Cara Memilih Bibit Ikan Louhan Yang Bagus untuk Budidaya

0
405

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan Yang Bagus untuk Budidaya

Cara Memilih Bibit Ikan LouhanHalo para ikan hias lovers…. untuk Anda para penghobi pemula pasti sudah tidak asing dengan nama ikan hias satu ini bukan. Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan hias yang cukup populer apalagi di kalangan para penggemar ikan hias air tawar. Yups… ikan hias air tawar satu ini adalah Ikan louhan.

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan

Ikan hias air tawar ini satu ini memang sangat populer dan banyak penggemarnya dan dalam artikel kali ini kami akan memberikan beberapa tips dalam memilih bibit ikan louhan yang berkualitas untuk Anda yang ingin melakukan budidaya ikan hias air tawar satu ini.

Mungkin Anda para penggemar ikan hias sudah tidak asing lagi dengan ikan hias air tawar satu ini. Iyaa hal ini karena untuk ikan hias air tawar satu ini adalah ikan hias yang pernah booming di indonesia. Ikan hias ini adalah Ikan louhan.

Ikan hias satu ini adalah ikan yang sangat terkenal sampai mendunia karena memiliki warna sisik yang berbeda-beda dan benjolan di kepalanya yang berbentuk sangat khas.

Perlu Anda ketahui juga bahwa ikan yang sangat terkenal ini memiliki habitat asli ikan ini hanya dari Malaysia dan Taiwan. Tidak menyangka  bukan? Walaupun habitat asli ikan ini ada di malaysia dan juga di taiwan meski begitu ikan ini juga bisa sangat terkenal dan digemari oleh orang dari seluruh dunia.

Di Malaysia sendiri ikan ini terkenal dan banyak digemari karena benjolan di kepalanya yang banyak dikenal sebagai “kapal perang”. Sedangkan di negara taiwan sendiri jika benjolan pada ikan ini lebih besar dan ekornya panjang merupakan tanda keberuntungan maka ikan louhan ini akan memiliki harga yang cukup tinggi.

Di Indonesia ikan ini pernah trend waktu itu harga lohan sangatlah tinggi bisa mencapai puluhan juta, sekarang ikan louhan mudah ditemui karena banyak sekali breedernya. Setelah trend habis, ikan ini mengalami penurunan harga yang sangat jauh.

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan

Iyaa.. kita tidak bisa memungkirinya ikan hias air tawar jenis Ikan louhan merupakan ikan hias yang terkenal dan banyak dipelihara di dalam akuarium. Naah… untuk Anda yang ingin memelihara ikan hias satu ini sangat perlu memperhatikan bibit Ikan lohan yang Anda inginkan. Cara memilih bibit ikan louhan yang bagus tentu harus Anda perhatikan.

Ikan louhan ini menjadi unik karena warna sisiknya yang unik cerah serta memiliki bagian benjolan atau jenong di kepalanya. Jenong ini dikenal juga dengan julukan benjol kelam. Karena dengan adanya keunikan dalam ikan hias satu ini membuat harganya pun juga lumayan mahal.

Naah untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan mengenai cara memilih bibit ikan louhan yang bagus sebagai berikut:

  1. Pilih bibit ikan yang sehat

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan yang pertama adalah  mendapatkan bibit ikan louhan yang bagus, untuk ini selalu pilih bibit ikan yang sehat. Bibit ikan yang sehat bisa dilihat dari kondisi fisiknya yang sempurna. Hindari bibit ikan yang diselimuti bercak-bercak putih atau jamur.  Karena  bibit ikan hias seperti ini ke depannya aka sulit untuk tumbuh dengan sehat dan bagus seperti  harapan kita.

  1. Pilih anakan dengan jenong yang cukup besar

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan  berikutnya adalah memiliki anakan  ikan louhan. Perlu kita ketahui bahwa Ikan louhan yang bagus memiliki jenong atau benjolan di kepala yang cukup besar. Meskipun harganya agak mahal, sebaiknya pilih anakan ikan louhan dengan jenong yang cukup besar. Hal ini penting agar Anda tidak merasa kecewa saat ikannya tumbuh nantinya.

