Daftar Harga Ikan Mas Koki Tercantik yang Wajib Di Miliki

0
115
Ikan Mas Koki Bubble Eye

Zonaikan.com – Daftar Harga Ikan Mas Koki Tercantik yang Wajib Di Miliki. Lengkap Beserta Harganya. Apakah Anda tertarik untuk memelihara ikan mas koki? Jika Anda sama sekali belum pernah memelihara ikan koi sebelumnya, mungkin yang terlintas dalam benak pikiran Anda adalah ikan oranye dengan bentuk torpedo yang sering dijumpai di pasar ikan.

Sebagian besar pecinta ikan mas koki (Carassius auratus) masih belum tahu memiliki banyak jenis. Para peternak telah bekerja hingga bertahun-tahun lamanya untuk bisa menghasilkan semua jenis varietas ikan koi yang dikembangkan secara selektif.

Maka dari itu, tak heran jika jumlah ikan mas koki yang ada di dunia ini sudah sangat bervariasi. Mulai dari jenis ikan mas koki yang mirip dengan nenek moyangnya sampai dengan varietas yang sangat jauh darinya sehingga mungkin akan sangat sulit untuk mengenali mereka.

Berikut ini kami akan berbagai info mengenai jenis-jenis ikan mas koki tercantik yang bisa dipelihara di rumah. Info yang kami sampaikan ini sudah dilengkapi dengan harganya sehingga akan memudahkan dalam memilihnya. Mari langsung saja simak pembahasan berikut ini.

1. Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan mas koki yang memiliki penampilan sangat cantik ini adalah ryukin. Jenis ikan mas koki yang satu ini di pasaran dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp 10.000.

Ikan mas koki ryukin yang berasal dari kepulauan Ryukyu ini sebenarnya merupakan ikan mas populer yang telah dikembangbiakkan di Jepang. Jika dilihat secara sekilas sangat mirip dengan ikan mas fantail, namun memiliki punuk yang nampak menonjol di kepala bagian belakang yang mengangkat sirip punggung.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Ikan Mas Koki Berubah Warna

Bagian sirip ekor panjang bisa memiliki setidaknya 3 atau 4 lobus, dengan 3 lobus ryukin inilah orang jepang biasa menyebutnya dengan nama “ekor kelopak bunga sakura”.

Ikan mas koki ryukin sendiri memiliki beberapa jenis, yaitu sabao, yamagata kingyo dan juga tamasaba yang sudah dikembangbiakan dan hanya mempunyai satu sirip ekor, warna yang sangat beragam mulai dari merah tua, merah, putih, biru, belacu, dan masih banyak lagi.

Varietas ikan mas koki ryukin ini bisa Anda tempatkan di sebuah kolam yang berada di luar ruangan atau bisa juga dimasukkan dalam sebuah akuarium. Jika ditempatkan dalam akuarium, Anda juga bisa menaruh jenis ikan lainnya tanpa perlu perhatian ekstra.

2. Ikan Mas Koki Komet

Ikan Mas Koki Komet

Jenis ikan mas koki yang memiliki penampilan cantik selanjutnya adalah ikan mas koki komet. Ikan mas koki ini pertama kali ditemukan pada tahun 1800 di kawasan Washington, dimana ikan ini hadir dalam banyak variasi.

Namun dari sekian banyak variasi yang dimilikinya, yang paling banyak diminati dan memiliki warna sangat menarik bagi kalangan pecinta ikan hias adalah ikan mas koki komet oranye metalik.

Ikan mas koki jenis ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan jenis ikan mas pada umumnya. Tetapi ikan mas koki mempunyai bentuk tubuh yang jauh lebih ramping dengan bagian sirip yang memanjang, terutama bagian sirip ekor, yang memiliki ukuran lebih dari setengah hingga tiga perempat ukuran tubuhnya sendiri.

Jika dibandingkan dengan jenis ikan mas lainnya, ikan mas koki komet memiliki bagian sirip ekor yang jauh lebih runcing. Ikan koi ini juga mempunyai dua buah sirip dada dan juga sirip perut, sementara bagian sirip punggung, sirip dubur serta sirip ekornya tunggal.
Harga ikan mas koki komet di pasaran dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Hanya dengan budget 5000 saja, Anda sudah bisa mendapatkan jenis koki yang satu ini.

3. Fantail GoldFish

Fantail GoldFish

Pada umumnya, ikan mas koki Fantail memiliki ukuran sekitar tiga per lima dari ukuran panjangnya. Penampilan ikan ini mirip seperti bentuk telur.

Satu-satunya sirip yang dimiliki oleh ikan koki mas fantail adalah sirip punggu, semua bagian sirip lainnya berpasangan, termasuk bagian sirip ekor yang terbelah di tengah dan memiliki cabang di setiap sirip.

Semua bagian sirip yang dimiliki ikan koki ini sangat kokoh dan nampak membulat di bagian ujung yang hampir menyerupai bilah kipas. Ini akan sangat nampak jika sirip ekor Anda lihat langsung dari atas.

Baca Juga : Inilah Jenis Jenis Ikan Mas Koki

Ikan mas fantail ini memiliki banyak banyak warna, mulai dari warna metalik alias satu warna hingga berbagai macam warna yang sangat cantik, termasuk calico.

