Cara Mudah Agar Berhasil Dalam Budidaya Ikan Bala Shark Bagi Pemula

0
103
Ikan hias Bala-bala Shark

Cara Mudah Agar Berhasil Dalam Budidaya Ikan Bala Shark Bagi Pemula

Cara Mudah Agar Berhasil Dalam Budidaya Ikan Bala Shark Bagi Pemula

Cara Mudah Agar Berhasil Dalam Budidaya Ikan Bala Shark Bagi Pemula – Ikan bala shark memang masuk dalam jenis ikan hias yang dilindungi dan terancam punah. Dan ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan salah satunya adalah membudidayakan ikan bala shark ini. Selain membantu melestarikan ikan ini kita juga bisa mendapatkan keuntungan jika berhasil panen dan menjual hasil budidaya kita. Karena sampai saat ini jenis ikan bala shark masih tergolong ikan hias Air tawar populer dan banyak dicari kolektor ikan hias.

Bagi sebagian orang mungkin menganggap budidaya ikan bala shark terlihat sulit. Tetapi kami memiliki beberapa tips budidaya ikan bala shark yang cukup mudah bahkan untuk di terapkan oleh pemula sekalipun. Berikut ulsannya bagi Anda.

  1. Persiapan wadah

Ikan bala shark bisa tumbuh dalam ukuran yang lumayan besar. Jadi usahakan menyediakan wadah atau tempat tinggal yang cukup luas untuk ikan bala shark ini. Hal ini dikarenakan ikan ini memiliki ukuran jumbo sehingga membutuhkan wadah besar agar bisa tumbuh dan berkembang dengan sangat baik.

  1. Proses pemijahan

Ketika ikan masuk umur tiga tahun maka dapat melakukan pemisahan dengan panjang standar ikan antara 22 – 25 cm untuk betina dan 15 – 20 cm untuk jantan.

Untuk membedakan ha bisa dilihat dari bentuk ikan bala shark jantan lebih kecil dari betinanya sedangkan ikan bala shark betina lebih besar dari jantannya dan memiliki perut yang tampak lebih bulat.

Proses pemindahan bisa menggunakan beberapa cara seperti berikut :

  • Pematangan Gonad

Cara ini dapat dilakukan pada kolam minimal 50 m2 atau bak tembok minimal 6 m2 dengan kedalaman air tidak kurang dari 60 cm. Kualitas air itu sendiri harus mengandung oksigen yang terlarut > 3 ppm, pH 6 – 7.5, dan suhu 24 – 30 derajat Celcius, serta bebas dari bahan pencemaran. Selain itu harus pula meyiapkan pakan buatan sendiri dengan kandungan protein 35 – 90% atau bisa juga menggunakan pakan komersial (protein 30%) atau pakan alami seperti cacing tanah (10%) dari jumlah pakan yang diberikan.

Biasanya induk am ikan bala shark bisa matang gonad ketika memasuki musim hujan yaitu pada bulan antara september sampai maret.

  • Menggunakan rangsangan untuk pemijahan

Pemijahan ikan bala shark dengan rangsangan bisa dengan memanfaatkan hormon atau induced spawning pada umumnya dilakukan terhadap jenis ikan yang tidak dapat memijah secara alami. Dan hingga saat ini ikan bala shark belum dapat memijah secara alami. Pengeluaran telur maupun sperma dilakukan dengan cara stripping atau pemijitan.

 

Pemijahan dengan rangsangan ini dapat dilakukan dengan memasukan hormon ovaprim dan HCG melalui suntikan yang dilakukan dua kali. Dosis pada pemyuntikam pertama yaitu 0.15 ml ovaprim dan 50 ml HCG per kilogram bobot dari ikan atau 1/3 dosis.

Sedangkan untuk suntikan kedua menggunakan dosis 0.35 ml ovaprim dan 250 HCG atau 2/3 dosis. Jarak antara penyuntikan pertama ke penyuntikan kedua adalah 5 jam. Dan setelah 9 – 11 jam kemudian ikan bala shark akan ovulasi.

  • Inkubasi Telur dan Pemeliharaan Larva

Jika sudah mendapatkan telur dari indukan ikan bala shark maka siapkan wadah yang berbentuk corong dengan kepadatan sekitar 9.000 – 12.000 butir per corong.

Pada umumnya telur membutuhkan waktu antara 13 sampai 16 jam pada suhu optimal untuk bisa menetas. Kemudian larva akan di panen setelah berumur 1 hari. Setelah larva dipanen tempatkan larva di wadah yang tembus pandang sehingga larva dapat dilihat dari luar dengan ketinggian air dalam akuarium 15 – 20 cm.

 

Larva ikna bala shark sendiri akan bisa memakan makanannya sekitar 4 – 5 hari setelah menetas. Jenis pakan awal yang cocok untuk ikan bala shark adalah nauplii Artemia (100 – 200 μm).

Setelah memasuki usia sepuluh hari, ikan bala shark jenis pakan dapat diganti dengan pakan alami yaitu Moina sp (0.9 – 1.8 mm), Daphnia sp (3.0 – 4.0 mm), dan Tubifex sp (10 – 30 mm). Setelah itu tunggu hingga usia satu bulan larva akan tumbuh menjadi ikan kecil (anakan) berukuran 2.5 – 3.0 cm.

Itulah cara budidaya dan mengembangkan ikan bala shark. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here