Cara Mengatasi Tutup Insang Arwana Melengkung

0
8205

Cara Mengatasi Tutup Insang Arwana Melengkung

Cara Mengatasi Tutup Insang Arwana Melengkung

Cara Mengatasi Tutup Insang Arwana Melengkung – Ikan arwana merupakan slah satui ikan hias air tawar yang cukup tangguh terhadap serangan penyakit-penyakit ikan. Meskipun ikan arwana ini cukup tangguh tidak berarti ikan ini 100 persen selalu sehat atau kebal.

 

Umumnya penyebab penyakit pada ikan arwana terbagi menjadi 2 jenis, yaitu penyakit yang disebabkan oleh factor lingkungan atau habitat yang kurang tepat dan penyakit yang disebabkan oleh parasite, seperti jamur, bakteri, dan protozoa.

 

Penyakit ikan arwana seperti Redspot, Jamur, Stress, Tutup insang melengkung atau terbuka dan penyakit lainya dapat mengganggu kesehatan ikan dan dapat menyebabkan kematian pada iakn.

 

Kali ini kami akan sedikit membahas salah satu masalah pada ikan arwana yaitu tutup insang yang  melengkung atau terbuka, dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Tutup Insang Arwana Melengkung

 

Penyakit ini sangat terlihat jelas sekali pada perubahan bentuk dan fisik si ikan, karena kita dapat dengan jelas melihat gangguan pada si ikan arwana secara langsung. Sangat berbeda sekali dengan ikan yang sakit karna bakteri atau parasit, yang penyakitnya tidak bisa kita lihat dengan jelas.

Gejala Tutup Insang Melengkung

Sebagaimana namanya, penyakit ini menyerang pada bagian insang si ikan. Sesekali kita melihan bagiantutup insang arwana ini terbuka segingga insang bagian dalamnya terlihat sangat jelas. Selain itu ada ciri yang lainya, yaitu warna insang berubah menjadi kehitaman.

Apabila ikan arwana anda mengalami ciri-ciri sebagaiman yang sudah tersebut, maka segeralah melakukan penanganan. Karena penyakit ini dapat dengan mudah sekali membunuh arwana anada.

Penyebat Tutup Insang Arwana Melengkung

 

Penyebab tutup insang arwana melengkung itu bisa terjadi karena beberapa factor, diantaranya sebagai berikut :

  • Kadar oksigen dalam air yang rendah
  • Suhu air yang terlalu rendah
  • Pemberian obat yang melebihi dosis
  • Serangan parasit sejenis bakteri

Dari beberapa yang sudah tersebut di atas, penyebab yang paling sering menjadikan tutup insang arwana melengkung adalah kurangnya kadar oksigen dalam akuarium atau kolam.

Disaat kondisi oksigen dalam air rendah, Ikan arwana cenderung akan bernafas dengan cepat yang berarti terjadi gerakan buka-tutup insang dengan cepat pula.

Aktivitas bernafas yang terlalu cepat ini seringkali terjadi secara tidak sempurna, sebagai contoh yaitu ketika insang belum tertutup sempurna namun sudah terbuka kembali.Hal ini lah yang menjadikan tutup insang si ikan menjadi tidak normal.

Pencegahan dan Pengobatan Tutup Insang Arwana Yang Melengkung

 

Untuk tahapan pencegahan dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan oksigen yang cukup dalam aquarium. Jika dirasa aerator tidak memadai dalam suplai oksigen, anda dapat mengganti aerator dengan yang lebih besar. Selin itu kualitas air dalam aquarium harus selalu dijaga dengan baik.

Untuk proses pengobatan tutup insang melengkung dapat dilakukan dengan cara memberikan suplai oksigen murni langsung ke arah insangnya. Tutup insang yang melengkung dapat diperbaiki dengan melakukan operasi kecil pada bagian tepi tupu insang arwana. Tentu saja untuk melkukannya harus membutuhkan keahlian yang cukup.

Nah itu tadi tahapan – tahapan dalam melakukan pencegahan dan pengobatan pada insang arwana yang melengkung, jika anda memperhatikan hal – hal penting diatas pastinya anda akan dapat mengobati ikan arwana anda jika sedang mengalami sakit seperti penyakit diatas. Dan tetap menambah edukasi anda tentang perawatan dan pemeliaharaan ikan arwana dengan baik, agar ikan arwana yang anda pelihara tetap dalam kondisi sehat dan prima.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here