Ikan mas fantail dengan kualitas baik sudah pasti mempunyai keseimbangan warna yang baik pada kedua sisi tubuhnya. Jenis ikan mas koki ini termasuk dalam jenis ikan mas fancy, yang dimana sering dikembangbiakkan khusus untuk dipamerkan.

Bisa dibilang ikan mas fantail ini merupakan spesies yang cukup tangguh. Selain itu, juga merupakan pilihan yang tepat bagi pemula dan cocok untuk dijadikan sebagai ikan hias yang dipelihara di luar ruangan.

Jika dirawat secara tepat maka ikan mas koki fantail bisa hidup lebih dari 10 sampai dengan 20 tahun lamanya. Ketika sudah dewasa, ikan mas fantail bisa memiliki ukuran panjang sekitar 6 sampai 8 inci. Harga ikan mas koki fantail jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan ikan mas koki lainnya, yaitu mencapai Rp 30.000.

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan mas koki bubble eye atau yang biasa disebut dengan ikan mas mata gelembung ini mempunyai bentuk tubuh, sirip, dan bagian mata yang lebih cenderung mengarah ke atas sehingga mirip seperti ikan angkasa, namun juga mempunyai dua kantong kulit di bagian pipi yang berisi cairan.

Spesimen dengan kualitas tinggi sudah pasti mempunyai dua kantong yang sama besarnya yang letaknya di bagian bawah mata. Ketika ikan mas ini berenang dan berubah dua arah, maka kantongnya bisa memantul serta bermain untuk mengejar langkah terakhir.

Ikan mas mata gelembung ini memiliki warna metalik, warnya yang sangat bervariasi atau belacu. Kulit tipis yang telah membentuk kantong tersebut sangat halus, dimana membutuhkan perawatan secara khusus agar tidak rusak.

Baca Juga : Pakan Ikan Mas Koki Yang Perlu Anda Ketahui

Maka dari itu, sangat disarankan untuk menghindari dekorasi atau subtrat akuarium yang mempunyai tepi tajam. Usahakan untuk menempatkan gelembung udara di bagian sudut dan harus jauh dari ikan mas koki bubble eye berenang. Pilih juga filter yang tidak mempunyai asupan kuat atau filter yang menghasilkan arus kuat.

Selain itu, lampu akuarium juga harus memiliki watt rendah. Tempatkan ikan mas koki bubble eye dengan keturunan ikan mas koki lainnya yang memiliki penglihatan buruk atau ikan mas yang gaya berenangnya sangat lambat. Ikan mas koki bubble eye ini dipasaran dijual dengan harga sekitar Rp 40.000.

5. Ikan Mas Koki Oranda

Ikan Mas Koki Oranda

Jenis ikan mas koki yang tak kalah cantik lainnya adalah ikan mas oranda. Di Indonesia sendiri, jenis ikan mas ini memiliki banyak sekali peminatnya terutama di kalangan para pecinta ikan hias.

Hal tersebut karena harga ikan mas koki oranda terbilang cukup terjangkau tetapi memiliki warna dan corak yang sangat cantik. Sehingga penampilan ikan ini mampu menarik perhatian orang yang melihatnya.

Karakteristik fisik yang dimiliki oleh ikan koki oranda yaitu adanya tonjolan seperti rasberry yang hampir menutupi seluruh bagian kepalanya sehingga akan membuat wajahnya nampak unik. Disamping itu, ikan mas koki oranda mempunyai ekor yang cukup panjang dan tidak mudah stress.

Untuk bisa mendapatkan ikan koki orande dengan ukuran 5 sampai 10 cm, maka Anda harus menyiapkan budget sebesar Rp 50.000.

6. Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara merupakan ikan mas koki yang paling populer dan banyak diminati. Ini karena ikan mas koki mutiara memiliki pola di bagian sisiknya yang membentuk seperti mutiara dengan bagian berut yang cukup besar dan bulat sehingga nampak seperti bola.

Baca Juga : Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara Yang Baik

Bahkan bisa dibilang, ikan mas koki mutiara merupakan ikan koi paling cantik yang cocok untuk dipelihara. Sedangkan harga jual ikan mas koki ini cukup mahal, yaitu sekitar Rp 25.000. Harga tersebut khusus untuk koki mutiara yang memiliki ukuran panjang 5 sampai 7 cm.

7. Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan Mas Koki Ranchu

Ikan mas koki ranchu merupakan jenis koki yang tergolong masih baru di Indonesia. Ikan ini memiliki berbagai macam warna yang terlihat sangat cantik seperti oranye, merah dan putih. Harga ikan ini dipasaran dibanderol dengan harga sekitar Rp 30.000.

Karakteristik ikan mas koki rancahu yaitu tidak mempunyai sirip di bagian punggung, dan pada bagian kepalanya terdapat jambul yang nampak unik. Bentuk tubuh ikan mas koki ini sedikit bungkuk dan mempunyai pola sisik seperti mutiara di bagian punggungnya.

Ikan mas koki ranchu ini bisa hidup dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa mencapai 10 tahun lamanya dengan ukuran tubuh kurang lebih sekitar 30 cm dan bahkan bisa lebih.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here