Cara Perawatan Dan Budidaya Ikan Arwana Super Red

0
50

Cara Perawatan Dan Budidaya Ikan Arwana Super Red

Cara Perawatan Dan Budidaya Ikan Arwana Super Red

Cara Perawatan Dan Budidaya Ikan Arwana Super Red – siapa yang tidak kenal dengan ikan yang satu ini, ikan yang sangat popular dengan bentuk tubuhnya yang sangat indah dan eksotis mempunyai sisik metalik yang menawan dengan ukuran yang besar. Ikan arwana banyak ditemukan di Asia Tenggara. Ikan arwana ini tergolong ikan yang dilindungi, karena populasinya yang sangat terbatas. Faktor umum penyebab berkurangnya  spesies ikan Arwana Asia ini karena banyak orang yang memperjual belikan ikan ini untuk di koleksi dan sebagai penghias aquarium walaupun harganya terbilang cukup mahal. Akan tetapi ikan arwana super red masih mempunyai peluang untuk di budidayakan dan masih di minati banyak orang.

Salah satu ikan arwana yang paling banyak dicari adalah ikan arwana super red. Jenis super red merupakan salah satu primadona di antara ikan arwana jenis yang lainya. Disebut pula ikan naga karena mempunyai warna merah yang sangat mencolok, ini merupakan keunikan dari ikan Arwana Super Red. Arwana jenis ini biasa di temukan di Kalimanta Barat yaitu di Sungai Kapuas dan Danau Sentarum. Bagi anda yang ingin memelihara atau bahkan membudidayakannya, berikut beberapa tips yang bisa anda simak.

Pemilihan Media Untuk Budidaya

  • Menggunakan media kolam berarti anda harus menyiapkan kolam untuk budidaya dengan kapasitas yang cukup besar setidaknya berukuran 10 x 30 meter. Anda juga bisa membuat susasana sebagaimana habitat aslinya pada kolam ini. Untuk kualitas air dan suhu juga harus terjaga, umumnya unutk suhu yaitu 26-30 derajat celcius dan Ph diusahakan berada di antara 6 atau 7.
  • Menggunakan Media Aquarium Menggunakan aquarium lebih bertujuan untuk keindahan dan juga untuk jumlah ikan Arwana yang relatif lebih sedikit. Namun harus tetap diperhatikan untuk mendesain isi aquarium tetap seperti pada habitat aslinya. Anda bisa menggunakan ukuran aquarium berkisar panjang sekitar 1.5 – 2 meter dan lebar 60 – 70 meter.

Tips Pemilihan Indukan Ikan Arwana Super Red

Memilih indukan Ikan Arwana Super Red yang baik akan sangat mempengaruhi bibit yang baik pula. Untuk usia indukan yang siap untuk di kembangbiakkan biasanya berumur 4 tahun atau lebih. Pada saat memilihnya pun harus jeli, usahakan mimilih calon indukan yang sudah mempunyai warna merah sempurna dan tidak cacat.

Proses Pemisahan Indukan

Setelah pengelompokan indukan dalam satu tempat anda harus melihat, jika ada dua indukan yang selalu bersama-sama apalagi dengan ekor yang saling menempel, maka anda harus memisahkan kedua induk tersebut di tempat atau aquarium khusus supaya dalam pembuahan menjadi sempurna. Umumnya dalam 1 minggu akan terjadi pembuahan dengan sendirinya. Apabila pembuahan telah selesai si betina akan mengeluarkan telurnya, kemudian si jantan akan menyimpan telur-telur dalam mulutnya untuk melindungi dari benda-benda asing hingga 2-8 minggu sampai telur menjadi larva, lalu mengeluarkannya dan membiarkannya berenang.

Pembesaran Anakan Arwana Super Red

Setelah indukan sudah mengeluarkan semua anakanya, maka pindahkanlah anakan tersebut di aquarium incubator yang sudah di desain seperti habitat aslinya untuk beradaptasi. Berilah makan cacing pita dengan ukuran kurang lebih 12-15 cm, Ingat gunakan akuarium yang cukup luas jangan sampai terlalu sempit.

Setelah berusia 1 bulan  anakan arwana super red sudah terlihat cantik dengan ukuran 12-30 cm, dan anda bisa menjualnya di kisaran harga 3juta. Apabila anda ingin mendewasakannya maka pisahkan pada aquarium tersendiri. Rawatlah secara khusus seperti rutin menjemur setiap pagi untuk menghasilkan warna merah yang lebih cantik. Dan usahakan memberi pakan yang baik serta kandungan protein yang cukup. Pakan yang cocok untuk Ikan Arwana Super Red adalah jangkrik, kecoa, ikan-ikan kecil, udang hidup. Untuk menjaga napsu makan Ikan Arwana Super Red ini, berilah pakan yang bervariasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here