Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar Arapaima Gigas Agar Tidak Terancam Kepunahan

0
101

Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar Arapaima Gigas Agar Tidak Terancam Kepunahan

Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar Arapaima Gigas Agar Tidak Terancam Kepunahan

Cara Memelihara Ikan Hias Air Tawar Arapaima Gigas – Jenis ikan hias yang ada di Indonesia terbagi menjadi dua golongan yaitu ikan hiar air tawar dan ikan hias air tawar. Dan pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasinya dari salah satu jenis ikan hiar air tawar yang banyak di gemar para kolektor ikan hias. Sehingga menjalankan bisnis ikan hias ini bisa sangat menjanjikan. Ikan hias tersebut adalah ikan Arapaima.

Jenis ikan arapaima memang tergolong sebagai jenis ikan tawar yang lumayan ganas. Tetapi meskipun begitu ikan hias ini masih layak dipelihara asalkan memperhatikan beberapa poin pemeliharaan yang benar.

Ikan Arapaima sebenarnya bukan ikan asli dari kawasan Indonesia. Ikan ini memiliki habitat asli di sungai Amazon, Brasil pada bagian Amerika Selatan. Ikan ini juga dapat di temui pada danau yang yabg berada di sekitar sungai Amazon. Dan dari sini dapat kita lihat bahwa ikan inj bisa berkembang pada negara tropis. Maka tak heran ikan ini juga dapat berkembangbiak dengan baik di negara wilayah tropis lainnya seperti Indonesia, Papua Nugini, dan juga Australia bagian utara.

Utarasecara fisik untuk ikan yang masih kecil akan memiliki tubuh yang berwarna kehitaman. Namun saat sudah semakin dewasa, warna hitam pada area ekor arapaima perlahan pudar dan berubah menjadi merah. Sedangkan tubuhnya sendiri berwarna putih-silver dengan sisik-sisik tebal. Ikan ini sekilas mirip dengan ikan gabus yang ada di Indonesia.

Ikan ini masih bisa dikoleksi oleh para pecinta ikan. Akan tetapi sangat dilarang untuk dilepaskan ke perairan seperti sungai, waduk, atau danau. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperhatikan bagaimana cara pemeliharaan ikan arapaima yang baik dan benar, seperti berikut ini :

  1. Pemilihan Bibit

Untuk menghasilkan ikan arapaima gigas yang baik dapat dimulai dengan pemilihan bibit yang tepat. Saat ini sudah banyak tempat yang menjual bibit ikan arapaima ini baik secara Online ataupun langsung di toko ikan hias. Sehingga kita harus bisa selektif dalam pemilihan bibit. Dan salah satu cara untuk mengetahui kualitas bibit yang dimilikinya, pastikan setiap ikan yang Anda pilih memiliki berkas atau sertifikat sebagai legalitas kepemilikan bibit ikan arapaima gigas. Karena ikan ini juga termasuk ikan yang dilindungi dan terancam kepunahan. Sehingga Anda harus sangat berhati – hati saat memeliharanya.

  1. Akuarium

Aquarium juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan saat memelihara ikan arapaima ini. Ikan Arapaima bisa tumbuh besar dengan cepat. Maka lebih baik menyediakan aquarium dengan ukuran yang lebih besar. Sehingga ada ruang gerak yang leluasa untuk ikan arapaima saat sudah tumbuh besar. Karena beberapa ikan arapaima bisa mencapai panjang 5 meter, hanya dalam kurun waktu yang sangat cepat.

Selain ukuran yang luas, jangan terlalu banyak menaruh ornamen atau hiasan pada aquarium. Atau biarkan polos, tanpa adanya item atau aksesoris aquarium. Namun jika ingin menambah keindahan, Anda bisa memasang gambar panorama keindahan bawah air di dinding akuarium bagian belakang. Tetapi jika Anda tetap ingin memasukkan koral pada aquarium, maka jangan lupa untuk melengkapi akuarium tersebut dengan aerator dan filter.

  1. Pemberian pakan

Ikan Arapaima merupakan ikan jenis predator yang mengkonsumsi berbagai daging – dagingan. Untuk itu Anda bisa memberikan ikan ini pakan berupa anakan ikan mas, jangkrik, udang kupas, sampai tikus putih.

Agar tidak menghilangkan karakter aslinya, usahakan memberikan pakan salam keadaan hidup, sehingga naluri untuk berburu dari ikan arapaima tidak akan hilang. Tetapi Anda juga bisa memberikan olahan daging seperti irisan daging, fillet ikan, atau fillet ayam. Dan jangan memberikan kecoa atau cicak karena bisa jadi kedua hewan itu sangat riskan membawa penyakit.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan arapaima gigas. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here