  1. Pilih bibit ikan yang memiliki banyak motif

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan  berikutnya memilih Ikan louhan yang bagus. Untuk mendapatkan ini pilihkan ikan lohan yang memiliki banyak motif unik di tumbuhnya. Pilihlah bibit ikan yang memiliki banyak motif, baik yang berukuran besar maupun berukuran kecil. Ikan dengan motif unik memang terlihat lebih indah. Semakin unik desainnya maka akan semakin bagus. Tentunya dengan ikan yang memiliki motif yang unik juga akan memiliki harga yang cukup mahal jika Anda ingin menjualnya.

  1. Pilih bibit ikan dengan postur yang bagus

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan  berikutnya pilihlah bibit ikan louhan yang memiliki postur yang bagus. Postur louhan yang bagus diantaranya memiliki tubuh agak bulat, tebal, dan memanjang. Hindari memilih bibit ikan yang terlihat terlalu kurus.

 

 

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan

  1. Pilih bibit ikan yang mengandung warna merah

Memilih ikan louhan yang memiliki Warna merah yang menjadi bagian tubuh adalah pilihan yang tepat dalam Cara Memilih Bibit Ikan Louhan. Hal ini karena ikan louhan yang memiliki jenis warna seperti ini adalah jenis ikan louhan yang disukai para pecinta ikan louhan. Oleh karena itu Cari bibit ikan yang memiliki warna merah, baik banyak ataupun sedikit pada bagian tubuhnya.

Untuk lebih jelasnya dalam melihat warna merah pada ikan lohan ini Anda bisa melihat misalnya di bagian insang, perut, atau pun di bagian sirip atas. Warna yang baik yaitu merah pekat di bagian bawah tubuh ikan, lalu menjadi semakin cerah ke bagian atasnya.

  1. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan  berikutnya  adalah memperhatikan Mata ikan louhan. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang penting. Pilih bibit ikan dengan mata yang bagus. Mata ikan louhan yang bagus selalu memiliki bulatan yang berwarna merah di bagian kedua bola matanya.  Dan tentu saja jika Anda mendapatkan ikan louhan dengan mata yang bagus juga akan meningkatkan harga jualnya saat dewasa nanti.

  1. Pilih bibit ikan yang tidak cacat

Cara Memilih Bibit Ikan Louhan  berikutnya harus hari-hati dalam memilih bibit ikan louhan. Hindari memilih bibit ikan louhan yang cacat. Anda harus selalu ingat untuk pilih bibit ikan yang tidak cacat. Karena jika Anda memelihara bibit ikan lohan yang cacat akan berpengaruh besar pada pertumbuhan ikan louhan ke depannya.

Beberapa kelainan fisik yang mungkin ditemukan pada ikan louhan yaitu tubuh yang bengkok, kerusakan pada bagian siripnya, kelainan di bagian tulang punggung, dan lain sebagainya.

  1. Pilih bibit ikan dengan bentuk sirip tertentu

Sirip ikan louhan juga ternyata penting dan perlu diperhatikan. Bentuk sirip ini dapat mempengaruhi sifat atau keagresifan ikan louhan. Anda perlu untuk pilih bibit ikan louhan dengan bentuk sirip tertentu.

Pilih bibit ikan yang memiliki sirip bagian atas berdiri atau tidak menguncup. Selain itu juga perhatikan bagian siripnya. Bagian sirip ekor ikan usahakan pilih yang memang mengembang sempurna.

Demikian penjelasan lengkap mengenai cara memilih bibit ikan louhan yang bagus. Apakah Anda ingin budidaya ikan hias satu ini? semoga artikel ini bisa membirkan manfaat dan bisa menjadi referensi Anda yang ingin budidaya ikan hias air  tawar indah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here