Cara Merawat Ikan Koi Dewasa Dengan Baik Dan Benar

0
215

Cara Merawat Ikan Koi Dewasa Dengan Baik Dan Benar

Cara Merawat Ikan Koi Dewasa Dengan Baik Dan Benar

Cara Merawat Ikan Koi Dewasa Dengan Baik Dan Benar – Ikan hias jenis Koi ini mungkin saat ini sudah tidak asing lagi dikalangan umum khususnya para pecinta ikan hias, namun tidak banyak yang mengetahui ikan koi ini memiliki cara perawatan tersendiri, terkadang ketika kita memiliharanya kita tidak mengetahui bagaimana merawatnya dengan benar.

Untuk cara perawatannya yaitu :

  1. PILIHlah IKAN koi YANG BERKUALITAS

Jika anda akan membeli ikan koi, maka pilihlah Ikan Koi yang berumur lebih dari 2 tahun, selain itu usahaka memiliki bentuk tubuh yang bagus dan ideal serta diusahakan memilih ikan koi yang mempunyai lekukan sehingga akan lebih terlihat seperti torpedo. Perhatikan juga untuk Gaya berenang Ikan Koi, karena gaya ikan koi yang bagus itu juga harus seimbang yaitu tidak telalu lambat namun juga tidak terlalu cepat. Untuk itu Ikan Koi yang sudah besar, anda juga perlu memperhatikan kesehatannya, baik hanya untuk peliharaan atau untuk di budidayakan.

  1. CARA PEMBERIAN PAKAN IKAN KOI

Cara memberi makan ikan koi yaitu Ikan Koi diberi makan sebanyak dua kali sehari yaitu ketika pagi dan sore hari. Jenis pakan ikan koi yang bisa diberikan adalah jenis Sawi, kubis, kubis, cacing darag, cacing rambut, semangka dan juga bisa menggunakan jenis udang – udangan.Untuk jenis pakan ikan koi lainnya yaitu makanan – makanan mengandung protein tinggi yang akan mampu mendukung pertumbuhannya seperti bungkil kacang kedelai, tepung udang, gandum, dan tepung ikan.

Pakan lainnya yang bisa diberikan pada ikan koi yaitu sawi, alga, cabai hijau, wortel, dan juga kubis juga bagus karena pada sayuran ini juga mengandung zat karoten untuk merangsang warna pada Ikan Koi. Selain itu Anda juga bisa memberikan pakan Ikan Koi pabrikan yang sudah mengandung dan memiliki semua zat yang diperlukan Ikan Koi. Sehinnga Ikan koi anda juga akan bertumbuh lebih sehat lagi.

  1. MEMBUAT KOLAM IKAN KOI DARI BETON

Untuk membuat kolam ikan koi, yaitu memiliki Ukuran ideal yaitu mulai dari 5×10 meter dengan ketinggian air dari 100 hingga 120 cm. Untuk membuatnya tidak begitu sulit yaitu langkah pertama Buatlah galian pada tanah dan jgua pasang beton di galian tersebut. Selain itu jangan lupa Pasang juga saluran air di bagian tengah kolam. Sesudah kolam ikan koinya siap maka biarkan terlebih sahulu selama 2 hingga 3 hari sebelum di pergunakan untuk melepas Ikan Koi anda.

Ketika pembuatan kolamnya sudah mencapai 3 hari, maka tambahkanlah desinfektan dengan takarannya 20-30 mg/liter ke dalam kolam dan biarkan saja selama beberapa hari. Setelah itu mulailah untuk mengisi kolam ikan koinya dengan air sebanyak 100-120 cm. Kolam ikan koi yang sudah siap harus ditambahkan juga pupuk organik didalamnya sebanyak 50% lalu biarkan kembali selama 2-3 hari agar kutu air, plankton dan lumut bisa tumbuh didalam kolamnya.

  1. membersihkan kolam hanya dengan batang pisang

Ketika anda baru membuat kolam kusus ikan koi, maka jangan anda langsung memasukkan ikan koi kedalam kolam, karena kolam baru memiliki aroma yang menyengat, sehingga hal tersebut tidak disukai ikan koi, maka anda dapat mencoba membersihkannya dengan batang pohon pisang. Getah yang terkandung dalam batang pisang ini dapat mengikat senyawa berbahaya pada kolam beton baru tersebut.

Setelah itu Lanjutkan dengan mengisi air pada kolam hingga penuh dan kuras kembali keesokan harinya. Hal ini bisa anda kerjakan berulang smpai 3-4kali. Sehingga aroma pada kolam barunya akan hilang dengan sendirinya.

  1. TAMBAHKAN FILTER KOLAM PADA KOLAM KOI

Ketika anda sudah menyiapkan kolam untuk ikan koinya maka, Untuk mencegah air  pada kolam ikan koi menjadi keruh karena kotoran ikan dan juga alga atau lumut, anda memerlukan filter kolam. Fungsi filter kolam ini sendiri yaitu, untuk menambah kadar oksigen dalam kolam dan juga mampu mencegah gas amonia yang berasal dari sisa pakan atau kotaran ikan koinya. Untuk pemasangan filter pada kolam ikan koi ini membutuhkan 4 lapis filter yang terdiri dari :

Lapisan pertama: kerikil, ijuk dan , Lapisan kedua: karbon zeloit, Lapisan ketiga: pestisida yang tidak mematikan bakteri pengurai namun juga berfungsi sebagai penjernih kolam, Lapisan keempat: tanaman dan bebatuan yang berguna untuk mengikat kotoran di dalam kolam.

 

  1. MEMBATASI JUMLAH KOI DI KOLAM

Ikan Koi merupakan ikan hias yang membutuhkan ruang untuk bergerak berbas dan leluasa sehingga ikan koi bisa tumbuh dengan sehat dan cepat. Dan juga perlu diperhatikan Janganlah and memasukkan Ikan Koi terlalu banyak dalam satu kolam karena akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan Ikan Koi

  1. IKAN KOI BARU BUTUH KARANTINA

Hal lain yang perlu diingat yaitu Sebelum anda memasukkan Ikan Koi yang baru saja anda beli ke dalam kolam anda, maka anda juga harus melakukan sebuah karantina terlebih dahulu tujuannyaagar tidak ada penyakit yang dibawa ke dalam kolam tersebut. Ikan koi yang belum di karantina, berpotensi mempunyai penyakit, dan akan juga merugikan ekosistem lain yang ada bersamaan dengannya.

Kalau dilihat dari beberapa perawatan ikan koi diatas, dapat kita simpulkan, bahwa untuk pemeliharaan ikan koi ini tidak boleh sembarangan, namun juga tidak bisa dibilang perawatannya tergolong rumit, dan perlu diingat kembali, bahwa simbol ikan koi merupakan simbol keberuntungan.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here