan arwana silver merupakan salah satu jenis ikan predator atau carnivora berbeda dengan cara membuat sabut kelapa sebagai pupuk organik cair , oleh karena itu dalam Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium anda tidak bisa sembarangan dalam memberinya pakan. Adapun jenis pakan dan cara pemberian pakan yang benar dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium :

Inilah Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium Buat Para Pemula

  • Berikan makanan berupa hewan hidup seperti jenis ikan- ikan berukuran kecil.
  • Masukkan begitu saja ikan berukuran kecil ataupun hewan air yang bergerak seperti udang, kepiting, dan katak.
  • Selain itu anda juga bisa memberikan kecoa yang bisa terbang setiap 3 hari sekali.
  • Selain berprotein tinggi, kecoa juga dapat membuat warna pada sisik ikan lebih mengkilat.
  1. Ornamen Akuarium Ikan Arwana

Cara Memelihara Ikan Arwana Silver di Akuarium  berkutnya untuk mempercantik tampilan akuarim anda dan menambah anggun ikan arwana silver, anda bisa menambahkan beberapa macam ornament. Tidak bisa sembarangan jenis ornament karena anda juga perlu meperhatikan bahan dasar ornament agar tidak meracuni ikan seperti dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium berikut ini :

  • Anda bisa menambahkan lampu TL yang berfungsi untuk menyinari akuarium sehingga terlihat lebih indah dari berbagai sisi.
  • Masukkan pasir pantai di dasar akuarium dan batuan kecil berwarna- warni, selain untuk mempercantik tampilan juga membantu menyaring air dan kotoran dalam akuarium.
  • Agar terlihat lebih tenang dan damai, anda bisa memberi tambahan berupa jenis tumbuhan air dan batu karang di dasar akuarium.

Itulah langkah- langkah dalam cara memelihara ikan arwana silver di akuarium yang dapat kami sampaikan. Menarik bukan? Apakah Anda ingin memelihara ikan arwana? semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan bisa menjadi referensi Anda yang ingin budidaya ikan hias air  tawar indah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here