Cara Mengembang Biakkan Ikan Koi Dengan Mudah

0
100

Cara Mengembang Biakkan Ikan Koi Dengan Mudah

Cara Mengembang Biakkan Ikan Koi Dengan Mudah

Cara Mengembang Biakkan Ikan Koi Dengan Mudah – Ketika anda berniat mengembang biakkan ikan koi, yang perlu anda perhatikan ada beberapa penjelasan, simak penjelasan lengkapnya. Ketikan anda mulai pada proses mengawinkan Ikan Koi anda, maka mulailah dengan memasukkan ikan koi indukan kedalam kolam pemijahan pada sore hari. Dengan metode Semakin lama di kolamnya maka ikan koi jantan akan menempelkan tubuhnya ke ikan betina juga akan semakin lama. Hal ini kemudian akan membuat ikan betina mengeluarkan sel telurnya sambil sesekali akan meloncat ke udara. Pada Ikan koi  jantan pun juga akan memberikan respon dengan melepaskan sel spermanya, maka akan terjadilah pemijahan secara alami.

Lalu setelah itu Sel telur pada ikan koi yang telah terikat oleh sel sperma ikan koi jantan akan menempel juga di kakaban, sedangkan sel terlur yang tidak mendapatkan sel spermaikan koi jantan, maka akan jatuh tenggelam di dasar kolamnya. Proses pemijahan pada Ikan Koi itu hanya berlaku satu hari saja, sehingga anda juga harus segera mengeluarkan semua indukan ikan koi  dari kolam pada keesokan paginya.

pilihlah PAKAN TERBAIK bagi IKAN KOI anda

  • Jika anad ingin memiliki ikan koi dengan tubuh ideal, maka berikanlah makanan seperti germ, wheat, tepung, gandum, tepung ikan,tepung udang, dan juga bungkil atau kacang kedelai.
  • Jika anda ingin mencemerlangkan atau mempertajam warna Ikan Koi anda maka berikanlah makanan seperti ganggang atau alga, wortel, chlorella, spirullina, semangka, sawi, kubis, dan cabai hijau. Bisa juga anda menambahkan dengan udang udang an, kepiting, trout, krill, salmon, jentik nyamuk,atau kutu air, cacing rambut dan cacing darah.

merawat KOLAM IKAN KOI dengan benar

  • Pastikanlah kebersihan filter pada kolam ikan koi anda, jangan lupa untuk cek setiap 1 minggu sekali, pada saat ada pergantian air kolam koi anda.
  • Jangan lupa Gantilah air pada kolam 1 kali seminggu, atau sebanyak 10% dan juga hindari lah mengganti air kolam anda secara meyeluruh, karena nantinya bisa mengakibatkan ikan koi lebih membutuhkan waktu yang lama untuk beradaptasi kembali.
  • Pastikan juga sekitar kolam dapat terlindungi dari hewan predator seperti ular, burung, kucing, atau tikus dan juga beberapa parasit seperti kutu air atau kutu jangkar yang dapat menyebabkan Ikan Koi bisa mati secara perlahan.
  • Jaga juga suhu pada air sekitar 24 – 26 derajat celcius, oksigen di kolam minimal 3 hingga 5 ppm dan nitrit maksimal 0.2, dan juga perhatikanlah pH air dikolam koi anda yaitu antara 7.2 hingga 7.4 sehingga agak basa.

HARGA jual IKAN KOI DI PASARAN

Ukuran Ikan Harga/ekor
8-12 cm Rp.   40.000
12-15 cm Rp.   50.000
15-18 cm Rp. 100.000
20 cm Rp. 150.000
25 cm Rp. 320.000
30 cm Rp. 400.000

 

TIPS baik dalam MEMILIH IKAN KOI

 

  • Gerakan insang pada ikan koi harus bergerak secara perlahan dan teratur dengan kedua belah katup insang, dengan kondisi tidak jauh dari badannya
  • Luangkanlah beberapa waktu yang cukup untuk memperhatikan bagaimana cara berenang Ikan Koi yang akan anda pilih. Perhatikan gerakannya, harus diperhatikan, gerakannya harus lebih mulus dan juga tidak tersendat-sendat.
  • Jangan lupa untuk menanyakan jenis Ikan Koi yang ingin anda pilih
  • Hal yang perlu diketahui lainnya dan wajib dipertimbangkan adalah bentuk badan ikan koi, baik pola warna ikan koi yang seimbang dengan KIWA yang tajam, warnanya yang bersih dan gaya berenangnya luas.
  • Ingatlah juga Jangan evaluasi kekurangan pada ikan koinya saja.
  • Hindarilah membeli jenis Ikan Koi dengan kulit yang kemerahan, sisiknya berdiri, titik putih, atau matanya yang buram, sirip ikan koi yang terlihat membusuk, atau adanya benjolan pada kepala dan katup insang ikan koinya. Dan juga Mintalah pada penjual untuk meletakkan ikan yang sudah anda pilih tadi pada tempat yang dangkal sehingga anda akan lebih mudah dalam memeriksanya dengan teliti.

 

Itu tadi beberapa cara dan tips mengembang biakkan ikan koi, jadi mulailah untuk merawat kemudian bisa langsung dikembangkan untuk menambah koleksi anda. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here