Cara Memelihara Ikan Palmas dalam Akuarium

0
32
Pemilihan Ikan Palmas

Zonaikan.com – Cara Memelihara Ikan Palmas dalam Akuarium. Sebagian dari Anda tentunya masih banyak yang belum paham mengenai cara memelihara ikan naga. Ikan naga atau Polypterus Palmas merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang tergolong dalam keluarga Polypteridae.

Banyak sekali penghobi ikan hias yang menyukai ikan palmas karena memang posturnya unik dengan jumlah sirip yang lumanya banyak. Ikan hias ini juga  lebih suka berenang di dasar air sehingga nampak seperti merayap. Ikan ini biasa disebut dengan nama ikan palmas.

Sebagai salah satu ikan hias yang hias yang berasal dari perairan di Afrika Barat,  ikan palmas termasuk ikan primitif dan predator. Ikan palmas memiliki bentuk kepala yang hampir sama dengan ikan gabus, yang dimana hampir menyerupai ular (snake head fish).

Ikan palmas mampu menyerap udara dengan melalui sistem pernapasan yang sama seperti paru-paru. Jenis ikan hias yang satu ini juga sering menggunakan sirip dadanya yang sangat kuat untuk bisa merayap di atas permukaan tanah.

Maka dari itu, akuarium yang digunakan sebagai tempat untuk memilihara ikan palmas harus dilangkapi dengan penutup supaya ikan nantinya tidak bisa kabur dari tangku. Meskipun perangainya buas, tetapi Anda masih bisa memelihara ikan palmas ini bersama dengan ikan-ikan lainnya. Namun dengan syarat ikan tersebut harus memiliki postur yang lebih besar.

Seperti halnya dengan ikan purba yang lainnya, ikan hias palmas atau ikan naga ini bisa hidup dengan baik dalam perairan yang memiliki kandungan oksigen dengan kadar rendah.

Pada umumnya ikan palmas memiliki ukuran tubuh yang sangat panjang dan bahkan bisa mencapai 30 cm.  Perlu diketahui bahwa untuk ikan palmas berjenis kelamin jantan memiliki sirip anus yang ukurannya dua kali lebih besar jika dibandingkan dengan ikan betina.

Sekarang ini ada banyak sekali jenis ikan palmas atau ikan naga yang tersebar hingga di seluruh dunia. Namun hanya ada beberapa jenis ikan palmas saja yang paling umum dipelihara, yaitu polypterus palmas buettikoferi, polypterus palmas, polypterus ornatipinis, polypterus delhezy, polypterus palmas polli, dan polypterus weeks.

Cara Merawat Ikan Palmas dalam Akuarium

Lalu bagaimana cara merawat ikan palmas? Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan mengenai cara merawat ikan palmas secara tepat berikut ini:

  1. Pemilihan Ikan Palmas

Ikan PalmasIkan palmas bisa Anda pelihara dalam sebuah aquarium secara berpasangan atau bisa juga berkelompok. Satu pasang ikan palmas terdiri dari 1 betina dan 1 jantan. Sedangkan jika Anda ingin memelihara ikan palmas secara berkelompok maka Anda bisa masukkan 3 betina dan 2 jantan ikan palmas sekaligus.

Untuk jenis kelamin ikan palmas bisa diketahui dengan cara melihat ukuran sirip analnya. Dalam hal ini ikan palmas jantan memiliki sirip anal yang lebih lebar, sedangkan untuk ikan betina memiliki sirip anal yang cukup kecil.

Ikan hias palmas yang bagus bisa dilihat dari bentuk bagian tubuhnya yang nampak proposional.  Selain itu, ikan palmas sedang dalam kondisi yang sehat.

  1. Mengatur Kondisi Aquarium

Mengatur Kondisi AquariumMedia yang digunakan untuk memelihara ikan palmas bisa berupa kolam ataupun aquarium. Jika Anda tertarik untuk memelihara ikan ini dalam sebuah aquarium, maka aquarium yang digunakan harus memiliki ukuran setidaknya 100 x 50 x 40 cm supaya ikan nantinya bisa bergerak secara lebih leluasa.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Palmas

Selain itu, Anda juga melengkapi aquarium dengan alat aerator atau submersible untuk meningkatkan kandungan udara yang larut dalam air. Supaya habitatnya menjadi semakin mirip, Anda bisa memasukkan bebatuan, potongan kayu, dan juga air.

  1. Pengisian Air Bersih

Pengisian Air BersihSebelum dimasukkan dalam aquarium, air yang ingin digunakan harus dibersihkan lebih dahulu. Tujuannya tak lain untuk menghilangkan kandungan zat kaporit. Air yang digunakan juga harus mempunyai tingkat keasaman yang berkisar mulai dari PH 6,5 sampai dengan 7.

Jika sudah maka air bisa langsung diisikan ke dalam aquarium sampai mencapai ketinggian 25 cm supaya ikan palmas nantinya tidak bisa meloncat dengan mudah ataupun kabur. Usahakan untuk selalu menjaga temperatur air agar selalu berada di angka 16 sampai 27 derajat celcius.

  1. Pemberian Pakan

Pemberian Pakan Ikan PalmasIkan palmas termasuk dalam jenis ikan karnivora. Ada banyak sekali variasi makanan yang bisa Anda berikan untuk ikan hias ini, seperti misalnya anakan ikan mas, jangkrik, anakan ikan lele, cacing, udang, cere, danlain sebagainya.

Anda juga bisa menambahkan pakan berupa pelet supaya kebutuhkan gizi ikan palmas terpenuhi. Pakan bisa diberikan sebanyak 3 kali dalam satu hari dengan kadar yang secukupnya.

  1. Membersihkan Aquarium Secara Berkala

Membersihkan Aquarium Secara BerkalaAquarium yang digunakan sebagai tempat budidaya ikan palmas harus dibersihkan secara berkala. Selama satu minggu sekali, Anda harus mengganti ¾ volume air dalam aquarium tersebut dengan air yang baru.

Sedangkan untuk pembersihan aquarium secara menyeluruh bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Hal ini memiliki tujuan utama untuk selalu menjaga kualitas air dalam aquarium. Selain itu, juga akan membuat ikan palmas terhindar dari stress. Sebab, jika aquarium jarang dibersihkan maka dapat memicu timbulnya banyak kotoran dalam aquarium sehingga bisa membuat ikan hias palmas ini mudah mengalami stress.

Proses pembersihan aquarium sendiri bisa dilakukan dengan sangat mudah dan bisa Anda lakukan sendiri. Untuk pembersihannya tinggal Anda basuh dengan menggunakan air yang mengalir. Lakukan pembersihan kolam aquarium ini secara rutin supaya kondisi air kolam selalu bersih.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat Ikan Palmas dalam Akuarium semoga bermanfaat untuk semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here