Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Yang Baik

0
560
Ikan Koki Mutiara

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Yang Baik

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Yang Baik

Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Yang Baik – Ikan mas koki mutiara adalah ikan yang mempunyai ciri khas badan bulat lucu dengan sisik menyerupai Mutiara yang sangat cantik. Ikan ini masih satu ras dengan ikan mas koki fancy yang memiliki ketahanan cukup kuat.

Karena sisik mutiaranya ikan ini sangat popular dipelihara oleh pecinta ikan hias, selain kecantikanya, kebulatan ikan ini juga sangat terlihat lucu ketika berenang, sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

 

 

Asal-usul ikan mas koki mutiara

 

Sebagian besar ikan mas koki mutiara ini di kembang biakkan di Inggris, sngat berbeda sekali dengan jenis-jenis ikan mas fancy yang mayoritas dikembang biakkan di Jepang dan China.

Ikan ini juga torgolong ikan koki jenis baru, yang mana tidak ada catatan nyata tentang ikan ini sebelum awal abad ke 20.

Warna ikan mas koki

 

Ikan mas koki mempunyai beragam warna, di Indonesia warna yang sangat popular adalah merah , hitam, coklat dan kombinasi merah putih.

Hampir disetiap toko ikan hias menjual ikan mas koki mutiara ini. Untuk harganyapun sngat-sangat bersahabat sekali.

Ukuran ikan mas koki mutiara

Untuk pertumbuhan ikan mas koki ini sngat dipengaruhi oleh perawatan dan juga pada kondisi hidup mereka. Bila terawat dengan sangat baik ikan mas koki ini bisa tumbuh hingga 10 sampai 15 cm.

Harapan hidup ikan mas koki

 

Umumnya ikan mas koki ini dapat hidup sekitar 10 hingga 15 tahun, akan tetapi apabila perawatanya sangat baik umur ikan mas koki ini dapat mencapai 20 tahun.

Sangat cocok dipelihara dalam akuarium rumah

Apabila anda baru ingin memelihara ikan emas, ikan mas koki mutiara ini sangat cocok sekali sebagai penghuni akuarium anda, sealain itu karna ketangguhanya ikan ini juga sangat cocok digunakan untuk anda yang masih belajar merawat ikan hias.

Ikan mas koki Mutiara ini terbiasa hidup di lingkungan yang lebih dingin, sehingga lebih mudah bagi anda untuk merawatnya, baik di akuarium maupun di kolam luar rumah, yang penting adalah anda harus menjaga lingkunganya agar tetap bersih, aman, dan rajin merawatnya.

Perhatian khusus untuk ikan mas koki mutiara

 

Sisik-sisik Mutiara ikan mas jenis ini rentan rusak atau terlepas apabila dirawat dengan kasar, benda-benda atau aksesoris akuarium juga bisa menjadi penyebab rusaknya sisik ikan ini , karena benda-benda didalam akuarium mudah tertabrak dll.

Untuk lebih baiknya akuarium mas koki tidak usah diberi aksesoris atau pernak-pernik lainya. Apabila sisik ikan mas koki ini terlepas maka tidak akan bisa tumbuh kembali, sehingga sangat mempengaruhi penampilan dari ikan itu sendiri

Makanan ikan mas koki

 

Pada dasarnya ikan mas koki ini adalah omnivor yang dapat makan apa saja, tapi kebanyakan pemeliharanya menyarankan memberi makan ikan ini dengan pakan beku karena diangnggap lebih baik dari pakan hidup yang sering kali membawa bakteri.

Karena tubuh ikan mas koki ini sangat bundar, mereka rentan sekali terkena sembelit, sehingga anda sangat disarankan untuk merendam makanan jenis flake/serpih sebelum memberikannya kepada si ikan, hal ini dapat membantu menurunkan risiko pembengkakan pada perut mereka dan sebagai pakan untuk diet.

Untuk mengantisipasi sembelit ikan, anda sangat disarankan untuk memberi makan ikan ini kacang polong kupas, tujuanya tetap sama yaitu sebagai diet ikan. Anda dapat melakukan saran ini setidaknya satu minggu sekali sebagai alternatif pencegahan.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara merawat ikan mas koki yang baik, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here