Cara Merawat Ikan Sumatera Tiger Barb

0
71

Cara Merawat Ikan Sumatera Tiger Barb

Cara Merawat Ikan Sumatera Tiger Barb

Cara Merawat Ikan Sumatera Tiger Barb – Ikan Sumatera disebut juga sebagai Tiger barb. Nama ilmiahnya Puntius tetrazona. Ikan Sumatera ini merupakan salah-satu spesies barb paling terkenal. Memiliki karakteristik aktif dan warnanya cerah menarik. sangat cocok untuk menghiasi akuarium siapa pun. Akan tetapi ada yang perlu diperhatikan dalam merawat ikan ini.

 

Habitat asli ikan Sumatera.

Sesuai dengan namanya , ikan kecil ini mayoritas berasal dari perairan pulau Sumatra. Ikan ini tersebar di Sumatera bagian selatan maupun tengah, selain itu juga tersebar di kawasan Thailand dan semenanjung Melayu. Habitat aslinya sendiri merupakan sungai kecil yang bersih dan penuh dengan tanaman.

 

Ikan barb liar juga ditemukan di perairan Suriname, Amerika Serikat, Kolombia, dan Australia.

Sekarang mereka semakin banyak dipelihara di dalam akuarium-akuarium pribadi. Umumnya ikan barb yang dipelihara di dalam  akuarium pribadi merupakan hasil perkembangbiakan dari penangkaran.

 

Deskripsi Ikan Sumatera

 

Ikan sumatera mempunyai bentuk tubuh bulat, pipih dan cukup tinggi. Bagian punggung ikan ini lebih gelap, namun masih memiliki sentuhan warna merah atau oranye, warna utamanya merah muda dan emas, sedangkan untuk perutnya berwarna putih kekuningan. Bagian depan kepalanya dipenuhi warna merah dan cokelat. Lalu di tubuhnya terdapat 4 garis hitam.

 

Ikan yang paling banyak tersebar yaitu dari jenis green tiger barb. Ini merupakan ikan yang memiliki garis-garis padat dan sekujur tubuhnya berwarna hijau. Kemudian ada barb albino tiger, yang mempunyai garis-garis berwarna putih, matanya merah, dan tubuhnya berwarna merah muda mencolok.

Ikan Sumatera yang hidup di alam liar bisa mencapai  berukuran 7-10 cm. Namun apabila sudah menghuni akuarium pertumbuhannya tidak akan melebih 5 cm. Masa hidupnya pun juga tidak begitu lama, hanya 3-4 tahunan.

 

Kesulitan Memelihara Ikan Sumatera

 

Sebenarnya pecinta ikan hias pemula pun dapat dengan mudah memelihara ikan ini. Namun yang perlu diperhatikan, ikan ini membutuhkan aerasi yang baik dan bersih.

Kemudian, tidak semua ikan hias dapat betah bersama dengan ikan Sumatera. Seperti ikan mas dan ikan-ikan yang bersirip panjang akan hidup tertekan secara terus-terusan. Demikian pula dengan ikan lainya.

Salah satu ketidak cocokan ikan Sumatra dicampur dengan ikan lain yaitu, mereka suka menggigit sirip ikan emas lain. Hal tersebut tentu membuat ikan sumatera ini kurang cocok apabila dijadikan sebagai rekan akuarium bagi ikan lain.

 

Perbedaan Jenis Kelamin Ikan Sumatera

Ketika sudah memasuki usia 6-8 bulan, ikan ini sudah memasuk pada masa produktif. Apabila belum memasuki usia tersebut, maka anda pasti akan kesulitan untuk membedakan mana yang jantan dan mana yang betina. Namun apabila cukup dewasa, barulah anda bisa mengamati gender mereka berdasarkan warna kepalanya.

Ikan jantan akan memiliki warna merah yang lebih terang. Warna tubuhnya juga terlihat lebih cerah apabila dibandingkan dengan ikan betina. Selain itu, ikan betina terlihat lebih gemuk dan besar-besar.

 

Makanan Ikan Sumatera “Tiger Barb”

Karena ikan ini adalah ikan omnivora, maka bisa memakan apa pun. Baik itu makanan hidup, makanan kering, maupun tanaman. Hanya saja, makanan berkalori tinggi dapat menyebabkan obesitas pada ikan. Kalau sudah begitu, ikan Sumatera jantan akan sulit dalam membuahi telur. Ikan betinapun juga akan sulit bertelur dan bahkan mengakibatkan kematian.

Anda yang ingin praktis bisa membeli produk pakan khusus, namun anda harus memastikan produk tersebut aman, sehat, dan berkualitas. Jangan sampai memberi dampak alergi pada ikan. Usahakan juga agar produk tersebut tidak menimbulkan air akuarium cepat kotor dan kumuh.

Demikian sedikit kiat tentang merawat ikan Sumatera, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terimakasih

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here