Cara Merawat Anakan Ikan Koi

0
475
Kumpay Koi

Cara Merawat Anakan Ikan Koi

Cara Merawat Anakan Ikan Koi

Cara Merawat Anakan Ikan Koi – Kebanyakan dari pecinta ikan hias terutama jenis ikan koi, mereka membeli ikan koi dengan ukuran sedang atau sudah besar, karena kebanyakan orang beranggapan lebih mudah untuk merawatnya,namun sebenarnya tidak menutup kemungkinan kalau ikan koi anakan juga mudah dalam perawatannya. Nah buat kalian yang tertarik untuk merawat ikan koi anakkan, kali ini kita akan sajikan cara perawatan ikan koi anakan mudah dan lengkap, begini caranya :

  1. MENJAGA dan merawat KESEGARAN AIR pada KOLAM ikan koi

Dalam menjaga kesegaran air pada kolam koi, Pastikan selalu kolam Ikan Koi memiliki penyaring yang dapat membuat air kolam selalu segar, cukup luas secara natural dan juga dapat dialiri udara, maupun dipompa. Selain itu Anda juga dapat menambahkan bahan untuk menjaga air tetap segar dan bebas hama. Akan tetapi pastikan juga bahan kimia yang anda gunakan tetap aman untuk Ikan Koi anda.

  1. selalu BERIKAN PELLET IKAN koi YANG BERKUALITAS

Selain makanan dasar pada ikan koi, Ikan Koi juga sangat membutuhkan makanan tambahan seperti halnya pellet ikan yang memiliki protein tinggi. Sebelum memberikan pellet pada ikan koi, pastikan juga anda telah membaca kandungan nutrisi di dalam makanannya, dan jangan lupa juga untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dari Ikan Koi anda. Selain itu Anda bisa mendapatkan jenis pellet ikan ini di tempat petshop terdekat.

  1. ikan koi selalu dipastikan sehat

Bagi anda yang merawat ikan koi anakan, Perhatikan juga apakah ikan koi anda mengalami kelelahan atau tidaknya. Selain itu perhatikan juga ikan koi tersebut Hilang nafsu makan atau tidak, serta cenderung menyendiri dari ikan lainnya atau tidak. Pastikan juga kolam selalu bersih dan segar. Jika ada ikan koi yang sakit maka segeralah pisahkan dari ikan lainnya agar tidak bisa menularkan penyakit.

  1. MERENDAM PELLET DALAM KOLAM ikan koi

Sebelum anda memberikan pellet pada ikan, maka baiknya rendamlah pellet tersebut di dalam air kolam selama kurang lebih 30 detik hingga 1 menit. Tujuannya agar pellet menjadi lebih aman dan mudah dicerna oleh ikan koi anakkan.

  1. pilihlah KOLAM ikan koi YANG TEPAT

Ketika anda membuat kolam ikan koi, maka anda harus membuat kolam dengan kedalaman kurang lebih 1 meter yang fungsinya  mampu menampung air sekitar kurang lebih 1100 liter.

  1. berilah makan pada koi sesuai kondisinya

Selain itu Anda juga harus memperhatikan beberapa kondisi seperti ukuran kolam, suhu kolam, dan berilah makananan pada ikan koi dengan jumlah yang sedikit karena saluran pencernaan Ikan Koi itu tergolong pendek. Jika ikan koi terlalu banyak diberikan makanan maka ikan koi anda akan beresiko mengalami beberapa gangguan kesehatan atau bahkan dapat mengancam hidup ikan koi.

  1. siapkan tanaman alami untuk kolam koi

Setelah kolam anda siapkan, anda juga perlu menyiapkan tanaman alami untuk ikan koi, Karena beberapa nutrisi yang dibutuhkan ikan koi dapat juga berasal dari tanaman – tanaman alami yang tumbuh di sekitar kolam. Beberapa tanaman seperti duckweed dan alga, juga bisa dipilih, dengan memberikan potongan sayuran seperti kacang polong,  bayam, wortel, selada juga bisa menjadi tambahan suplemen bagi ikan koi anda.

  1. BERIlah MAKAN IKAN koi DI SATU LOKASI saja

Ketika anda ingin memberikan makan pada ikan koi, maka lakukanlah di satu lokasi yang tetap. Idealnya yaitu berada di pinggiran kolam. Dimana anda dapat mengawasi apakah beberapa ikan koi anda aman dan juga sekaligus anda dapat mengecek kesehatan ikan koi anda.

  1. mengUKUR SUHU pada AIR KOLAM

Sesungguhnya Perubahan suhu pada kolam sangat mempengaruhi metabolisme pada ikan koi sehingga dapat merubah kebiasaan makan pada ikan koi tersebut. Penjelasannya yaitu Semakin tinggi suhu kolam ikan koi, maka metabolisme ikan koi juga akan semakin meningkat dan juga jumlah makanan maupun frekuensi pemberian makannya bisa diturunkan.

  1. BERIKANlah MAKANAN kusus UNTUK MENCERAHKAN WARNA

Ikan Koi memiliki ciri khas yang terkenal yaitu ikan hias dengan kulitnya yang indah. Anda juga sangat dianjurkan untuk memberikan makanan yang dapat mencerahkan warna pada ikan koi anda. Sebagai contohnya yaitu udang, spirulina atau krill.

 

  1. ketahuilah UMUR pada IKAN koi

Untuk menentukan berapa jumlah makanan bagi Ikan Koi anda, anda juga perlu mengetahui berapa usia, panjang serta berat pada Ikan Koi yang anda miliki. Ketika anda membeli seekor Ikan Koi jangan lupa untuk menanyakan berapa usianya dan catat perkembangan ikan koi anda dari waktu ke waktu.

  1. BERIKANlah jenis MAKANAN HIDUP

Di alam terbuka, bagi Ikan Koi untuk mendapatkan makanan dari hewan kecil yang masih hidup sangatlah penting. Untuk itu anda bisa memberikan Ikan Koi dengan beberapa makanan hidup seperti serangga, tanaman alga, cacing atau larva.

  1. BERIKANlah UDANG DI BEBERAPA WAKTU

Selain ikan koi memerlukan makanan yang hidup, Ikan Koi juga memerlukan asupan protein yang lebih banyak. Tambahan protein pada makanan ini bisa anda dapatkan dari udang beku. Selain itu Anda juga bisa memberikan ikan yang telah di potong kecil – kecil. Namun yang perlu anda perhatikan yaitu pemberian ikan kecil atau udang ini jangan terlalu sering diberikan tapi hanya beberapa waktu saja

Jadi itu tadi beberapa langkah – langkah atau cara yang mudah dan lengkap untuk memelihara ikan koi anakkan, semoga bisa menginspirasi, dan membuat anda lebih tertarik untuk memelihara ikan koi, kususnya yang ukuran anakkan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here